Manfaat Menghirup Minyak Kayu Putih

Jumat, 12 Mei 2023 | Safecare Admin



manfaat-menghirup-minyak-kayu-putih

Salah satu produk yang sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi masalah kesehatan, mulai dari mual, sakit kepala, perut kembung, hingga iritasi kulit adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih merupakan hasil dari penyulingan sebuah tanaman yang bernama kayu putih. Dari tanaman tersebut dihasilkan minyak dengan banyak manfaat.

Manfaat minyak kayu putih ada banyak sehingga anda akan sering melihat minyak kayu putih di dalam kotak P3K. Apa manfaat minyak kayu putih sehingga membuat produk yang satu ini wajib untuk dimiliki? Inilah manfaat minyak kayu putih untuk perut, kepala, pernapasan, kulit, dan banyak lagi yang harus anda ketahui:

 

1. Mencegah Mual

Mual bisa terjadi kapan saja dengan penyebab yang cukup banyak, seperti mengonsumsi makanan asam atau pedas, mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak, langsung bergerak aktif sesaat setelah makan, atau sedang dalam perjalanan yang jauh. Jika tidak segera diatasi, mual juga bisa menyebabkan muntah hingga menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.

Untuk mengurangi dan mencegah rasa mual, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada bagian perut. Hangat pada minyak kayu putih akan membantu mengurangi rasa mual dan membuat otot dan saraf perut menjadi lebih rileks. 

 

2. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Menghirup minyak kayu putih juga memiliki banyak sekali manfaat yang akan membantu anda. Manfaat menghirup minyak kayu putih akan sangat membantu anda dalam mengatasi mabuk perjalanan. Sering kali anda tidak bisa menghindari perjalanan yang jauh, bisa karena mudik atau perjalanan bisnis. Mabuk perjalanan bisa terjadi karena kondisi tubuh yang sedang tidak prima, kondisi cuaca yang berubah, serta kondisi jalan yang tidak mendukung. 

Mabuk perjalanan bisa anda atasi dengan menghirup wangi dari minyak kayu putih tersebut. Wangi dari minyak kayu putih akan membuat rasa mual hilang. Selain itu, oleskan juga minyak kayu putih di sekitar kepala untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks. 

 

3. Meredakan Pusing Kepala

 

 

Manfaat penggunaan minyak kayu putih lainnya adalah meredakan pusing kepala. Minyak kayu putih memang sering digunakan sebagai alternatif pertolongan pertama ketika seseorang mengalami sakit kepala. Sakit kepala yang tidak segera diobati memang bisa sangat berbahaya karena bisa menjadi indikasi penyakit lainnya. 

Kekurangan konsumsi air putih, kurang tidur, terlalu kelelahan, tekanan darah yang terlalu tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, hingga banyak hal lain yang bisa menjadi pertanda sakit kepala muncul. Untuk meredakan sakit kepala, segara oleskan minyak kayu putih di sekitar kepala dan pijat kepala secara perlahan. 

Begitu sakit kepala mereda, biarkan tubuh istirahat sejenak sambil tetap menghirup wangi dari minyak kayu putih. Kalau memungkinkan segera periksa kondisi anda ke dokter untuk mengetahui hal yang menyebabkan sakit kepala. 

 

4. Mencegah Perut Kembung

Faktor yang membuat perut kembung adalah naiknya kadar asam lambung, penumpukan gas, serta makanan yang tidak terolah dengan baik di perut. Banyak hal yang bisa membuat asal lambung, penumpukan gas, dan makanan yang tidak terolah dengan baik tersebut, seperti tidak makan secara teratur, terlalu banyak konsumsi minuman berkarbonasi, konsumsi kafein yang terlalu sering, makan makanan yang terlalu asam atau pedas. 

Jika terus dibiarkan perut kembung bisa menjadi maag, gerd, hingga menyebabkan iritasi pada usus. Ketika perut sedang kembung, rasa nyaman pada perut juga timbul sehingga harus anda atasi dengan memberikan minyak kayu putih. Oleskan minyak kayu putih secara merata pada seluruh perut. Rasa hangat dari minyak kayu putih akan membuat otot dan saraf pada perut menjadi lebih rileks sehingga asam lambung juga tidak akan naik dan gas di dalam perut bisa dikeluarkan. 

Mengoleskan minyak kayu putih ke perut juga bisa menjadi salah satu cara menghangatkan badan secara alami. Namun, mengoleskan minyak kayu putih hanyalah tindakan pencegahan sementara. Anda tetap harus mengatur pola makan dan gizi yang benar serta menghindari beberapa jenis makanan dan minuman agar perut kembung bisa terobati dengan sempurna. 

 

5. Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat sangat mengganggu kegiatan sehari-hari dan waktu istirahat. Hidung tersumbat tentu saja membuat anda kesulitan untuk bernapas sehingga bekerja, olahraga, dan seluruh kegiatan menjadi tidak berjalan dengan optimal. Istirahat dan tidur juga jadi sulit ketika hidung tersumbat. 

Bakteri, virus, dan masuknya benda asing bisa menjadi gejala hidung tersumbat. Pada kasus yang sudah parah, saluran hidung membengkak sehingga menyebabkan saluran pernapasan menyempit dan tersumbat. 

Minyak kayu putih memiliki aroma yang cukup kuat yang bisa melancarkan kembali pernapasan. Selain itu, oleskan juga minyak kayu putih di sekitar tenggorokan untuk membuat tenggorokan lebih lega. 

 

6. Meningkatkan Konsentrasi

Ketika sedang bekerja atau belajar, tentu saja anda harus berkonsentrasi. Namun, kadang kalanya anda kesulitan untuk konsentrasi karena beberapa hal. Biasanya, badan yang terlalu lelah dan banyaknya gangguan bisa mengganggu konsentrasi anda ketika bekerja atau belajar. 

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika sulit konsentrasi adalah beristirahat dulu sejenak dari kegiatan sehari-hari. Berikan tubuh waktu untuk beristirahat agar anda bisa kembali fokus ketika harus bekerja. Setelah itu, jauhkan gangguan yang bisa memecah konsentrasi anda saat belajar atau bekerja. Terakhir, gunakan minyak kayu putih untuk meningkatkan konsentrasi. 

Minyak kayu putih memiliki aroma yang cukup kuat dan menenangkan sehingga bisa membuat saraf dan otot menjadi lebih tenang. Dengan saraf dan otot yang lebih tenang, konsentrasi juga akan jadi meningkat dan anda bisa lebih produktif.  

 

7. Meredakan Batuk

Manfaat terakhir dari minyak kayu putih yang sangat berguna adalah mampu meredakan batuk. Batuk menjadi indikasi kalau tubuh sedang berupaya mengeluarkan bakteri atau virus yang berada di tenggorokan. Kalau terus dibiarkan, batuk bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Tentu saja penanganan batuk yang sudah parah adalah dengan memberikan obat batuk yang tepat. 

Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk meredakan batuk yang masih ringan. Oleskan minyak kayu putih di sekitar leher untuk membuat otot dan saraf leher menjadi lebih hanat. Dengan hangat dari minyak kayu putih, otot dan saraf pada leher akan jadi lebih tenang sehingga bisa mengurangi batuk. 

 

Memilih Minyak Kayu Putih yang Praktis Digunakan

 

 

Anda sudah mengetahui berbagai manfaat dari minyak kayu putih. Kini saatnya anda mencari produk minyak kayu putih yang berkualitas agar bisa memberikan manfaat yang optimal. Salah satu minyak kayu putih yang berkualitas di Indonesia dibuat oleh Safe Care, sebuah produsen minyak kayu putih dengan produk minyak kayu putih andalannya, yaitu Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on

Dapatkan dan beli produk di Tokopedia dan Shopee Mall kami, Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Roll On dalam berbagai macam jenis ukuran seperti:

  1. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 5 ml
  2. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 10 ml
  3. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 50 ml

Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa meredakan berbagai gangguan kesehatan, seperti geranium, eucalyptus, cajuput, jojoba, dan coconut. 

  • Geranium merupakan tanaman berbunga yang biasanya berwarna ungu dan merah dengan manfaat untuk mencegah gigitan nyamuk serta membuat mood menjadi lebih baik. Selain itu, geranium pada Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on juga mampu meningkatkan konsentrasi. 
  • Eucalyptus, yang menjadi salah satu inspirasi nama dari Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on merupakan nama lain dari tanaman minyak kayu putih. Eucalyptus menjadi bahan utama untuk membuat Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on. 
  • Sama seperti eucalyptus, cajuput juga merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat minyak kayu putih. Eucalyptus dan cajuput memiliki fungsi untuk meredakan perut kembung, ngatasi sakit perut, melegakan pernapasan dan hidung yang tersumbat. Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on juga terbuat dari jojoba, sebuah tanaman yang berasal dari Amerika Serikat dengan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. 
  • Terakhir, Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on juga terbuat dari coconut yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Jojoba dan coconut pada Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on berguna untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. 

Minyak kayu putih sering digunakan dalam keadaan mendesak sebagai pertolongan pertama ketika terjadi suatu penyakit. Karena itu, usahakan untuk memiliki minyak kayu putih yang praktis digunakan. Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on memiliki bentuk roll on yang tidak dioleskan ke kulit tanpa takut tumpah. Tentu saja dengan kemasan ini, Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on akan sangat membantu. 

 

Itulah beberapa manfaat dari minyak kayu putih yang akan sangat membantu anda. Minyak kayu putih bisa mengatasi segala permasalahan, mulai dari kepala, perut, hingga saluran pernapasan. Namun, pastikan anda memiliki minyak kayu putih yang berkualitas, seperti Safe Care minyak kayu putih Euca aromatherapy roll on.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar