Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



cara-mencegah-sakit-tenggorokan

Cara mencegah sakit tenggorokan tidak harus dilakukan dengan mengonsumsi obat tertentu. Ya, Anda bisa kok mengatasi gejala tenggorokan sakit saat menelan dengan perawatan rumahan yang mudah dilakukan.

Memperbanyak minum air putih dan istirahat adalah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah tenggorokan sakit saat menelan dan batuk. Tentu saja, cara ini berlaku untuk sakit tenggorokan yang tidak parah.

Bagaimana jika sakit tenggorokan yang dirasakan cukup parah dan disertai dengan gejala-gejala serius lainnya? Apabila Anda mengalami hal itu, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya!

Seperti diketahui, sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja. Kondisi ini membuat penderita merasakan ketidaknyamanan saat makan dan minum. Inilah mengapa Anda harus tahu cara mencegah sakit tenggorokan dengan tepat.

Setidaknya ada tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya gejala tenggorokan sakit saat menelan. Di bawah ini kami informasikan penjelasan selengkapnya, simak ya!

 

1. Menghindari Makanan dan Minuman yang Membuat Iritasi

Cara mencegah sakit tenggorokan yang pertama yakni menghindari jenis makanan dan minuman yang dapat membuat iritasi. Di antaranya: makanan pedas, gorengan, susu dan buah-buahan masam.

Gorengan atau makanan yang digoreng sangat perlu dihindari karena jenis makanan ini benar-benar dapat mengiritasi tenggorokan. Hal ini dikarenakan gorengan mengandung minyak dan kering. Ini bisa membuat sakit tenggorokan semakin menjadi-jadi.

Selain itu, buah-buahan masam juga sangat perlu dihindari. Buah-buahan masam ini di antaranya jeruk, lemon dan tomat. Sama seperti gorengan, buah-buahan masam juga dapat mengiritasi tenggorokan sehingga menjadikan sakit tenggorokan makin parah.

Di sisi lain, Anda disarankan mengonsumsi makanan dan minuman hangat, seperti sup ayam dan air jahe hangat. Sup ayam hangat dan air jahe hangat ini terbukti ampuh melegakan tenggorokan, mengurangi rasa sakit saat menelan dan mengencerkan lendir pada tenggorokan.

 

2. Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan saat bangun tidur. Cara simpel menjaga gigi & mulut yakni menggosok gigi secara rutin sebelum dan sesudah tidur.

Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yakni berkumur dengan air garam. Bukan hanya gigi dan mulut, berkumur dengan air garam juga bisa membersihkan tenggorokan dan mengencerkan dahak lho.

Untuk membuat larutan air garam, Anda hanya perlu mencampurkan segelas air dengan garam sebanyak setengah sendok teh. Aduk-aduk merata campuran bahan tersebut lalu gunakan untuk kumur-kumur. Oh ya, saat kumur-kumur, pastikan kepala Anda menengadah agar air garam bisa menjangkau tenggorokan bagian belakang.

 

3. Menghindari Paparan Asap & Polusi

Cara mengatasi batuk kering dan sakit tenggorokan yang ketiga yakni menghindari paparan asap & polusi. Ya, asap rokok dan polusi udara memang dapat memperparah sakit tenggorokan sehingga harus betul-betul dihindari.

Nah, bagi Anda yang merokok, sebaiknya juga setop melakukan hal itu. Kemudian, saat keluar ruangan dan berkendara, sebaiknya gunakan masker wajah agar terhindar dari paparan polusi udara.

Oh ya, kami juga menyarankan Anda agar menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban dan kebersihan udara. Cara ini juga terbukti ampuh mencegah sakit tenggorokan saat menelan.

 

4. Rajin Cuci Tangan

Anda mungkin sudah tahu kalau tangan sangat sering terpapar oleh kuman dan bakteri penyebab berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan tangan tidak bisa lepas dari menyentuh benda-benda di sekitar, termasuk juga droplet.

Oleh karenanya, siapa saja sangat disarankankan agar rajin mencuci tangan untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit, termasuk penyakit tenggorokan. Pastikan saat mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun ya. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari berbagai jenis kuman dan bakteri.

Lantas, kapan kita harus mencuci tangan? Mencuci tangan sebaiknya dilakukan setelah beraktivitas dan setelah menyentuh benda-benda yang berpotensi terdapat kuman dan bakteri.

 

5. Menggunakan Masker

 

 

Salah satu gejala tenggorokan sakit saat menelan yakni batuk-batuk. Nah, apabila Anda terlanjur terkena gangguan tenggorokan atau radang tenggorokan sebaiknya gunakanlah masker supaya tidak menyebarkan droplet ke orang lain. Hal ini berguna untuk mencegah radang tenggorokan menularkan ke orang lain.

Di sisi lain, menggunakan masker juga bisa menjadi cara mencegah sakit tenggorokan yang sangat ampuh. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, sakit tenggorokan bisa dipicu oleh asap rokok dan polusi udara. Nah, kalau Anda menggunakan masker, Anda akan terhindar dari asap rokok dan polusi udara, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Oh ya, saat tidak menggunakan masker dan ingin batuk atau bersin, sebaiknya tutup mulut dan hidung dengan lipatan lengan ya. Jadi, bukan ditutup dengan telapak tangan karena cara itu bisa berpotensi besar menyebarkan droplet ke orang lain.

 

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara mencegah tenggorokan sakit saat menelan dan batuk berikutnya yakni menjaga daya tahan tubuh. Ya, menjaga daya tubuh memang sangat penting agar terhindar dari berbagai jenis penyakit meski dikelilingi atau serumah orang-orang sakit.

Terlebih saat musim pancaroba atau cuaca sedang tidak bersahabat, kita semua sangat perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terbebas dari sakit tenggorokan. Lantas, bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh yang benar?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh setiap saat. Di antaranya: mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan jika , perlu Anda bisa mengonsumsi suplemen. Dijamin deh, dengan melakukan beberapa cara tersebut, Anda akan terhindar dari berbagai gejala tenggorokan sakit saat menelan.

 

7. Mengonsumsi Permen untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Cara mencegah sakit tenggorokan yang terakhir yakni dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Permen pelega tenggorokan ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alami yang memang terbukti ampuh meredakan sakit tenggorokan.

Saat ini ada banyak jenis permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di toko obat maupun supermarket. Meski banyak pilihannya, Anda jangan sampai salah memilih permen pelega tenggorokan ya.

 

 

Kami sangat merekomendasikan Anda membeli Safe Care Anise Mint Gummy. Safe Care Anise Mint Gummy ini permen pelega tenggorokan besutan Safe Care yang terkenal mampu menyegarkan tenggorokan dan mengatasi serta mencegah sakit tenggorokan. Saat dimakan, Anda akan merasakan sensasi dingin dan segar dari permen Safe Care ini.

Anda bisa mendapatkan Safe Care Anise Mint Gummy di supermarket dan toko obat terdekat. Harganya murah kok!

Itulah tujuh cara mencegah sakit tenggorokan saat menelan yang bisa Anda lakukan. Dari ketujuh cara di atas, cara yang sangat ampuh yakni mengonsumsi permen Safe Care Anise Mint Gummy. Jadi tunggu apa lagi, yuk beli permen Safe Care ini sekarang juga untuk mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar