Berikut Ciri Bentol pada Bayi Seperti Digigit Nyamuk

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



bentol-pada-bayi-seperti-digigit-nyamuk

Bentol merah pada bayi adalah gangguan kulit yang sering terjadi. Biasanya, bentol merah ini muncul di bagian kulit tubuh tertentu dan bayi merasa tidak nyaman. Bayi pun akan menggaruk bagian kulit tubuh tersebut karena terasa gatal.

Perlu Anda tahu, bentol pada bayi seperti digigit nyamuk ini termasuk gangguan kulit yang ringan. Bahkan, bentol pada bayi bisa hilang dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan tertentu.

Namun, rasa tidak nyaman akibat munculnya bentol-bentol merah pada bayi ini sering kali membuatnya menangis, mogok makan bahkan susah tidur. Oleh karenanya, sang ibu harus segera mengatasinya agar bentol-bentol pada bayi cepat musnah.

Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri bentol pada bayi seperti digigit nyamuk. Di bagian akhir artikel, kami sematkan cara yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi bentol pada bayi ini. Simak dengan saksama ya!

 

1. Ukuran Kecil

Bentol merah pada bayi muncul dalam ukuran kecil-kecil dan berjumlah cukup banyak di bagian kulit tubuh tertentu. Biasanya, bentol kecil-kecil ini muncul setelah kulit bayi digigit nyamuk atau mengalami iritasi kulit karena terkena zat alergen.

Nah, kalau diraba, bentol-bentol pada bayi ini akan terasa kasar dan tidak rata. Warnanya merah, dan akan semakin memerah bila digaruk.

Pertanyaannya, apakah boleh bentol-bentol yang muncul pada kulit tubuh bayi digaruk? Ketahuilah, menggaruk bentol-bentol pada kulit bayi dengan masuk agar tidak lagi terasa gatal tidaklah disarankan. Alasannya, cara ini dapat membuat kulit bayi semakin teritiasi dan bisa mengakibatkan luka terbuka.

 

2. Merah dan Membengkak

Ciri bentol pada bayi seperti digigit nyamuk yang kedua yakni berwarna merah. Ya, bentol-bentol yang ada akan terlihat berwarna merah cerah yang berbeda dengan warna kulit si bayi.

Bentol merah ini banyak sekali penyebabnya, salah satunya yakni terkena gigitan nyamuk. Nah, berbicara soal warna, perlu Anda tahu nih, nyamuk tidak suka dengan warna-warna cerah, seperti putih, kuning dan lain sebagainya. Sebaliknya, nyamuk lebih menyukai warna-warna gelap, seperti hitam, biru tua dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, kami sangat menyarankan agar mengenakan pakaian cerah untuk si bayi, apalagi jika si bayi berada di tempat atau ruangan yang banyak nyamuknya. Dengan melakukan ini, si bayi akan terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan munculnya bentol-bentol merah.

 

3. Gatal dan Bayi Tidak Nyaman

Bentol merah pada bayi selalu disertai dengan rasa gatal. Rasa gatal ini muncul sebagai reaksi kulit yang mengalami iritasi.

Kalau bentol-bentol merah pada kulit tubuh bayi disebabkan oleh gigitan nyamuk, rasa gatal yang muncul merupakan reaksi dari saliva atau ludah yang disebarkan oleh nyamuk. Rasa gatal ini sering kali membuat si bayi merasa tidak nyaman dan ingin menggaruknya.

Seperti yang kami jelaskan, menggaruk bagian kulit tubuh bayi yang mengalami bentol-bentol merah bukanlah solusi yang tepat, bahkan dapat memperparah keadaan. Solusi yang tepat yakni mengompres bagian kulit tubuh si bayi yang mengalami bentol merah dan terasa gatal dengan air hangat. Cara ini dapat meredakan rasa gatal yang dikeluhkan si bayi dan membuatnya lebih nyaman.

 

4. Terasa Panas

Selain gatal, ciri bentol pada bayi seperti digigit nyamuk berikutnya yakni terasa panas. Kondisi ini juga sering kali membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel.

Bentol merah yang terasa panas ini merupakan reaksi alamiah kulit yang mengalami iritasi. Apabila terkena air untuk pertama kalinya, bentol merah akan terasa semakin panas.

Memang, sebagaimana kami jelaskan sebelumnya, bentol merah pada bayi termasuk gangguan kulit yang ringan. Tapi, rasanya kurang etis kalau membiarkan bentol merah membuat si bayi rewel dan merasa tidak nyaman. Oleh karenanya, sebagai ibu, Anda harus menanganinya dengan cara yang tepat. Misalnya, untuk meredakan rasa panas pada bagian kulit tubuh yang terkena bentol merah, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat.

 

5. Membekas

Bentol-bentol pada bayi bisa sembuh atau hilang dengan sendirinya. Bisa juga bertahan lama di kulit tubuh bayi sehingga terus-menerus membuatnya tidak nyaman. Nah, setelah bentol-bentol hilang, biasanya akan membekas di kulit bayi.

Mungkin Anda merasa kurang nyaman dengan munculnya bekas bentol pada kulit bayi Anda. Jika demikian, Anda bisa kok menghilangkannya dengan produk perawatan kulit tertentu. Yang perlu diingat, pastikan produk perawatan kulit yang digunakan aman untuk bayi ya!

 

6. Menyebabkan Alergi

Beberapa bayi mungkin akan mengalami reaksi alergi terhadap bentol-bentol merah yang dideritanya. Reaksi alergi ini bermacam-macam, bisa demam atau badan panas, pilek hingga sakit kepala.

Apabila muncul reaksi alergi semacam itu, sebaiknya segera konsultasikan kondisi si bayi ke dokter. Tujuannya, agar si bayi mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat dengan segera dan kondisi yang dideritanya tidak semakin parah.

Nah, biasanya bentol-bentol merah pada bayi yang akibat gigitan nyamuk yang sering kali memunculkan reaksi alergi seperti demam atau badan panas. Oleh karenanya, sebagai ibu, Anda perlu melindungi si bayi dari gigitan nyamuk dengan mengoleskan minyak telon anti nyamuk.

 

7. Redakan dengan Safe Care Balm Skin Care 

Di atas adalah beberapa ciri bentol pada bayi seperti digigit nyamuk. Setelah mengetahui ciri-cirinya, Anda bisa menyimak cara yang paling efektif untuk mengatasi dan/atau mengobati bentol-bentol pada bayi.

Caranya yakni dengan mengaplikasikan Safe Care Balm Skin Care. Anda bisa mendapatkan Safe Care Balm Skin Care ini dengan membelinya di toko swalayan dan apotek. Bisa juga secara online dengan melakukan pembelian di marketplace favorit Anda.

Safe Care Balm Skin Care memiliki manfaat membantu menghilangkan bentol merah pada bayi, meredakan gatal-gatal, menyembuhkan iritasi kulit, ruam kulit, ruam popok dan mendepak gejala eczema.

Safe Care Balm Skin Care ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada kulit orang dewasa, melainkan juga anak-anak dan bayi. Ya, produk Safe Care ini baby safe, tidak mengandung paraben dan menggunakan bahan-bahan alami. Oh ya, pemilik kulit sensitif juga boleh kok menggunakan Safe Care Balm Skin Care.

 

 

Adapun beberapa bahan alami yang terkandung dalam Safe Care Balm Skin Care ini diantaranya tea tree oil yang berkhasiat meredakan bentol-bentol merah dan ruam kulit, minyak jojoba untuk melembabkan kulit, minyak geranium untuk meredakan gatal-gatal, minyak rosemary untuk meringankan permasalahan kulit, minyak chamomile untuk meredakan masalah kulit sensitif dan minyak calendula yang berkhasiat mempercepat proses penyembuhan iritasi kulit.

Sudah banyak orang yang membuktikan keampuhan Safe Care Balm Skin Care dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit termasuk yang menyerang si bayi, seperti bentol-bentol merah. Mereka mengakui produk ini cepat sekali mengatasi bentol-bentol merah pada bayi dan mencegahnya timbul kembali.

Beberapa solusi mengenai Cara Menghilangkan Gatal dan Bentol Gigitan Nyamuk juga bisa Anda terapkan untuk si Kecil.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar