Cara Mengobati Eksim atau Eczema Secara Tepat

Rabu, 16 Agustus 2023 | Safecare Admin



cara-mengobati-eksim

Apakah eksim atau eczema bisa disembuhkan? Tindakan apa saja yang bisa dilakukan penderita eksim agar terbebas dari penyakit ini? Untuk mengetahui jawaban dari dua pertanyaan tersebut, simak artikel ini sampai tuntas ya!

Anda mungkin pernah merasakan gatal-gatal pada bagian kulit tubuh tertentu. Selain gatal, Anda mungkin juga merasakan adanya ruam kemerahan pada kulit, pecah-pecah, terasa kasar, kering dan bersisik serta meradang. Bisa jadi, kondisi itu menunjukkan adanya penyakit eksim.

Eksim adalah penyakit yang ditandai dengan rasa gatal tak tertahankan, ruam kemerahan, pecah-pecah, kasar dan bersisik pada bagian kulit tubuh tertentu. Jika digaruk, eksim bisa lecet dan mengakibatkan luka terbuka.

Nah, penyakit eksim ini harus segera diobati dengan cara yang tepat. Sebab, adanya eksim bukan saja membut penderita merasa tidak nyaman, tapi juga terganggu penampilannya. Berikut kami informasikan tujuh tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengobati eksim.

 

1. Lakukan Kompresan Air Dingin

Seperti yang kami informasikan di atas, eksim bisa menimbulkan gejala gatal yang tak tertahankan. Biasanya, penderita akan menggaruknya hingga lecet bahkan timbul luka terbuka. Padahal, menggaruk bagian kulit tubuh yang terkena eksim sangat tidak disarankan karena dapat menimbulkan infeksi.

Sebagai gantinya, penderita bisa mengompres dingin bagian kulit tubuh yang terkena eksim. Caranya mudah banget kok. Pertama-tama, siapkan kain bersih dan air dingin. Kemudian, rendam kain bersih ke dalam air dingin. Peras kain tersebut lalu tempelkan ke bagian kulit tubuh yang terkena eksim.

Cara ini dapat menghilangkan rasa gatal yang tak tertahankan lho. Lebih lanjut, cara ini juga tidak akan membuat bagian kulit tubuh yang terkena eksim mengalami lecet.

 

2. Hindari Sabun Mandi yang Iritatif

Penderita eksim harus selektif dalam memilih sabun mandi. Pasalnya, sabun mandi yang memiliki kandungan bahan kimia terlalu keras bisa menjadikan gejala eksim makin parah.

Lebih lanjut, penderita eksim juga perlu menghindari sabun mandi antiseptik. Alasannya, jenis sabun mandi ini dapat membuat kulit lebih kering. Saran kami, gunakanlah sabun mandi yang berlabel ‘hypoallergenic’. Jenis sabun mandi ini sangat aman dan ramah bagi kulit eksim.

Di samping itu, perlu juga bagi penderita eksim menggunakan sabun deterjen cair. Sabun deterjen cair ini memiliki karakter lebih lanjut dibandingkan sabun deterjen bubuk yang lebih keras dan dapat mengiritasi kulit.

 

3. Gunakan Pakaian dari Bahan Lembut

Cara mengobati eksim atau eczema berikutnya yakni dengan menggunakan pakaian berbahan lembut. Misalnya, bahan sutra, katun dan linen. Pakaian berbahan lembut ini sangat ramah bagi penderita eksim dan tidak menyebabkan gatal-gatal.

Sebaliknya, penderita eksim perlu menghindari pakaian berbahan mohair, serat dan wol. Alasannya, pakaian berbahan tersebut tidak nyaman dikenakan, terlebih bagi penderita eksim.

Selain memperhatikan bahannya, Anda juga perlu memperhatikan tingkat kelonggaran pakaian. Ya, pastikan pakaian yang dikenakan longgar atau tidak ketat sehingga tidak memicu rasa gatal pada bagian kulit tubuh yang terkena eksim.

 

4. Menggunakan Safe Care Balm Skincare

Menggunakan Safe Care Skin Care Balm bisa dikatakan cara yang paling efektif untuk mengatasi atau mengobati eksim. Ya, Safe Care Skin Care Balm ini diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti eksim, gatal-gatal, iritasi kulit, ruam kemerahan dan ruam popok.

Nah, cara mengaplikasikan Safe Care Skin Care Balm ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan secukupnya ke bagian kulit tubuh yang terkena eksim secara rutin.

Oh ya, Safe Care Skin Care Balm ini aman digunakan oleh bayi dan anak-anak karena kandungan bahannya ‘baby safe’. Beberapa kandungan bahan produk ini di antaranya: jojoba oil, tea tree oil, geranium oil, rosemary oil, chamomile oil and calendula oil.

Untuk mendapatkan Safe Care Skin Care Balm bisa secara offline dengan melakukan pembelian di supermarket dan apotik terdekat yang menyediakan produk ini. Bisa juga secara online di marketplace favorit Anda.

 

5. Menggunakan Air Hangat Saat Mandi

Penderita eczema disarankan mandi dengan air hangat. Air hangat ini dapat membantu mengurangi rasa gatal yang dipicu penyakit eczema dan meminimalisir terjadinya iritasi kulit.

Perlu diingat, gunakan air hangat, jangan terlalu panas! Sebab, air yang terlalu panas dapat mengakibatkan kulit yang terkena eczema makin meradang. Sehingga gejala yang dirasakan oleh penderita akan semakin buruk dan parah.

Lebih lanjut, Anda juga bisa nih menambahkan cuka sari apel secukupnya ke dalam air hangat untuk mandi. Cuka sari apel ini memiliki khasiat sebagai obat rumahan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk eczema dan gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Kemudian, Anda bisa melakukan rendam diri ke dalam air hangat yang dicampurkan suka sari apel selama 15 menit saja. Ingat, jangan terlalu lama berendam karena dapat mengakibatkan kulit makin kering.

 

6. Gunakan Pelembab Khusus

Seperti yang kami informasikan sebelumnya, penyakit eksim bisa mengakibatkan kulit menjadi kasar, kering dan bersisik. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelembab khusus.

Maksud pelembab khusus ini yakni pelembab yang tidak mengandung bahan alkohol, pewangi, pewarna dan bahan kimia lainnya yang justru membuat eksim semakin parah. Dalam kata lain, pelembab khusus ini harus memiliki kandungan bahan yang ramah bagi kulit eksim.

Penggunaan pelembab ini bertujuan agar kulit senantiasa lembab alias tidak kering. Apalagi kandungan pelembab dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit sehingga meminimalisir kulit makin kasar dan bersisik.

Lantas, bagaimana cara menggunakan pelembab yang benar? Penggunaan pelembab sebaiknya dilakukan setelah mandi saat kulit masih cukup lembab. Anda bisa mengoleskannya tepat pada bagian kulit yang terkena eksim.

 

7. Konsultasi Dokter Kulit

Jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan tapi eksim tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit. Dengan melakukan konsultasi ke dokter kulit, Anda akan mendapatkan penanganan dan/atau pengobatan yang tepat sehingga eksim dapat diatasi dengan segera.

Di samping itu, ada beberapa kondisi yang perlu mendapat perhatian khusus dan segera dikonsultasikan ke dokter kulit. Seperti, penyakit eksim mengakibatkan demam, muncul nanah dan lecet yang tidak kunjung sembuh, penyakit eksim semakin memburuk, susah tidur, kulit yang terkena eksim terasa nyeri tak tertahankan dan aktivitas sehari-hari seringkali terganggu.

Itulah tujuh cara mengobati eksim atau eczema secara tepat. Dari pembahasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa eksim atau eczema bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.

Tapi, di sisi lain, eksim juga bisa kambuh lagi atau bahkan sulit disembuhkan. Jika kondisinya seperti itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit ya!

Eksim sebaiknya diobati dan/atau diatasi dengan mengaplikasikan Safe Care Skin Care Balm pada awal tubuhnya. Cara ini terbukti ampuh menghambat pertumbuhan eksim sehingga tidak membuatnya lebih parah dan menyebar ke bagian kulit tubuh lainnya.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar