6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Gym untuk Pemula

Jumat, 6 Desember 2019 | Safecare Admin





Memulai gym untuk pemula memang cukup menantang. Pasalnya tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Apalagi jika selama ini kamu cenderung jarang berolahraga. Kamu yang baru memulai gym bisa melakukan latihan secara teratur, dengan jadwal yang ringan agar tubuh tidak ‘kaget’. Agar manfaat gym bisa diperoleh secara efektif, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memulai gym untuk pemula.

 

Cek kondisi tubuh terlebih dulu

Sebelum kamu memulai olahraga di gym, pastikan untuk lebih dulu memeriksakan kondisi kesehatan tubuh pada dokter. Hal ini penting dilakukan demi mencegah risiko-risiko kesehatan yang bisa terjadi saat memulai gym. Di samping itu, melalui pemeriksaan awal ini kamu juga memiliki bekal yang cukup untuk menentukan goal fitness yang ingin dicapai. Dengan begitu olahraga di gym bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

 

Mulai secara perlahan

Perlu diketahui Safeian, bahwa memaksakan diri untuk berlatih dengan keras justru akan meningkatkan risiko cedera. Oleh karena itu, disarankan agar kamu memulai gym secara bertahap. Misalnya, melakukan olahraga di gym sebanyak 2–3 hari setiap minggu secara rutin. Kamu juga bisa mengatur durasi sekitar 30 menit per hari. Akan tetapi, kalau durasi tersebut masih terlalu berat, gym untuk pemulai bisa dilakukan sebanyak 1–2 hari saja setiap minggunya.

 

Pastikan selalu melakukan peregangan otot

Selain mengawali olahraga di gym dengan pemanasan, pastikan kamu sudah melakukan peregangan otot sebelum dan setelah beraktivitas. Latihan peregangan otot ini mungkin terlihat sepele tapi memiliki pengaruh yang cukup besar. Pasalnya, dengan kondisi otot-otot tubuh yang tegang tanpa peregangan, risiko cedera akan sangat terbuka lebar ketika kamu berolahraga di gym. Oleh karena itu, selalu lakukan peregangan otot sebagai awalan dan akhiran proses olahraga di gym.

 

Lakukan bergantian dengan aktivitas lain

Gym untuk pemula sering kali hanya berfokus pada satu latihan saja. Padahal, selain bisa membosankan, cara ini juga akan membuat Anda tidak menikmati waktu berolahraga di gym. kamu bisa melakukan variasi gerakan olahraga seperti aerobik, latihan kekuatan otot tubuh, hingga olahraga yang berhubungan dengan keseimbangan. Ketika kamu melakukan variasi olahraga di gym maka seluruh area tubuh pun mendapatkan ‘perhatian’ yang sama.

 

 

Ketahui cara menggunakan peralatan fitness

Berbeda dari olahraga yang dilakukan di rumah, ada banyak peralatan fitness yang bisa kamu jumpai di gym. Masing-masing alat tersebut tentu memiliki berat beban dan cara penggunaan yang berbeda. Jadi, sebelum menggunakannya terlebih dulu sebagai pemula kamu harus mempelajari ketentuan dari penggunaan peralatan fitness tadi. Hal ini penting dilakukan karena kamu perlu memulai latihan dari yang paling ringan, untuk mencegah risiko cedera tubuh.

 

Jangan ragu untuk beristirahat!

Ingat, setiap individu memiliki batas kekuatannya masing-masing! Hindari untuk memaksakan diri terus berolahraga di gym ketika sebenarnya kamu sudah merasa lelah. Sama seperti dengan mesin, tubuh juga membutuhkan waktu untuk memulihkan diri. Dalam 60 menit olahraga misalnya, kamu bisa membaginya dalam dua waktu, yaitu masing-masing sesi selama 30 menit, sehingga kamu memiliki waktu beristiraht untuk memulihkan energi.

 

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai gym untuk pemula. Cukup mudah dilakukan, bukan? Safeian dengan mengetahui persiapan tadi kamu sekarang bisa memulai latihan fisik di gym dengan aman dan nyaman.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar