Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi 1 Tahun

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-1-tahun

Bukan hanya orang dewasa, bayi dan anak-anak kerap mengalami perut kembung. Namun, mereka hanya bisa menunjukkan ketidaknyamanan pada perut mereka hanya dengan menangis karena bayi belum mengerti akan hal tersebut. Bayi belum bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dalam saluran pencernaan dengan mudah, sehingga gas tersebut mudah terperangkap dan menyebabkan perut kembung pada bayi. Oleh karenanya, Anda harus tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun

Pada bayi usia 1 tahun perut kembung merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi. Bayi berpeluang untuk mengeluarkan gas dalam perut 13 hingga 21 kali sehari, namun karena fungsi pencernaannya belum berfungsi sempurna bayi kesulitan untuk mengeluarkan gas tersebut melalui kentut maupun sendawa. Ya, meski bayi memiliki volume perut lebih kecil dari orang dewasa, ia juga dapat merasakan masalah perut kembung juga,lho.

Kondisi perut kembung pada bayi ternyata dipicu oleh banyaknya udara yang masuk kedalam saluran pencernaan bayi. Misalnya saja saat bayi menyusu dengan botol, menyusu ASI melalui payudara ibu, saat menangis, hingga ketika bayi mulai mencoba makanan yang berbeda melalui MPASI pertama mereka.

Kenali tanda anak Anda mengalami perut kembung seperti terasa keras pada bagian perut, lebih sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang, sulit tidur, suka menendang dan mengangkat kakinya ke dada dan lain sebagainya.

Nah, setelah tahu penyebab dan tanda perut kembung pada anak Anda, penting juga untuk mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun. Simak beberapa cara mengatasi perut begah dan kembung pada anak seperti berikut.

 

1. Mengusap Punggung dan Perut Bayi

Bayi yang sedang mengalami perut kembung tidak jarang akan lebih rewel dari biasanya. Buatlah mereka lebih releks dengan memberikan pijatan berupa usapan pada bagian punggung maupun perut bayi.

Anda dapat memulai memijat bayi dengan meletakkannya pada posisi telungkup atau perut menghadap ke bawah, selanjutnya Anda bisa mengusap punggung bayi secara perlahan agar gas yang terperangkap dapat keluar dengan mudah.

Lakukan juga gerakan memutar searah atau berlawanan jarum jam pada perut bayi dengan lembut untuk memudahkan gas di dalam perut bayi keluar. Cara mengatasi bayi perut kembung dengan mengusap punggung dan perut bayi ini dapat dilakukan juga dengan memberikan minyak telon khusus bayi agar bayi merasa hangat dan lebih nyaman.

 

2. Menyusui Dengan Posisi Benar

 

 

Masalah perut kembung pada bayi 1 tahun kerap terjadi karena perlekatan antara ibu dan bayi saat menyusu kurang tepat. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kelebihan udara yang masuk kedalam perut bayi ketika sedang minum ASI,lho.

Sebaiknya pelajari dengan baik cara perlekatan menyusui yang baik dan benar. Hal ini akan memperbaiki kondisi pencernaan bayi dan mencegah terjadinya perut kembung.

Anda bisa menyusui bayi dengan memastikan posisi kepala bayi tegak dan dekat dengan payudara. Selanjutnya letakkan jari-jari dengan membentuk huruf C dimana ibu jari berada di tas puting dan empat jari lainnya berada di bagian bawah puting.

Saat posisi menyusui sudah tepat, Anda dapat mengarahkan puting ke dalam mulit bayi dan pastikan areola dan puting masuk ke mulut bayi secara sempurna.

 

3. Menggerakkan Bayi Secara Perlahan

Cara alami mengatasi perut kembung berikutnya yakni dengan menggerakkan kaki bayi secara perlahan. Cobalah untuk membaringkan bayi di tempat yang nyaman, letakkan bayi dengan posisi telentang, kemudian gerakkan kedua kaki bayi secara melingkar dan bergantian seperti sedang mengayuh sepeda.

Cara mengatasi perut anak kembung ini diyakini mampu membantu mengeluarkan gas berlebih pada perut dengan cukup efektif. Gerakan seperti ini bisa Anda praktikkan saat setelah mandi maupun sebelum anak Anda tidur. Lakukan dengan lembut dan senyaman mungkin,ya.

 

4. Memijat Perut Bayi Secara Lembut

Agar perut kembung pada bayi tidak berulang, lakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun dengan memijat bagian perutnya. Selain  mudah, cara ini juga aman untuk Anda lakukan sendiri di rumah.

Sebelum memulai memijat, pastikan bayi dibaringkan dengan posisi tidur telantang. Selanjutnya, pijat bagian perut bayi dengan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Jangan lupa oleskan minyak telon atau minyak pijat khusus bayi agar bayi merasa lebih nyaman.

Kehangatan yang dihasilkan oleh minyak telon dapat meredakan perut kembung dengan mudah dan bayi akan merasa lebih nyaman dan tenang. Anak tidak rewel ibupun tenang.

 

5. Mengompres Hangat Perut Bayi

Siapkan handuk hangat maupun botol berisi air hangat untuk mengompres bagian perut bayi. Cara alami mengatasi perut kembung ini cukup Anda lakukan sekali atau dua kali dalam sehari.

Letakkan bayi dalam posisi tidur telentang, kemudian letakkan handuk hangat atau botol hangat pada perut si kecil secara perlahan dan bergantian. Gerakan dan sensasi hangat dari handuk dan botol akan membantu udara yang terperangkap dalam perut bayi mudah keluar melalui sendawa maupun kentut. Anda bisa mencoba cara ini saat bayi dalam keadaan tenang dan dapat kendalikan, sehingga cara ini bisa bekerja secara efektif.

 

6. Memberikan ASI

Pemberian ASI tepat waktu dan kecukupan ASI sangat dibutuhkan bayi untuk mencegah terjadinya perut kembung. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan ASI bayi Anda sebelum ia merasa lapar. Jika bayi sudah menangis kelaparan, maka bayi akan berpeluang lebih besar untuk menelan angin lebih banyak. Angin dapat masuk lebih banyak ketika bayi menangis bersamaan dengan makanannya. Angin yang terperangkap dalam perut itulah yang membuat bayi mengalami perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun ini bisa dilakukan dengan membuat jadwal pemberian ASI yang baik dan tepat. Sehingga bayi dapat terpenuhi kebutuhan makan dan minumnya tepat waktu dan mengurangi terjadinya perut kembung.

 

7. Aplikasikan Minyak Telon Roll On

Cara mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun yang terakhir yakni dengan mengaplikasikan Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy Roll On. Ya, minyak telon roll on besutan Safe Care ini dapat meredakan perut kembung dan berbagai gejala masuk angin pada bayi.

Selain itu, Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh bayi, melembutkan kulit bayi dan mencegah gigitan nyamuk pada kulit bayi selama 8 jam.

 

 

Lebih lanjut, Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy ini memiliki aroma yang wangi yang ‘bayi banget’. Jadi, bayi pasti suka dengan aroma yang dikeluarkan oleh minyak telon satu ini.

Untuk pengaplikasiannya mudah banget, Anda hanya perlu mengoleskan Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy ke bagian perut, dada hingga leher si kecil secukupnya. Oleskan minyak telon ini secara rutin setelah si kecil mandi.

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun. Pastikan Anda selalu sedia Safe Care Minyak Telon 3 Point Oil Aromatherapy dan mengaplikasikannya secara rutin ke si kecil ya!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar