Begini Cara Menabung Setelah Menjadi Orang Tua Baru

Jumat, 21 Juni 2019 | Safecare Admin





Menjadi orang tua baru tentu memberi perasaan bahagia buat kamu dan pasangan. Akan tetapi, kehadiran anggota baru di dalam keluarga, juga akan memberi perubahan termasuk perihal keuangan. Kebutuhan anak yang memang cukup banyak, sehingga kamu harus tahu cara menabung terbaik setelah menjadi orang tua baru. Berikut panduan yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Simak baik-baik dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

 

Segera melunasi hutang

Selama melalui proses kehamilan, kamu tentu sudah tahu berapa besar biaya yang harus dipersiapkan untuk persalinan. Namun, mempersiapkan biaya persalinan saja tidak cukup. Kamu juga harus memperhitungkan biaya kebutuhan bayi baru lahir serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Nah, cara menabung yang benar adalah dimulai dengan melunasi hutang-hutang terlebih dulu. Tidak terkecuali cicilan kartu kredit yang selama ini mungkin belum lunas dibayarkan. Dengan begitu, setelah menjadi orang tua baru kamu tidak akan pusing mengatur uang dan membayar hutang.

Perbaiki anggaran keuangan bulanan

Jika sebelumnya kamu hanya membuat anggaran keuangan untuk kebutuhan dua orang dewasa, maka setelah memiliki anak, segala kebutuhannya juga wajib dianggarkan. Beberapa pengeluaran tambahan seperti susu, popok, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya untuk bayi juga wajib kamu perhitungkan dengan matang. Anggaran keuangan bulanan yang mengalami perubahan inilah yang membuat kamu juga harus merubah cara menabung setelah menjadi orang tua baru. Karena kebutuhan bayi baru lahir wajib dipenuhi oleh setiap orang tua.

Menyesuaikan kebutuhan bayi dengan kondisi keuangan

Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Hal ini adalah normal. Akan tetapi, kamu juga perlu menyesuaikan kebutuhan bayi dengan kondisi keuangan keluarga. Artinya, apabila terdapat produk dengan harga yang lebih terjangkau, kamu tidak perlu membeli produk mahal hanya karena merek atau pemenuhan gengsi. Selama fungsinya masih sama, kamu bisa mempertimbangkan pilihan barang dengan harga terjangkau tersebut.

Merubah gaya hidup dan pengeluaran pribadi

Sebelum menjadi orang tua, mungkin kamu dan pasangan terbilang sering nongkrong dan makan di luar rumah. Nah, mulai sekarang cobalah untuk merubah gaya hidup boros ini. Pasalnya, uang nongkrong tadi bisa kamu alokasikan untuk keperluan bayi. Pengeluaran pribadi yang tidak perlu lainnya, seperti nonton konser, juga bisa dihentikan dan dianggarkan untuk kebutuhan lain yang lebih bersifat urgent.

Menghemat penggunaan listrik dan air

Cara menabung setelah menjadi orang tua baru juga bisa kamu lakukan dengan menghemat penggunaan listrik dan air di rumah. Meski terlihat sepele, kedua hal ini efektif memangkas tagihan listrik dan air bulanan lho! Dengan demikian, kelebihan anggaran untuk keduanya bisa kamu gunakan untuk keperluan dan kebutuhan lainnya. Selain itu, hemat listrik dan air juga lebih ramah lingkungan, Safeian!

Menyiapkan dana pendidikan anak

Agar terhindar dari hutang di masa mendatang, biaya pendidikan anak perlu kamu persiapkan sedini mungkin. Terlebih biaya pendidikan di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Cara menabung untuk dana pendidikan anak bisa dilakukan secara konvensional, atau mengikuti program asuransi pendidikan yang saat ini banyak ditawarkan. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir masa depan anak tetap terjamin dengan dana pendidikan yang sudah dipersiapkan ini.

 

Safeian, menjadi orang tua baru memang cukup menantang kamu. Dengan cara menabung yang tepat, semoga kamu dan pasangan bisa terhindar dari jeratan piutang, ya.

 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar