Cara Mengatasi Gatal pada Kulit Secara Tepat

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-kulit-gatal

Cara mengatasi kulit gatal bisa dilakukan dengan perawatan rumahan. Anda harus tahu nih seperti apa perawatan rumahan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Jadi, simak artikel ini hingga tuntas ya!

Seperti diketahui, gatal-gatal adalah kondisi yang bisa menyerang siapa saja, terutama orang-orang yang sudah menginjak usia lansia. Penyebab gatal-gatal di kulit sangatlah beragam, bisa karena gigitan serangga, reaksi alergi, infeksi hingga udara yang kurang bersahabat.

Beberapa jenis gangguan kulit, seperti dermatitis atopik atau eksim, kudis dan psoriasis juga bisa menjadi biang kerok gatal-gatal di kulit. Lebih lanjut, penyakit serius seperti diabetes, anemia dan penyakit ginjal pun bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit.

Gatal-gatal sendiri bisa terjadi di satu area kulit saja, bisa juga di seluruh bagian tubuh. Tentunya, kondisi ini membuat penderita merasakan ketidaknyaman dan bahkan mengganggu aktivitasnya.

Oleh karenanya, Anda harus tahu cara mengatasi gatal-gatal di kulit dengan perawatan yang tepat. Sedikitnya ada tujuh cara mengatasi kulit gatal yang bisa Anda lakukan, berikut penjelasan selengkapnya.

 

1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Cara atasi gatal pada kulit yang pertama yakni menggunakan gel lidah buaya. Ya, gel lidah buaya ini terbukti ampuh mengusir gatal-gatal ringan di kulit akibat gigitan serangga seperti nyamuk atau iritasi.

Selain itu, gel lidah buaya juga dapat memberikan sensasi dingin pada kulit. Sehingga penderita gatal-gatal akan terasa nyaman kulitnya jika dioleskan gel lidah buaya.

Menggunakan gel lidah buaya ini bisa jadi tindakan pertama untuk mengatasi gatal-gatal di kulit. Jika gatal-gatal masih juga belum hilang, Anda bisa menerapkan cara yang kami bagikan berikutnya di bawah ini.

 

2. Jangan Banyak Menggaruk Kulit yang Gatal

Hal yang tidak kalah penting dari cara mengatasi kulit gatal yakni tidak menggaruknya. Ya, meski terasa gatal, Anda disarankan tidak menggaruknya karena hal itu dapat membuat kulit teriritasi, lecet dan bahkan menimbulkan luka terbuka.

Menggaruk kulit yang terasa gatal memang bisa memberikan kenyamanan sesaat dan bisa mengusir rasa gatal itu sendiri. Tapi sejatinya, menggaruk tidak dapat mengatasi permasalahan gatal-gatal di kulit.

Sebagai saran, apabila muncul rasa gatal-gatal, sebaiknya gantilah pakaian yang lebih nyaman. Rapikan kuku-kuku jarimu agar apabila tersentuh area kulit yang gatal tidak membuatnya teritiasi. Jika memang terasa sangat gatal, kamu bisa mengusap-usapnya saja atau mengoleskan gel lidah buaya sebagaimana kami jelaskan di atas.

 

3. Oleskan Balm Skin Care

Cara mengatasi kulit gatal yang ketiga yakni dengan mengoleskan Safe Care Skin Care Balm. Ya, Balm Skin ini terbukti ampuh meredakan rasa gatal pada kulit akibat berbagai penyebab, seperti alergi, peradangan hingga iritasi.

 

 

Safe Care Skin Care Balm ini dibuat dari bahan-bahan alami yang sangat bersahabat bagi kulit berbagai jenis. Anak-anak dan bayi juga boleh dan aman menggunakan balm skin besutam Safe Care.

Perlu diketahui, Safe Care Skin Care Balm mengandung minyak geranium yang dapat membantu mengurangi rasa gatal-gatal pada kulot. Selain itu, ada juga kandungan minyal calendula yang dapat membantu mempercepat penyembuhan pada berbagai permasalahan kulit.

Cara atasi gatal pada kulit dengan menggunakan Safe Care Skin Care Balm sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan balm skin Safe Care ini tepat di area kulit yang terasa gatal. Oleskan Safe Care Skin Care Balm ini secara rutin agar gatal-gatal pada kulit dapat teratasi dengan cepat. Sehingga, Anda bisa segera bebas dari rasa gatal-gatal!

 

4. Meminum Obat Setelah Konsultasi Dokter

Gatal-gatal yang tidak kunjung hilang, apalagi semakin parah, bisa jadi termasuk gangguan kulit yang serius. Jika Anda mengalami hal demikian, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan/atau pengobatan yang tepat.

Setelah dicek kondisi Anda, dokter nantinya akan meresepkan obat sebagai langkah cara mengatasi kulit gatal. Biasanya, obat kulit gatal hidrokortison diresepkan oleh dokter untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Selain itu, obat ini bisa menenangkan dan memberikan kenyamanan pada kulit yang terasa gatal.

Ada juga obat antihistamin yang juga mungkin diresepkan oleh dokter untuk mengatasi gatal-gatal. Obat ini bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat reaksi alergi.

 

5. Menggunakan Baking Soda

Cara mengatasi kulit merah dan gatal berikutnya yakni menggunakan baking soda. Ya, Anda tidak salah kira bahwa baking soda memang betul-betul bisa mengatasi gatal, terutama akibat infeksi jamur. Lantas, bagaimana cara menggunakan baking soda untuk mengatasi gatal-gatal di kulit?

Caranya sangat mudah, Anda bisa menuangkan seperempat cangkir baking soda ke bak mandi atau wadah besar lalu isi dengan air hangat secukupnya. Kemudian, gunakan air tersebut untuk mandi.

Selain cara itu, Anda juga bisa membuat pasta dari baking soda. Lalu, oleskan pasta baking soda tersebut ke area kulit yang terasa gatal.

Jadi, baking soda tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue, tapi juga sebagai cara mengatasi kulit gatal. Lakukan cara ini secara rutin agar gatal-gatal cepat hilang ya!

 

6. Mengompres Area Gatal

Cara mengatasi kulit sensitif gatal yang keenam yakni dengan mengompres air dingin. Ya, kami menyarankan menggunakan air dingin atau es, bukan air hangat atau panas, untuk mengompres area kulit yang terasa gatal.

Cara mengaplikasikannya begini: siapkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin, kemudian letakkan atau kompreskan kain tersebut tepat di area kulit yang terasa gatal selama 5 atau 10 menit. Anda juga bisa menggunakan kompres es langsung ya!

Perlu Anda tahu, air dingin dapat membantu meredakan peradangan kulit yang menjadi biang kerok munculnya rasa gatal. Selain itu, Anda akan merasakan lebih nyaman pada area kulit yang terasa gatal.

 

7. Berendam dengan Oatmeal

Oatmeal yang kami maksud ialah oatmeal koloid. Oatmeal koloid ini berbeda dengan oatmeal yang biasanya dijadikan menu sarapan ya!

Jenis oatmeal koloid diproduksi dari oat yang ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Oatmeal koloid ini telah digunakan di dalam banyak produk-produk sabun dan losion karena memang terbukti ampuh mengatasi segala permasalahan kulit, termasuk gatal-gatal.

Lantas, bagaimana cara menggunakan oatmeal koloid untuk mengatasi gatal-gatal di kulit? Berikut cara mengatasi gatal-gatal di kulit dengan menggunakan oatmeal koloid:

  • Pertama-tama, Anda harus menumbuk halus oatmeal koloid hingga menjadi bubuk. Anda juga bisa menggiling oatmeal koloid hingga halus ya!
  • Masukkan air hangat ke dalam bak mandi.
  • Taburkan bubuk oatmeal koloid secangkir ke dalam bak mandi yang sudah berisi air hangat.
  • Sekarang Anda bisa berendam ke dalam air hangat yang sudah dicampuri oatmeal koloid selama 15 menit.
  •  Jika sudah berendam, keringkan tubuh dengan handuk bersih.

Oh ya, Anda bisa mendapatkan oatmeal koloid di apotek. Anda juga bisa mendapatkannya di toko-toko kecantikan atau kosmetik.

Itulah berbagai cara mengatasi kulit secara tepat yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda mengoleskan Safe Care Skin Care Balm secara rutin agar permasalahan kulit gatal dapat hilang dengan segera!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar