Apa Saja Persiapan Camping Sekolah? Catat Listnya!

Jumat, 17 November 2023 | Safecare Admin



persiapan-camping-sekolah

Menjamin bahwa semua perlengkapan camping telah disiapkan dengan baik adalah suatu hal yang sangat penting untuk memastikan pengalaman camping Anda berjalan lancar. Keberadaan perlengkapan dasar tersebut merupakan suatu keharusan mutlak agar Anda dapat dengan nyaman beristirahat saat malam tiba.

Bagi Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia camping, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap segala barang kebutuhan sebelum memulai perjalanan. Pastikan bahwa tidak ada satu pun barang yang terlupakan atau tertinggal, karena hal ini dapat menjadi kunci keberhasilan camping yang Anda lakukan. Pastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan. 

Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan camping Anda akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan, tanpa adanya masalah yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa perlengkapan camping yang wajib Anda bawa yang sudah kami rangkum dari situs Worldpackers:

 

1. Tenda dan Aksesoris Dalam Mendirikan Tenda

Tenda merupakan salah satu peralatan utama yang wajib dibawa saat melakukan kegiatan camping. Jenis tenda bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi lingkungan tempat berkemah. 

Pertama, tenda dome adalah jenis yang populer karena strukturnya yang kokoh dan stabil, mampu melindungi penghuninya dari angin dan hujan. Tenda ini juga mudah dipasang, membuatnya ideal untuk pemula. Kedua, tenda tunnel memiliki desain panjang dan ramping, membuatnya lebih aerodinamis dan tahan terhadap angin kencang. Tenda ini cocok untuk lokasi dengan cuaca ekstrem.

Terakhir, tenda empat musim didesain untuk menanggung kondisi cuaca ekstrem sepanjang tahun, termasuk musim dingin. Pemilihan jenis tenda yang tepat akan memberikan kenyamanan dan perlindungan optimal selama kegiatan camping.

 

2. Sleeping Bag

Fungsi dari sleeping bag tidak hanya sebagai penutup tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat di malam hari, tetapi juga memberikan kenyamanan yang sangat penting untuk tidur dengan atau tanpa tenda. Sleeping bag dirancang khusus untuk menyediakan isolasi termal, melindungi penggunanya dari suhu dingin yang terjadi di malam hari. Materialnya yang ringan dan mudah dilipat membuatnya sangat portabel, sehingga mudah dibawa dan disimpan dalam ransel saat hiking atau camping. 

Sleeping bag juga biasanya dilengkapi dengan zipper untuk memudahkan akses masuk dan keluar, serta memiliki kapuk penutup kepala yang dapat memberikan tambahan perlindungan di daerah kepala.

 

3. Matras/Alas

Walaupun telah menyiapkan sleeping bag, tidak ada salahnya untuk membawa matras atau alas guna meningkatkan tingkat kenyamanan saat Anda camping. Sebelum Anda menggunakan sleeping bag di dalam tenda, sebaiknya letakkan matras terlebih dahulu. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan saat tidur, tetapi juga untuk kehangatan ekstra saat cuaca dingin atau hujan. 

Selain digunakan untuk tidur, matras juga dapat menjadi tempat berkumpul yang nyaman bersama teman atau keluarga di luar tenda. Ini memberikan area tambahan di sekitar tempat berkemah yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang atau hanya menikmati suasana alam bersama. 

Ada berbagai jenis matras yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi Anda. Namun, matras gulung adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan dalam kegiatan berkemah karena kemudahan dalam penyimpanan dan penggunaannya.

 

4. Alat Masak dan Peralatan Makan

Alat masak dan peralatan makan merupakan dua elemen krusial yang wajib dibawa saat melakukan kegiatan camping. Anda bisa membawa kompor portable yang memungkinkan Anda untuk memasak makanan dengan mudah di lokasi terpencil. Keberadaan alat masak ini memungkinkan pengguna untuk mengatur menu dan menikmati hidangan yang lebih beragam, daripada terbatas pada makanan siap saji seperti mi instan atau sarden kaleng. 

Selain itu, peralatan makan, seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, dan pisau, sebaiknya dibawa dalam tas yang terpisah dari carrier utama. Pastikan peralatan makan yang dibawa sudah disterilkan agar bisa langsung Anda gunakan.

 

5. Kompor

Seperti yang sudah tertulis pada poin sebelumnya, pastikan jenis alat masak yang Anda bawa merupakan alat yang praktis, mudah digunakan dan tidak memenuhi slot barang bawaan Anda yang lain.

Jika Anda berencana berkemah di lokasi yang jauh dan memerlukan perjalanan panjang, lebih baik pilih kompor yang ringan. Saat ini, tersedia banyak produk dengan berat di bawah 500 gram yang dapat dilipat. Oleh karena itu, berat atau ukuran kompor tidak menjadi kendala berarti.

Tidak seperti kompor yang digunakan di dalam rumah, kompor camping umumnya memiliki dimensi kecil, portabel, dan sangat ringan. Kompor ini lebih sesuai untuk aktivitas di luar ruangan seperti camping atau hiking. Jenis bahan bakarnya bervariasi, mulai dari spiritus, gas, hingga parafin.

 

6. Senter

Fungsi senter sangat vital karena kegiatan camping seringkali dilakukan di tempat yang minim penerangan, terutama pada malam hari. Senter memberikan sumber cahaya portabel yang memudahkan untuk beraktivitas di sekitar tempat berkemah, seperti memasak, mendirikan tenda, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar area perkemahan.

Selain itu, senter juga menjadi alat yang sangat berguna dalam situasi darurat, seperti kehilangan arah atau mencari sesuatu di kegelapan. Beberapa senter modern bahkan dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan, seperti mode redup untuk penggunaan yang lebih hemat energi, atau fitur darurat seperti sinyal SOS.

 

7. Kotak P3K

Kotak P3K adalah suatu kotak atau tas yang berisi berbagai perlengkapan medis yang berguna untuk memberikan pertolongan pertama pada keadaan darurat. Di dalamnya biasanya terdapat perban, plester, antiseptik, gunting, pinset, obat-obatan umum seperti obat pereda nyeri dan demam, serta beberapa alat medis lainnya. 

Dengan membawa kotak P3K, kita dapat memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan atau cedera kecil selama kegiatan camping. Keberadaan kotak P3K juga dapat memberikan rasa aman dan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat di alam terbuka, di mana bantuan medis mungkin tidak segera tersedia.

 

8. Makanan Ringan dan Air

Makanan ringan seperti kacang-kacangan, buah kering, atau cokelat memberikan sumber energi cepat yang dibutuhkan untuk menjaga stamina dan mengatasi kelelahan selama menempuh perjalanan menuju tempat camping. Selain itu, makanan ringan juga menjadi solusi praktis untuk menunda rasa lapar di antara waktu makan utama. Di sisi lain, air adalah elemen penting yang memastikan hidrasi yang cukup selama kegiatan camping. Kehadiran air juga sangat vital dalam segala kondisi agar kadar cairan tetap terjaga selama menjalani aktivitas di tempat camping.

 

9. Semprotan Anti Nyamuk

Saat berada di alam terbuka, kita rentan terhadap gigitan serangga yang membawa risiko penularan penyakit. 

Salah satu produk semprotan anti nyamuk yang bisa Anda andalkan ketika menjalani kegiatan camping dengan maksimal adalah Safe Care Mosquito Away. Produk ini memiliki kombinasi kandungan yang memiliki khasiat tinggi. Seperti Lavender Oil sebanyak 4%, Geranium Oil 0,5%, Orange Oil 0,2%, dan Fragrance Kafir Lime. 

Cukup Anda semprotkan pada bagian tubuh yang diinginkan, terutama pada tangan dan kaki, produk ini mudah untuk digunakan. Dengan formula yang teruji dan terpercaya, Safe Care Mosquito Away menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan di lingkungan yang rawan gigitan nyamuk.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar