Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



Penyebab-Pinggang-Sebelah-Kanan-Sakit

Gejala sakit pinggang sebelah kanan yang paling umum terjadi yakni munculnya rasa nyeri. Rasa nyeri dan sakit pinggang sebelah kanan ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan jika tidak begitu parah.

Meski begitu, Anda tidak boleh meremehkan sakit pinggang sebelah kanan karena kondisi tersebut bisa saja menjadi lebih parah, apalagi tanpa perawatan yang tepat. Nah, sebelum melakukan perawatan, Anda juga perlu mengetahui dan mengidentifikasi apa yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan yang Anda derita saat ini.

Pada umumnya, sakit pinggang penyebabnya yakni karena terjadi cedera otot. Cedera otot sendiri bisa terjadi karena salah posisi tidur, duduk dan/atau bergerak. Selain itu, masih ada beberapa penyebab sakit pinggang yang perlu Anda ketahui. Simak artikel ini dengan saksama ya!

 

Berikut Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sebelum mengetahui penyebab-penyebabnya, penting juga bagi Anda untuk mengetahui gejala sakit pinggang sebelah kanan. Seperti yang kami jelaskan di awal tadi, gejala umum sakit pinggang sebelah kanan yakni timbulnya rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut.

Selain itu, kram otot juga sering kali menjadi gejala sakit pinggang sebelah kanan. Dalam kondisi yang lebih parah, sakit pinggang sebelah kanan bisa disertai dengan gejala-gejala seperti: mual dan muntah, diare, badan lemas, jarang buang air kecil dan nafsu makan menurun.

Jika Anda menemukan gejala-gejala parah seperti itu, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Tujuannya, agar dokter segera memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit yang Anda derita, termasuk juga sakit pinggang sebelah kanan.

 

Apa yang Menyebabkan Sakit Pinggang Sebelah Kanan?

Sedikitnya ada tujuh penyebab yang bisa mengakibatkan sakit pinggang sebelah kanan. Berikut penjelasan detail terkait ketujuh penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang perlu Anda ketahui:

 

1. Radang Sendi

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang pertama yakni karena radang sendi. Nah, radang sendi ini bisa menimbulkan penyempitan tulang belakang yang mana hal itulah yang bisa mengakibatkan sakit pinggang.

Radang sendi sendiri biasanya disebabkan oleh pertambahan usia atau penuaan. Pada umumnya, sakit pinggang sebelah kanan akibat radang sendiri akan terasa semakin nyeri saat dan/atau penderita beraktivitas berat. Namun, kondisi ini biasanya mereda setelah penderita beristirahat dan/atau tidur.

Nah, Anda mungkin kerap bertanya-tanya kenapa sering sakit pinggang sebelah kanan dan setelah istirahat hilang begitu saja. Jawabannya mungkin karena Anda terkena radang sendi.

 

2. Cidera

Cidera kerap kali membuat orang mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Kondisi ini memang sangat umum terjadi dan sakit pinggang sebelah kanan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Adalah persendian tulang belakang dan bantalannya rentan sekali mengalami cidera, terlebih saat penderita berusia lansia. Cidera pada persendian tulang belakang dan bantalannya ini berakibat terjadinya penekanan saraf-saraf yang ada di sekitarnya. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri dan sakit.

Pada umumnya, cidera semacam ini akan muncul ketika penderita mengangkat beban yang sangat berat. Cidera yang menjadi akibat sakit pinggang sebelah kanan ini kemungkinan akan berlangsung dalam beberapa hari, lalu mereda dengan sendirinya.

 

3. Batu Ginjal

Setiap orang normalnya memiliki dua ginjal yang terletak di bagian punggung bawah tulang rusuk. Nah, apabila organ ginjal sebelah kanan bermasalah akibat batu ginjal atau infeksi ginjal, pinggang sebelah kanan akan terasa sakit dan nyeri.

Gejala sakit pinggang sebelah kanan akibat batu ginjal ini biasanya disertai dengan keluhan-keluhan lainnya yang serius. Di antaranya: tekanan darah menjadi tinggi, nafsu makan menurun, warna urine keruh, badan lemas dan pembengkakan pada tangan/kaki.

Saran kami, segeralah berkonsultasi kepada dokter apabila Anda menemukan gejala sakit pinggang sebelah kanan yang disertai dengan keluhan-keluhan di atas. Sebab, ini termasuk penyakit serius yang harus segera ditangani.

 

4. Kelainan Tulang Belakang

Sakit pinggang penyebabnya juga bisa dikarenakan kelainan tulang belakang. Kelainan tulang belakang ini bisa dipicu oleh radikulopati, ankylosing spondylitis dan stesonis atau penyempitan tulang belakang.

Sama seperti cidera, masalah pada tulang belakang juga sering kali dipicu oleh aktivitas mengangkat beban yang sangat berat. Bisa juga dipicu oleh posisi duduk yang kurang tepat. Pada akhirnya, penegangan otot memicu peradangan pada jaringan lunak yang ada di sekitarnya, tidak terkecuali tulang belakang.

Oleh karenanya, kita semua sebaiknya tidak mengangkat beban yang terlalu berat melebihi kemampuan kita. Selain itu, selalu posisikan duduk dengan benar ya!

 

5. Masalah pada Otot

 

 

Otot punggung bisa saja mengalami gangguan dan ini bisa menyerang siapa saja. Gangguan atau masalah pada otot ini sangat mungkin mengakibatkan pinggang sebelah kanan sakit dan terasa nyeri.

Apalagi kalau permasalahan ini disertai dengan kekakuan dan cidera otot serta kram otot. Kondisi ini membuat orang yang menderitanya merasakan sakit yang luar biasa pada pinggang sebelah kanan.

Tapi jangan khawatir, jika Anda mengalami masalah pada otot yang mengakibatkan pinggang sebelah sakit dan nyeri, segera oleskan Minyak Pegal Linu Gading Roll On dari Safe Care. Minyak Pegal Linu Gading Roll On ini telah terbukti mampu meredakan nyeri otot pada pinggang, otot kencang, encok dan nyeri sendi. Selain itu, produk besutan Safe Care ini dapat memperlancar peredaran darah lho.

 

 

Cara memakai Minyak Pegal Linu Gading Roll On dari Safe Care ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya tepat di bagian tubuh yang terasa pegal-pegal, linu dan nyeri.

 

6. Masalah Empedu

Apa yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan lainnya? Masalah pada empedu (seperti terkena batu empedu) juga bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan secara terus-menerus.

Perlu diketahui, empedu adalah bagian dari organ hati yang letaknya di bagian kanan perut. Fungsinya yakni untuk mencerna lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Masalah pada empedu sering kali ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada bagian perut dan pinggang kanan. Selain itu, masalah kesehatan ini juga tidak jarang ditandai dengan gejala demam, pusing, mual dan muntah, perut kembung dan nyeri.

Jika Anda mengalami gejala sakit pinggang sebelah kanan akibat masalah empedu, segeralah berkonsultasi ke dokter. Sebab, ini termasuk penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

 

7. Skiatika

Skiatika adalah gangguan nyeri saraf yang diakibatkan oleh iritasi dan/atau cidera pada saraf skiatik. Apa itu saraf skiatik? Saraf skiatik bisa dikatakan sebagai saraf terpanjang yang dimiliki manusia karena membentang mulai dari panggul, pinggang, bokong sampai ke ujung kaki.

Nah, apabila Anda merasakan nyeri dan sakit pada panggung hingga ujung kaki, termasuk juga pinggang kanan, bisa saja hal itu disebabkan oleh skiatika. Skiatika ini termasuk gangguan kesehatan yang serius. Oleh karenanya, sangat disarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Itulah pembahasan tentang gejala sakit pinggang sebelah kanan beserta penyebabnya. Sebagai tindakan awal, Anda bisa mengoleskan Minyak pegal Linu Gading Roll On dari Safe Care untuk meredakan sakit pinggang sebelah kanan.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar