Manfaat Bunga Lavender yang Perlu Diketahui

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



manfaat-bunga-lavender-untuk-mengusir-nyamuk

Manfaat lavender tidak hanya sebatas ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, Anda perlu tahu nih berbagai manfaat bunga lavender.

Lavender adalah tanaman yang bunganya berwarna ungu cantik dan mempunyai aroma yang khas. Lavender diketahui termasuk tanaman dalam keluarga mint yang banyak sekali tumbuh di wilayah Timur Tengah, India dan Mediterania. Meski begitu, lavender juga bisa kok tumbuh di Indonesia dan bahkan banyak masyarakat kita yang menjadikannya sebagai tanaman hias di rumah.

Ragam manfaat lavender telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Nah kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang manfaat bunga lavender untuk mengusir nyamuk dan manfaat-manfat lainnya. Simak dengan saksama ya!

 

1. Aroma yang Menenangkan

Manfaat lavender yang pertama yakni dapat menenangkan saraf dan mengurangi tingkat kecemasan. Jadi, kalau Anda lagi stres dan cemas, hirup aroma lavender saja, dijamin Anda bakal lebih tenang.

Seperti diketahui, stres bisa datang kapan saja. Biasanya, stres muncul karena sibuk bekerja. Stres ini tidak jarang mengakibatkan rasa cemas yang sangat mengganggu dan membuat diri tidak nyaman. Kalau sudah demikian, jangan sampai produktivitas Anda menurun ya!

Oleh karenanya, sekali lagi kami tekankan pentingnya menghirup aroma lavender apabila Anda tengah mengalami stres dan cemas. Aroma lavender juga dapat merevitalisasi otak sehingga jadi lebih fresh lho.

 

2. Alternatif Pengusir Nyamuk

Sudah lama bunga lavender dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengusir nyamuk. Bahkan, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa minyak esensial lavender bisa mencegah kulit tubuh dari gigitan nyamuk hingga 8 jam.

Nah, Safe Care punya produk yang ampuh banget mengusir nyamuk karena kandungan lavendernya tinggi. Nama produknya yakni ‘Safe Care Mosquito Away 100 ML’. Anda bisa membelinya secara online di berbagai marketplace maupun secara offline di toko swalayan dan apotek.

 

 

Perlu Anda tahu, Safe Care Mosquito Away tidak mengandung bahan alkohol dan paraben. Produk ini aman diaplikasikan pada kulit anak maupun bayi. Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyemprotkannya ke bagian tubuh yang diperlukan, seperti tangan, kaki dan leher secara merata.

Dijamin deh, setelah mengaplikasikan Safe Care Mosquito Away, Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk selama 8 jam. Tidur jadi pulas deh!

 

3. Mengandung Senyawa Repellent

Perlu diketahui, lavender memiliki kandungan senyawa repellent. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa manfaat senyawa repellent ini?

Senyawa repellent memiliki manfaat mencegah kulit tubuh manusia dihinggapi dan bahkan digigit nyamuk dan jenis serangga lainnya. Tidak heran kalau lavender sering kali dijadikan bahan anti nyamuk yang bisa dioleskan pada kulit tubuh.

Safe Care Mosquito Away adalah salah satu produk anti nyamuk yang menggunakan bahan lavender. Safe Care Mosquito Away ini tidak hanya ampuh mengusir nyamuk selama berjam-jam, tetapi juga memiliki aroma yang enak banget banget saat dihirup. Ya, wangi Safe Care Mosquito Away ini kencang sekali tapi lembut sehingga ramah buat anak maupun bayi.

 

 

“Wanginya cukup kencang tapi ampuh untuk mengusir nyamuk,” demikian pengakuan salah satu pengguna Safe Care Mosquito Away.

“Aromanya soft banget. Gak bikin pusing. Udah hampir sejam pake, belom digigit nyamuk lagi. Recommended nih,” kata pengguna Safe Care Mosquito Away lainnya.

 

4. Efek Relaksasi & Anti Stress

Manfaat tanaman lavender yang keempat yakni memberikan efek relaksasi dan anti stress. Efek relaksasi dan anti stress ini bisa mengatasi insomnia atau sulit tidur di malam hari.

Seperti diketahui, insomnia dapat mengganggu suasana hati. Di sisi lain, insomnia juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terkena penyakit. Pada pagi harinya, penderita insomnia bisa saja kurang produktif karena rasa kantuk dan tubuh terasa lelah.

Jika Anda mengalami hal demikian, sebaiknya segera atasi dengan menggunakan produk-produk berbahan lavender. Ada banyak kok saat ini produk-produk yang mengandung bahan lavender, mulai dari gel, losion hingga minyak aromaterapi.

 

5. Perawatan Kulit

Selanjutnya bunga lavender manfaat untuk perawatan kulit. Ya, bunga lavender dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti jerawat.

Di sisi lain, bunga lavender juga terbukti ampuh membersihkan kulit dan membuatnya tetap sehat. Jadi, banyak sekali nih manfaat bunga lavender bagi kulit. Tidak heran kalau banyak juga produk skincare yang memasukkan ekstrak lavender di dalamnya.

 

6. Aromaterapi dan Spa

Anda suka spa? Spa juga bisa lho menggunakan minyak aromaterapi yang mengandung ekstrak lavender. Spa menggunakan minyak aromaterapi lavender dapat menjadikan suasana hati menjadi lebih damai, tenang dan sejuk.

Ya, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, aroma yang dimunculkan oleh tanaman lavender dapat menenangkan dan merilekskan. Tidak heran kalau setelah melakukan spa menggunakan minyak aromaterapi lavender, Anda akan merasakah tubuh lebih fresh. Anda bisa lebih produktif nih!

 

7. Bahan Alami Anti Insomnia

Manfaat lavender selanjutnya yakni menjadi bahan alami yang ampuh mengatasi insomnia atau susah tidur. Perlu Anda tahu nih, dulu tanaman lavender sering kali digunakan untuk mengatasi insomnia. atau gangguan tidur lainnya. Bagaimana caranya?

Orang dulu meletakkan bunga lavender ke dalam bantal guna memperbaiki kualitas tidur pada setiap malam. Bunga lavender inilah yang memancarkan aromaterapi yang membuat tidur makin nyaman dan tenang.

Nah, sekarang Anda tidak harus meletakkan bunga lavender ke dalam bantal untuk mengatasi insomnia. Anda bisa mengaplikasikan minyak esensial yang mengadung lavender pada kulit tubuh secukupnya. Atau, Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial lavender ini di bantal, guling atau sprei.

Dengan menghirup aroma yang dimunculkan oleh minyak esensial, Anda akan cepat tidur pulas. Sekarang Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada insomnia!

 

8. Pengobatan Nyeri dan Peradangan

Manfaat tanaman lavender yang terakhir yakni untuk mengobati nyeri dan peradangan. Nah, bagi wanita pasti sering kali mengalami nyeri saat menstruasi atau haid. Jika Anda mengalami hal itu, redakan dengan menghirup aroma lavender. Cara ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian lho.

Carany, Anda perlu diffuser aromaterapi untuk memunculkan aroma lavender. Kemudian hirup aroma lavender ini selama kurang lebih 30 menit ya.

Di sisi lain, lavender juga diyakini dapat mengobati peradangan dan produksi lendir berlebihan. Caranya sama, yakni Anda perlu menghirup aroma lavender dengan bantuan diffuser aromaterapi.

Itulah pembahasan tentang manfaat bunga lavender untuk mengusir nyamuk dan manfaat-manfaat lainnya. Jika Anda ingin memanfaatkan lavender untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa menggunakan Safe Care Mosquito Away. Semprotkan pada bagian tubuh terbuka yang sering kali dihinggapi nyamuk, seperti kaki, tangan dan leher ya!

Sekarang Anda sudah tahu nih manfaat lavender. Jadi, penting banget nih menyediakan produk berbahan lavender setiap saat di rumah, seperti Safe Care Mosquito Away.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar