6 Makanan yang Ampuh Cegah Perut Kembung Selama Perjalanan

Senin, 13 Mei 2019 | Safecare Admin





Safeian, perut kembung bisa jadi masalah besar selama kamu berada di perjalanan. Apalagi kalau nanti jelang Idulfitri kamu harus mudik ke kampung halaman. Sebenarnya, perut kembung ini terjadi akibat peningkatan gas di dalam saluran pencernaan. Kondisi inilah yang kemudian membuat kamu nggak merasa nyaman selama di perjalanan. Pada beberapa kasus, perut kembung juga bisa membuat kamu sering bersendawa dan kehilangan nafsu makan.

Tentu kamu nggak ingin perut kembung mengganggu kenyamanan perjalanan mudik nanti, kan? Nah, cobalah mengonsumsi beberapa makanan berikut ini untuk mencegah perut kembung sehingga perjalanan bisa berlangsung nyaman dan aman. Apa saja, ya? Cari tahu, yuk!

 

Semangka merah

Selain punya rasa yang menyegarkan, buah semangka juga ampuh cegah perut kembung. 92% kandungan air di dalam buah semangka ini juga diperkaya dengan elektrolit dan enzim yang berperan penting selama pencernaan. Dengan begitu, kamu tidak lagi perlu merasa khawatir terjadi peningkatan gas yang memicu perut kembung dan begah selama perjalanan mudik lebaran.

Pisang

Bagi ibu hamil, buah pisang ini merupakan sumber makanan yang ampuh menghilangkan rasa mual saat gejala morning sickness melanda. Uniknya, kandungan kalium yang mampu menetralkan kadar garam di dalam tubuh ini juga efektif mencegah risiko perut kembung. Serat alami yang terkandung pada pisang juga bisa memperleancar saluran pencernaan. Artinya, kamu terbebas dari kemungkinan sembeli atau susah BAB.

Yogurt

Selanjutnya, Safeian juga bisa mengonsumsi yogurt untuk mengatasi perut kembung. Hasil olahan susu ini memiliki kandungan probiotik yang kaya bakteri baik. Inilah yang akan meredakan peradangan usus, sehingga pencernaan berjalan lebih lancar. Kamu bisa menambahkan potongan buah pisang atau beri-berian untuk meningkatkan cita rasa dari yogurt ini.

Kacang-kacangan

Suka ngemil selama perjalanan mudik? Kamu bisa makan kacang-kacangan, seperti mente, pistachio, maupun almond yang dipanggang. Ketiga jenis kacang-kacangan ini memiliki kadar protein, serat, dan karbohidrat yang tinggi. Ketiganya berperan penting untuk memperlancar sistem pencernaan. Jadi, hanya dengan makan kacang-kacangan gas yang masuk di dalam perut bisa keluar dengan mudah dan nggak bikin begah.

Air perasan lemon

Lambung memiliki cairan yang cukup asam, nah ketika terjadi gangguan pencernaan maka kondisi ini menunjukkan ketidakseimbangan asam di dalam lambung. Sebelum perut kembung datang menyerang, kamu bisa mengantisipasi kondisi tersebut dengan mengonsumsi air perasan lemon secara rutin dengan takaran kurang lebih 1 sendok makan dalam satu hari. Pasalnya, kandungan vitamin C di dalam air perasan lemon memiliki tingkat keasaman yang sama dengan asam lambung.

Telur rebus

Makanan yang satu ini ternyata juga efektif mengatasi perut kembung. Telur yang tidak dimasak dengan mentega ataupun minyak ini memiliki kadar lemak yang cukup rendah. Di sisi lain, tingginya kadar protein dalam telur juga dapat menjaga pencernaan dan menenangkan perut begah akibat banyak gas yang terperangkap di dalamnya. Untuk cegah perut kembung, kamu bisa makan dua butir telur rebus setidaknya satu jam sebelum perjalanan dimulai.

 

Itulah tadi beberapa makanan yang ampuh mencegah perut kembung selama berada di perjalanan. Pastikan kamu menjaga kondisi tubuh tetap fit sebelum memulai perjalanan mudik nanti. Jangan lupa, selalu bawa Safe Care refreshing oil selama perjalanan mudik agar perjalanan lebih nyaman. Kalau nggak mau ribet, saat ini minyak angin Safe Care juga tersedia dalam kemasan travel size yang mudah dibawa ke mana saja lho!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

admin 2019-04-23 09:17:02

Komentar 1