Ingin Gaji Lebih Awet? Pelajari Dulu Tips Hidup Minimalis Ala Orang Jepang

Sabtu, 7 Desember 2019 | Safecare Admin





Menerapkan gaya hidup minimalis ala orang Jepang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan. Safeian, seperti yang sering kamu dengar dari kata pepatah bahwa hemat pangkal kaya, maka cara ini juga tepat dilakukan agar kamu bisa memiliki kehidupan yang lebih sejahtera. Penasaran seperti apa cara hidup minimalis ala orang Jepang? Artikel berikut ini akan membeberkan tips-tipsnya untuk kamu. Yuk, simak!

 

Tentukan prioritas

Hidup minimalis bisa terwujud jika kamu bisa menentukan prioritas kebutuhan. Artinya, kamu hanya akan membeli benda-benda yang dibutuhkan saja. Kamu bisa melakukan hal ini dengan menyusun daftar benda-benda yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari peralatan dapur, furnitur, hingga isi lemari. Melalui prioritas yang sudah disusun ini kamu juga tidak akan mudah tergoda untuk membelanjakan gaji untuk benda-benda atau aktivitas yang tidak benar-benar dibutuhkan.

 

Lakukan dengan penuh keyakinan

Memulai gaya hidup minimalis ala orang Jepang harus penuh keyakinan dan kesadaran. Bukan sekedar ikut-ikutan, tapi memang ingin lebih sederhana di segala hal. Sebagai alternatif yang terbilang cukup efektif, kamu bisa membiasakan diri memakai barang yang bisa didaur ulang untuk meminimalisir pembelian barang baru atau pengeluaran untuk mereparasi benda. Dengan begitu, gaji lebih awet dan kamu punya kesempatan lebih besar untuk menabung maupun berinvestasi.

 

Selektif dalam melakukan pembelian

Menjaga semua tetap minimalis pasti akan berpengaruh pada pola pengeluaran. Kamu harus benar-benar selektif dalam membeli barang ataupun bahan makanan. Sering kali terjadi orang mudah tergiur dengan diskon. Harga murah langsung beli, padahal jika dipikir lagi, barang tersebut tidak terlalu penting. Tentu saja, kebiasaan yang seperti ini harus dihindari. Benar-benar belanjakan gaji bulanan untuk barang yang dibutuhkan.

 

Pertimbangkan untuk memasak makanan sehari-hari

Mengurangi makan di luar dan belajar masak di rumah tak ada salahnya kan? Tips untuk pemula, belajar untuk membuat makanan simpel, yang sekali konsumsi langsung habis. Mulai juga belajar mengenali sayur-sayuran yang baik untuk kesehatan yang bisa diolah dengan mudah. Belajar juga untuk mengetahui harga-harga di pasar. Dijamin kamu akan belajar banyak hal baru dan secara otomatis menghemat pengeluaran bulanan.

 

Pandai memadukan pakaian

Hidup minimalis ternyata juga akan berpengaruh pada style kamu, Safeian. Boleh jadi karena menerapkan gaya hidup ini kamu hanya akan memiliki pakaian dalam jumlah yang terbatas. Nah, untuk menyiasati kondisi ini kamu perlu membaca banyak referensi gaya agar tetap tampil menarik meski hanya memiliki pakaian dalam jumlah yang minimalis. Jangan ragu untuk melakukan daur ulang pada beberapa helai pakaian lama kamu, sehingga akan nampak lebih baru dan membuat kamu terlihat tetap trendi.

 

Buat rekening baru

Menjalankan hidup minimalis ala orang Jepang bisa mengurangi pengeluaran bulanan kamu secara drastis. Artinya, kamu memiliki banyak penghasilan yang tersimpan dengan baik. Kamu bahkan bisa membuka rekening baru yang secara khusus dialokasikan untuk menabung. Dengan memisahkan rekening tabungan dan rekening yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa memanfaatkan gaji yang telah terkumpul dengan baik untuk mewujudkan berbagai mimpimu.

 

Bagaimana Safeian sudah siap hidup minimalis seperti yang dilakukan banyak orang Jepang? Kamu mungkin membutuhkan  waktu untuk menyesuaikan diri, tetapi jika sudah terbiasa maka kamu akan menjalankannya dengan lebih mudah dan nyaman. Jadi, tunggu apalagi? Segera terapkan gaya hidup minimalis untuk memperbesar peluang kamu mendapat kehidupan yang lebih sejahtera.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar