Cara Mengatasi Eksim Kering dan Basah Secara Tepat

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-eksim-kering-dan-basah

Cara mengatasi eksim bisa dilakukan dengan perawatan rumahan, baik itu jenis eksim kering maupun eksim basah. Berbicara soal eksim kering dan basah, sudah tahu belum apa perbedaan dari kedua jenis eksim tersebut?

Perlu Anda tahu, penyakit eksim menimbulkan gejala awal berupa kulit memerah, kering, bersisik dan terasa gatal. Kondisi awal ini disebut eksim kering. Eksim bisa menjadi lebih parah kalau menimbulkan lepuhan kecil yang mengeluarkan cairan apabila pecah. Kondisi inilah yang disebut eksim basah.

Jadi, boleh dikatakan eksim basah lebih parah dibandingkan eksim kering. Meski begitu, cara mengatasi eksim basah juga bisa dilakukan dengan perawatan rumahan kok.

Di bawah ini kami jelaskan secara detail apa itu eksim kering dan basah. Kami jelaskan juga cara mengatasi eksim kering dan basah dengan perawatan yang tepat. Simak dengan saksama ya!

 

Jenis Penyakit Eksim

Telah kami jelaskan sebelumnya bahwa penyakit eksim terbagi menjadi dua jenis, yakni eksim kering dan basah. Simak penjelasan di bawah ini agar Anda tahu perbedaan dari kedua jenis gangguan kulit itu.

 

1. Eksim Basah

Eksim basah adalah gangguan kulit eksim yang bukan saja mengakibatkan ruam kemerahan, kulit kering, bersisik dan terasa gatal, melainkan juga muncul lepuhan kecil berisi cairan being. Apalagi tertekan atau tergores, cairan akan keluar sehingga bagian tubuh yang terkena eksim menjadi basah.

Eksim basah termasuk gangguan kulit yang lebih parah. Oleh karenanya, penderita wajib melakukan perawatan eksim basah dengan tepat agar kondisinya tidak semakin serius. Cara mengatasi eksim basah bisa dengan perawatan rumahan kok yang akan kami jelaskan di sub-bab berikutnya.

 

2. Eksim Kering

Gejala umum eksim yakni munculnya ruam kemerahan, kulit menjadi kering dan bersisik serta terasa sangat gatal. Nah, masyarakat awam sering kali menamai kondisi tersebut dengan sebutan ‘eksim kering’.

Eksim kering sendiri bisa muncul di berbagai bagian tubuh, baik itu tangan, kaki, leher, wajah hingga bagian lipatan-lipatan tubuh. Eksim kering ini termasuk gangguan kulit yang ringan ya dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya. Meski begitu, sangat disarankan agar penderita melakukan perawatan untuk mengantisipasi eksim menjadi lebih parah.

 

Berikut Cara Tepat Mengatasi Eksim Kering dan Basah Secara Tepat

 

 

 

Cara mengatasi penyakit eksim kering dan basah bisa dilakukan dengan perawatan rumah yang sama. Ini perawatan yang bisa Anda lakukan agar penyakit eksim bisa lekas-lekas hilang:

 

1. Menggunakan Sabun Khusus

Cara mengatasi penyakit kulit eksim yang pertama yakni dengan menggunakan sabun khusus. Sabun khusus yang dimaksud yakni sabun berbahan lembut.

Ya, penggunaan sabun berbahan lembut dapat meminimalisir iritasi pada kulit. Anda tetap harus membersihkan bagian tubuh yang terkena eksim ya dan usahakan mandi menggunakan air hangat. Dengan melakukan cara ini, eksim kering maupun basah tidak akan tumbuh menjadi lebih serius.

Perlu diingat, kita disarankan mandi dua kali sehari untuk menjaga tubuh tetap bersih, yakni pada pagi dan sore hari. Tentunya, saat mandi juga disarankan menggunakan sabun anti bakteri untuk mendepak berbagai jenis kuman yang menempel di tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit, termasuk eksim.

 

2. Mengompres Area yang Gatal

Cara mengatasi kulit eksim kedua yakni dengan mengompres bagian tubuh yang terasa gatal. Anda bisa menggunakan air dingin untuk mengompres area eksim ini ya!

Caranya sangat mudah kok, siapkan kain bersih, kemudian rendam ke air dingin. Sekarang tempelkan kompresan ke bagian tubuh yang terkena eksim dan terasa gatal. Dengan melakukan ini, rasa gatal dan tidak nyaman akibat eksim bisa mereda.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah boleh mengompres area eksim dengan air hangat? Sebenarnya boleh saja Anda mengompres area eksim dengan air hangat, tapi perlu diketahui kalau air dingin lebih efektif meredakan gatal-gatal.

 

3. Menghindari Makanan yang Menyebabkan Alergi

Beberapa orang mengalami reaksi alergi apabila makan makanan tertentu. Adapun beberapa makanan yang sering kali menimbulkan alergi di antaranya: udang dan jenis seafood lainnya, susu, daging ayam, aneka jenis ikan, kacang-kacangan dan telur.

Nah, jika Anda mengalami eksim kering atau basah, sebaiknya hindari makanan yang bisa menimbulkan reaksi alergi ya. Ini penting dilakukan agar penyakit eksim tidak semakin parah.

 

4. Menggunakan Pakaian Nyaman

Menggunakan pakaian yang nyaman juga sangat disarankan agar penderita tidak terus-terusan merasakan gatal di area tubuh yang terkena eksim. Pastikan menggunakan pakaian yang longgar, lembut dan dapat menyerap kering dengan baik ya!

Lebih lanjut, penderita eksim disarankan menghindari pakaian yang menggunakan bahan serat. wol dan mohair karena dapat memberikan ketidaknyamanan saat dipakai. Sebaiknya, ganti pakaian dengan bahan sutra, katun atau linen karena pakaian berbahan tersebut sangat nyaman dikenakan, termasuk oleh penderita eksim.

 

5. Menjaga Kondisi Mood

Menjaga kondisi mood juga memiliki kontribusi positif dalam proses penyembuhan eksim. Cara menjaga mood itu mudah, bisa dengan melakukan olahraga secara rutin, beraktivitas di luar ruangan dengan udara segar, tidur secukupnya, makan makanan sehat, meditasi dan menjalani hobi.

Menjaga kondisi mood berarti Anda juga menjaga agar pikiran tidak stres. Jika tubuh dan pikiran dalam keadaan normal, proses penyembuhan eksim bisa lebih cepat.

Seperti diketahui, stres sering kali menjadi biang kerok munculnya berbagai jenis penyakit. Penyakit kulit eksim pun bisa disebabkan oleh stres dan mood yang buruk. Jadi, senantiasa hindari stres ya!

 

6. Menggunakan Balm Skin Care

Cara mengatasi eksim yang terakhir yakni menggunakan balm skin care dari Safe Care. Ya, Safe Care Skin Care Balm memang terbukti ampuh mengatasi eksim dengan cepat. Anda bisa mengaplikasikan atau mengoleskan balm skincare besutan Safe Care ini tepat di bagian tubuh yang terkena eksim.

 

 

Lantas, bagaimana cara mengatasi eksim di tangan? Cara mengatasi eksim di tangan juga bisa dilakukan dengan mengoleskan Safe Care Skin Care Balm tepat di area tersebut.

Untuk diketahui, eksim bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karenanya, perlu produk yang aman bagi anak-anak dan bayi untuk mengatasi eksim. Nah, Safe Care Skin Care Balm sangat aman digunakan untuk anak-anak maupun bayi.

Safe Care Skin Care Balm dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat apik untuk mengatasi eksim. Di antaranya: coconut oil dan jojoba oil untuk melembabkan kulit, geranium oil untuk meringankan gatal-gatal dan iritasi, tea tree oil untuk meredakan ruam merah, calendula oil untuk mempercepat penyembuhan eksim, chamomile oil untuk meredakan masalah kulit sensitif dan rosemary oil untuk meringankan berbagai permasalahan kulit.

Itulah pembahasan cara mengatasi eksim kering dan basah secara tepat. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan semoga lekas sembuh dari penyakit eksim ya. Pastikan Anda menggunakan Safe Care Skin Care Balm untuk mempercepat penyembuhan eksis.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar