Jenis Minyak Untuk Mengatasi Gigitan Serangga

Rabu, 12 April 2023 | Safecare Admin



minyak-untuk-digigit-serangga

Banyak orang tergigit serangga umum terjadi di area luar yang masih berdekatan dengan alam. Terutama jika daerah itu masih banyak ditemukan pepohonan rindang dan rerumputan lebat.Bagi Anda yang suka berpetualang atau hobi jalan-jalan, sangat penting untuk mecegah Anda dan keluarga, jika mereka diajak untuk berjalan-jalan ke luar, apalagi bagi anak-anak yang suka mengunjungi hal-hal yang mereka tidak tahu diluar sana. 

Oleh karena itu, Anda wajib punya persediaan obat-obatan sebagai pertolongan pertama ketika anggota keluarga Anda mengalami bengkak maupun bentol yang menyebabkan gatal-gatal akibat gigitan serangga seperti nyamuk dan semut. 

Namun, tidak semua minyak dapat digunakan untuk mengobati bekas gigitan serangga. Jangan asal memilih minyak esensial dari produk apapun karena bisa jadi kandungan bahan-bahan di dalamnya tidak cocok untuk kulit yang bisa menyebabkan masalah kulit kering atau sensasi panas yang mengganggu.

 

Cara Memilih Minyak Untuk Mengatasi Gigitan Serangga

 

 

 

1. Efektifitas

Banyak produsen minyak esensial menawarkan kelebihan produknya untuk mengatasi efek dari gigitan serangga. Minyak esensial ini dihasilkan dari berbagai tumbuhan yang  terbukti secara klinis melalui penelitian memiliki zat aktif tertentu untuk menyembuhkan dan merawat permukaan kulit dari luka gigitan. Dan karena berasal dari tumbuh-tumbuhan, minyak esensial bisa dikatakan memiliki kandungan alami yang aman digunakan setiap saat. Penggunaannya pun tidak terbatas, kulit orang dewasa hingga bayi yang dikenal memiliki kulit sensitif bisa menggunakannya.

Itu sebabnya beberapa minyak esensial sering digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit, gatal, dan iritasi akibat gigitan serangga.  Menggunakan minyak ini dikenal ampuh ketimbang menggaruk bagian yang tergigit untuk menghilangkan gatal. Menggaruk hanya akan membuat kulit semakin teriritasi, hal ini justru akan berakibat buruk terhadap kesehatan dan warna kulit. 

 

2. Kandungan Bahan

Minyak esensial memiliki campuran senyawa yang berbeda-beda. Tidak ada minyak esensial yang tersusun dari senyawa tunggal. Umumnya, minyak ini terdiri dari berbagai kandungan persenyawaan dari unsur karbon , hidrogen, dan oksigen .

Sebagian besar komposisi minyak esensial tersusun dari senyawa terpen. Jenis terpen yang paling mendominasi dalam susunan komponen minyak esensial adalah monoterpen, komponen yang ditemukan pada proses penyulingan daun mint yang juga merupakan salah satu unsur kimia yang aktif secara potensial. 

 

3. Pemulihan

Penggunaan minyak esensial sudah lama menjadi alternatif bagi masyarakat, baik secara tradisional maupun dengan pengolahan modern. Kandungan minyak ini sangat manjur digunakan untuk berbagai penyakit dan gangguan fungsi luar dan dalam tubuh.

Sebagai obat herbal, minyak esensial digunakan dalam berbagai teknik pengobatan, misalnya dengan pijat, mandi uap, sebagai bahan baku kosmetik herbal, serta alat bantu penciuman atau psiko aromaterapi. Dalam aplikasi aromaterapi, sebagian besar aroma minyak ini memberikan efek relaksasi yang menyegarkan bagi yang menghirupnya.

 

Rekomendasi Minyak Esensial Untuk Mengatasi Gigitan Serangga

 

1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu olahan minyak esensial yang paling umum digunakan oleh orang Indonesia. Minyak kayu putih diambil dari ekstrak daun dan ranting tanaman kayu putih, yaitu daun eukaliptus yang bisa ditemukan di Indonesia timur dan Benua Australia.

Komponen dalam minyak kayu putih berisi dari beragam senyawa seperti sineol, benzaldehide, pinene, limonene, dan sesquiterpentes. Sineol menjadi komponen utama dari olahan minyak kayu putih, yang menentukan kualitas dari minyak itu sendiri ampuh digunakan atau tidak.

Kualitas minyak kayu putih akan semakin manjur saat sineol memiliki tingkat kadar yang semakin tinggi. Kebutuhan minyak kayu putih sampai saat ini terus meningkat seiring dengan berkembangnya variasi dari pemanfaatannya meskipun berbagai obat semacamnya telah beredar dimana-mana.

Minyak kayu putih sangat umum digunakan dalam berbagai pengobatan luka gigitan hewan kecil yang tidak beracun, misalnya gigitan serangga. Minyak kayu putih mempunyai kandungan yang sangat ampuh untuk mengusir rasa gatal yang tidak nyaman yang menjadi penyebab Psoriasis. 

Psioriasis yaitu  kondisi dimana kulit menjadi gatal disertai kemerahan di bagian tubuh, termasuk wajah. Hal ini bisa diakibatkan dari alergi yang diidap penderita, atau reaksi zat asing yang ditularkan dari gigitan atau sengatan serangga. 

Hal itu bisa dilakukan sebab, minyak kayu putih memiliki sifat insektisida atau anti-serangga. Sehingga Anda bisa gunakan untuk mengusir serangga seperti nyamuk, semut, lebah atau tawon, bahkan kelabang yang bisa menggigit bagian kulit Anda.

 

 

Dari sekian banyak produk minyak kayu putih, Safe Care EuCa Kayu Putih Plus Aromatherapy bisa menjadi rekomendasi minyak jitu bagi Anda yang suka bepergian ke luar dan takut akan gigitan serangga. Safe Care EuCa Kayu Putih Plus Aromatherapy selain digunakan untuk luka gigitan serangga, bisa juga digunakan untuk meredakan perut kembung, pusing, masuk angin dan mabuk perjalanan.

Dapatkan dan beli sekarang juga! produk Safe Care di Tokopedia dan Shopee Mall, Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Roll On dalam berbagai macam jenis ukuran seperti:

  1. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 5 ml
  2. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 10 ml
  3. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 50 ml

Selain mengandung ekstrak kayu putih, Safe Care EuCa Kayu Putih Plus Aromatherapy juga mengandung oleum jojoba sebagai anti iritasi bila dipakai berulang, serta menthol dan camphor yang memberikan efek hangat pada bagian yang digigit serangga.

 

2. Minyak Esensial Lavender

Seperti yang sudah dibahas, minyak esensial bisa menjadi alternatif yang efektif dan sudah terjamin aman untuk meredakan nyeri, memar dari gigitan serangga. Banyak olahan minyak esensial yang umum dijual di warung, apotik, dan minimarket dekat rumah.

Diantaranya adalah selain dari olahan kayu putih, olahan Lavender merupakan tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan minyak esensial. Olahan minyak esensial dari lavender memiliki efek relaksasi serta anti inflamasi yang ampuh meredakan bengkak, memar serta nyeri karena gigitan serangga hingga ke jaringan sel pada kuit. Selain itu juga meredakan nyeri akibat memar selain luka gigitan seperti bekas jatuh atau terantuk benda tumpul.

Jika Anda mencari olahan minyak esensial Lavender berkualitas, maka Gading Minyak Telon Plus bisa menjadi pilihan. Gading Minyak Telon Plus merupakan olahan minyak Lavender yang memiliki efek relaksasi strong pada tubuh. Ketika Anda digigit serangga seperti nyamuk, semut, di sekitar dalam dan luar rumah, gunakan produk ini. Cukup oleskan pada bagian kulit yang digigit, ia akan memberikan sensasi hangat serta menghilangkan bentol secara perlahan, sehingga rasa gatal dan bentol akibat gigitan akan hilang jika menggunakan Gading Minyak Telon Plus.

 

3. Minyak Angin Safe Care Aromaterapi Strong

 

 

Salah satu produk andalan Safe Care adalah Safe care minyak angin aromatherapy strong

Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On yang bisa Anda beli di Tokopedia dan Shopee Mall.

Safe Care Aromatherapy strong merupakan roll on yang diformulasikan dengan paduan ramuan aroma terapi dari citrus dan minyak patchouli, yang dapat memberikan sensasi hangat dan panas. Sehingga produk ini efektif dalam membantu meringankan gatal akibat gigitan serangga, serta mampu meredakan nyeri otot, sakit kepala, masuk angin, dan mabuk perjalanan selama berjalan-jalan bersama keluarga. 

 

4. Minyak Telon Safe Care 3 Point Aromatherapy

Sebagai informasi, minyak telon merupakan olahan dari tiga bahan yaitu minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas. Sedangkan telon berasal dari bahasa Jawa yaitu telu(tiga) yang mengacu pada ketiga bahan tadi.

 

 

Safe Care Telon 3 Point Aromatherapy merupakan produk minyak telon yang tidak hanya digunakan untuk menghangatkan, tapi juga membantu mengatasi gigitan serangga seperti nyamuk yang bisa mengakibbatkan pembengkakan dan demam pada kulit sensitif seperti kulit bayi dan balita. 

Ada beberapa varian yang bisa Anda dapatkan di Online Store kami yaitu Tokopedia dan Shopee Mall. Berikut ini detailnya ukuran varian Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy Roll On:

  1. Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy Roll On ukuran 10 ml
  2. Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy Roll On ukuran 30 ml

Dalam kandungan Safe Care Telon 3 Point Aromatherapy mengandung senyawa antimikroba yang menghambat pertumbuhan virus dan jamur penyebab infeksi, sehingga tidak hanya cocok untuk bayi, tapijuga untuk semua kalangan yang ingin terhindar dari gigitan serangga ketika beraktivitas di dalam rumah atau luar. 

Tentu seperti olahan Safe Care lainnya, Safe Care Telon 3 Point Aromatherapy juga multifungsi. Selain untuk mengobati gigitan serangga, ia juga mampu meredakan perut kembung, membantu memberikan rasa hangat pada perut dan dada, serta melembutkan kulit dari sinar terik matahari agar kulit tidak kusam.

 

5. Minyak Jojoba

Olahan minyak esensial yang bermanfaat lainnya adalah minyak jojoba. Minyak jojoba adalah ektrak minyak yang diambil dari tumbuhan bernama jojoba. Sebagai informasi, tumbuhan ini dapat ditemukan di gurun negara bagian California dan negara amerika tengah seperti Mexico. Minyak jojoba oil memiliki banyak manfaat untuk perawatan bagian permukaan tubuh, terutama pada bagian kulit.

Produk Safe Care lainnya di toko, warung, serta minimarket terdekat di rumah Anda. Jika Anda ingin simpel, Anda juga bisa memperoleh produk Safe Care di berbagai macam marketplace online official kami.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar