Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak Bahu

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



cara-menghilangkan-pegal-di-leher-dan-pundak-bahu

Ada beberapa cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu yang bisa Anda lakukan agar permasalahan itu segera hilang. Sehingga, Anda bisa bekerja atau beraktivitas lebih produktif lagi.

Pegal-pegal di bagian leher dan pundak bahu memang termasuk gangguan kesehatan yang ringan. Gangguan kesehatan ringan ini bahkan bisa hilang dengan sendirinya setelah memperbanyak istirahat. Namun, ada juga orang yang merasa pegal-pegal di bagian leher dan pundak bahu sulit tidur di malam hari.

Nah, agar bisa tidur nyenyak di malam hari, Anda harus tahu nih cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu dengan perawatan rumahan. Mudah banget kok, berikut kami informasikan caranya secara detail. Simak ya!

 

1. Lakukan Peregangan pada Bahu & Leher

Cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu yang pertama yakni dengan melakukan peregangan. Berikut cara melakukan peregangan leher yang bisa Anda ikuti di rumah:

  • Silakan berdiri tegak, turunkan dagu sampai menyentuh dada. Tahan posisi tersebut selama 20 detik ya. Kemudian, angkat kepala seperti semula.
  • Sekarang Anda bisa menengokkan kepala ke kanan lalu tahan posisi tersebut selama 20 detik. Kemudian tengokkan ke kiri dan tahan selama 20 detik.
  • Masih dalam posisi tegak, miringkan kepala ke kanan sampai telinga hampir menyentuh bahu. Tahan posisi tersebut selama 20 detik. Lakukan hal yang sama sama ini ke arah kiri ya!

Adapun untuk peregangan pundak bahu, Anda bisa melakukannya dengan memutar bahu ke depan sebanyak 10 kali dan ke belakang juga sebanyak 10 kali. Dijamin deh, dengan melakukan peregangan, Anda akan merasa lebih rileks.

 

2. Pemanasan Perlahan

Melakukan pemanasan sebelum bekerja dan beraktivitas juga sangat disarankan agar pundak sering pegal tidak terjadi lagi kepada Anda. Pemanasan ini bisa dilakukan secara rutin setiap pagi hari ya!

Anda bisa melakukan senam ringan di rumah. Atau, jika tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa kok mengikuti gerakan peregangan sebagaimana yang kami jelaskan pada poin satu di atas.

Nah, masih banyak nih orang yang menyepelekan melakukan pemanasan sebelum bekerja atau beraktivitas. Padahal, pemanasan sangat dibutuhkan agar tubuh siap menghadapi aktivitas seharian dan menghindarkannya dari rasa pegal-pegal.

 

3. Memijat Bagian Bahu & Leher Secara Perlahan

Memijat bagian bahu dan leher yang pegal secara perlahan juga bisa jadi langkah efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Anda bisa kok memijatnya sendiri dengan gerakan memutar selama 5 menit.

Anda bisa menambahkan minyak pegal linu atau minyak kayu putih ke area yang terasa pegal sebelum melakukan pemijatan. Ini berguna untuk melicinkan pemijatan dan menghangatkan tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa mendatangkan terapis profesional untuk mendapatkan pijatan yang lebih optimal. Mengingat, terapis profesional pasti tahu cara menghilangkan pegal-pegal di bagian bahu dan leher dengan melakukan pemijatan.

 

4. Mengoleskan Minyak Pegal Linu

 

 

Safe Care memiliki produk yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan pegal di pundak, bahu dan leher. Nama produknya yakni Minyak Pegal Linu Gading Roll On.

Bukan hanya mengatasi pegal-pegal di pundak, bahu dan leher, Minyak Pegal Linu Gading Roll On dari Safe Care ini juga dapat meredakan sakit otot pada pinggang, otot kejang, encok dan nyeri sendi. Selain itu, minyak pegal linu ini bisa melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah.

Cara menggunakan Minyak Pegal Linu Gading Roll On sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan secukupnya pada bagian tubuh tertentu. Jika Anda ingin menghilangkan pegal di pundak, bahu dan leher, maka oleskan minyak ini ke bagian-bagian tubuh tersebut. Anda juga bisa memijatnya setelah mengaplikasikan minyak pegal linu.

 

5. Posisi Tidur yang Nyaman

Cara menghilangkan pegal di pundak yang kelima yakni dengan memperbaiki posisi tidur. Cobalah untuk rileks saat tidur dan meluruskan badan. Cara ini terbukti dapat membuat tidur lebih nyenyak dan membuat Anda terhindar dari pegal-pegal.

Nah, apabila Anda merasakan pegal-pegal di pundak bahu saat bangun tidur di pagi hari, artinya posisi tidur Anda kurang tepat. Bisa jadi, posisi tidur Anda saat itu dengan menggunakan bantal terlalu tinggi atau tidur dalam keadaan duduk di depan layar komputer.

 

6. Olahraga Ringan Setiap Pagi

Seperti diketahui, olahraga rutin dapat menyehatkan tubuh dan membuat daya tahan tubuh semakin meningkat. Cara ini juga bisa menghilangkan pegal di pundak, bahu maupun leher. Tapi olahraganya yang ringan-ringan saja ya!

Ya, olahraga yang berlebihan bagi penderita pegal-pegal tidaklah disarankan karena justru dapat memperparah kondisi tersebut. Selain itu, hindari juga terlalu banyak olahraga dan aktivitas fisik yang menggunakan bagian tubuh yang terasa pegal. Dengan melakukan cara ini, pundak sering pegal tidak akan terjadi lagi pada Anda.

 

7. Kompres Bahu                                  

Cara mengobati pegal di pundak dan leher serta bahu berikutnya yakni dengan mengompresnya tepat di area yang terasa sakit dan pegal. Anda bisa kok pilih kompres bahu dengan air dingin atau hangat.

Meski bisa memilih kompres air dingin atau hangat, ada satu cara yang cukup efektif sebagai obat pegal pundak bahu secara alami. Begini caranya:

Saat muncul pegal-pegal pada bagian pundak bahu, segera kompres dengan air dingin dalam beberapa waktu. Setelahnya, Anda bisa menggantinya dengan kompresan hangat untuk meregangkan otot dan meredakan rasa kaku akibat sensasi dingin.

 

8. Perbaiki Postur Duduk Saat Kerja

Anda sering atau bahkan selalu duduk membungkuk saat kerja dan sering merasakan pegal-pegal di pundak, bahu dan leher? Ya, posisi duduk membungkuk memang tidak disarankan karena termasuk posisi duduk yang salah. Hal ini sering kali memicu rasa pegal pada bagian tubuh tertentu, termasuk pundak, bahu dan leher.

Nah, untuk menghilangkan pegal di pundak, bahu dan leher, mulai sekarang Anda harus memperbaiki posisi duduk saat kerja. Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa sih cara duduk saat kerja yang benar.

Cobalah duduk di atas kursi yang nyaman, kemudian tegakkan punggung dan leher. Pastikan Anda tidak duduk membungkuk lagi ya.

 

9. Konsultasi Dokter Jika Diperlukan

Cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu yang terakhir yakni konsultasi ke dokter. Ya, dalam kondisi tertentu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Sedikitnya ada tiga kondisi yang sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, di antaranya: rasa pegal dan sakit sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, rasa pegal dan sakit tak kunjung mereda, kemampuan bergerak terbatas.

 

 

Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter jika menjumpai salah satu atau beberapa kondisi di atas. Sebab, bisa saja Anda mengalami kondisi yang lebih serius dari sekadar pegal-pegal di pundak, bahu dan leher.

Itulah berbagai cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda sedia Minyak Pegal Linu Gading Roll On dari Safe Care setiap saat ya. Kalau rasa pegal-pegal timbul, Anda bisa segera mengoleskannya agar lekas mereda.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar