Ketahui Kebutuhan Jam Tidur Bayi Harian Sesuai Usia

Jumat, 3 Mei 2019 | Safecare Admin





Jam tidur bayi terkadang sulit diprediksi terutama di hari-hari pertama kelahirannya. Sebagai ibu baru, Safeian tentu masih harus belajar banyak tentang hal ini. Pasalnya, kamu harus membangunkan bayi setiap 2 – 3 jam sekali untuk menyusu. Agar tidak mengganggu tumbuh kembang bayi, sebaiknya kamu pelajari dulu kebutuhan jam tidur bayi harian sesuai usianya. Seperti apa? Berikut ulasan selengkapnya.

 

Bayi berusia 0 – 3 bulan

Perlu diketahui, bayi yang baru lahir membutuhkan jam tidur hingga 17 jam dalam sehari. Namun, saat sudah memasuki usia 1 bulan, jam tidur bayi akan berkurang menjadi 16 jam sehari. Umumnya, di usia ini bayi akan tidur selama 6 – 7 jam di siang hari, sementara di malam hari bayi akan menghabiskan waktu tidurnya selama kurang lebih 9 jam.

Ketika memasuki usia 3 bulan, jam tidur bayi mulai banyak mengalami perubahan. Ia akan lebih banyak tidur di malam hari daripada ketika siang hari. Durasi jam tidur total dalam sehari hanya sekitar 14 - 15 jam. Jangan malas untuk rutin membangunkan bayi untuk menyusu agar ia tidak mengalami dehidrasi di awal-awal adaptasi dengan pola tidurnya.

Bayi berusia 3 – 6 bulan

Setelah melewati usia 3 bulan, jam tidur bayi pada umumnya sudah lebih stabil. Sebagai orang tua kamu juga lebih bisa menghafal jam-jam tidur bayi. Biasanya bayi di usia 3 – 6 bulan akan menghabiskan waktu di siang hari untuk bermain dan berkesplorasi dengan benda-benda di sekitarnya, sehingga ia akan tidur hanya dalam kurun waktu 5 jam di siang hari. Namun demikian, kebutuhan jam tidur bayi harian di usia ini masih belum beranjak dari angka 14 – 15 jam.

Bayi berusia 7 – 9 bulan

Saat perkembangannya sudah mencapai usia 7 – 9 bulan, jam tidur bayi sudah lebih stabil. Umumnya mereka akan tidur di malam hari selama 11 jam, dan di siang hari sekitar 2 – 3 jam saja. Kamu nggak perlu memaksakan bayi untuk tidur di siang hari dalam jangka yang cukup lama, karena hal ini justru akan menghambat proses bayi belajar merangkak ataupun duduk. Terlalu banyak tidur di siang hari juga akan membuat bayi di usia ini mudah terbangun di malam harinya.

Bayi berusia 10 – 12 bulan

Safeian, saat sudah beranjak besar, bayi hanya membutuhkan waktu tidur sekitar 13 – 14 jam dalam sehari. Tidak jauh berbeda dibandingkan rentang usia sebelumnya, bayi berusia 10 – 12 bulan hanya tidur di siang hari selama 2 – 3 jam saja. Di malam hari bayi bisa tidur hingga 10 jam atau bahkan lebih ketika ia merasa nyaman. Di usia ini kamu juga bisa melatih bayi untuk tidur dengan teratur. Cara ini dilakukan agar bayi bisa menyesuaikan jam tidur dan tidak perlu rewel terlebih dulu saat akan ditidurkan.

 

Safeian, itulah tadi kebutuhan jam tidur bayi harian yang perlu kamu ketahui. Namun demikian, beberapa bayi akan memiliki pola tidur yang berbeda sesuai dengan waktu menyusui serta aktivitas orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, pastikan ketika bayi sedang tidur kamu tetap menjaga ketenangan dan kenyamanannya sehingga ia bisa pulas. Dengan mengetahui jam tidur bayi, kamu bisa mempersiapkan jadwal tidur harian agar kebutuhan istirahatnya terpenuhi dengan baik.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar