Tips Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah

Selasa, 12 Maret 2024 | Safecare Admin



cara-agar-badan-fit-dan-tidak-mudah-lelah

Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari dapat menguras tenaga, tidak hanya berdampak secara fisik, tetapi juga mental. Untuk mengimbangi intensitas aktivitas sehari-hari, penting bagi tubuh untuk tetap dalam kondisi prima. 

Ada banyak cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun ada beberapa cara yang umum dilakukan untuk dapat membantu Anda mengatasi rasa lelah dan tetap fit selama menjalani aktivitas. Jadi, apa saja langkah untuk mengatasi kelelahan yang cepat dan menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari? Jawabannya ada dalam pembahasan dibawah ini.

 

1. Mulai Dari Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan suatu kegiatan simpel yang memiliki berbagai efek positif yang signifikan bagi keseluruhan sistem tubuh. Namun, banyak di antara kita yang mengabaikan dan cenderung memilih untuk tidur larut malam. Demi menjaga tingkat kebugaran tubuh, salah satu caranya adalah dengan tidur lebih awal dan durasi yang cukup.

Tidur lebih awal memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mendapatkan pemulihan yang cukup dan berkualitas. Dampak positifnya, Anda akan merasa lebih berenergi dan segar. Sebaliknya kalau tidur larut, yang akan kita rasakan adalah mood yang kacau dan badan masih terasa lelah.

Sedangkan jam tidur yang cukup akan mempengaruhi perubahan tingkat hormon leptin dan ghrelin. Leptin yang dihasilkan oleh sel lemak, mengurangi nafsu makan, sementara ghrelin dan peptida dari lambung, akan meningkatkan nafsu makan. Jadi dengan kata lain, waktu tidur yang tidak memadai akan mengakibatkan penurunan leptin sekitar 15,5 persen dan peningkatan ghrelin sebesar 14,9 persen. Penurunan leptin dapat meningkatkan nafsu makan dan berkontribusi pada risiko obesitas.

Kebutuhan tidur bervariasi untuk setiap orang. DIkutip dari National Sleep Foundation, pada usia remaja membutuhkan 8-10 jam setiap hari. Sedangkan untuk dewasa dan lansia idealnya adalah 7-9 jam setiap hari. Dengan waktu istirahat yang cukup organ tubuh, termasuk otak, kulit, metabolisme, dan hormon akan bekerja seimbang. Hal ini sangat penting demi menjaga stabilitas tubuh dan tingkat produktivitas Anda sehari-hari.

 

2. Makan Dalam Porsi Seimbang dan Bergizi

Konsumsi makanan rendah nutrisi, yang sering kali kaya akan lemak jenuh, gula berlebih, dan sodium, dapat berdampak serius pada kesehatan dan kinerja tubuh seseorang. Pola makan seperti ini dapat mengganggu keseimbangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk berfungsi secara optimal.

Sebagai akibatnya, kinerja tubuh dapat menurun, karena nutrisi yang tepat tidak tersedia untuk mendukung fungsi-fungsi vital seperti metabolisme, pertumbuhan sel, dan pemeliharaan jaringan.

Sebaiknya, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan gizi yang seimbang. Makanlah makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak, serta vitamin dan mineral.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI beberapa contoh makanan yang kaya nutrisi dan bermanfaat untuk memberikan energi bagi tubuh meliputi:

  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Produk susu dan olahannya
  • Telur, ikan, dan daging

 

3. Lengkapi Tubuh Dengan Air Yang Cukup

Lebih dari 60% tubuh manusia terdiri dari air. Jadi dapat dibayangkan jika Anda mengalami dehidrasi, maka fungsi tubuh Anda tidak akan beroperasi dengan optimal. Kebutuhan akan cairan bervariasi untuk setiap individu, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, tingkat aktivitas, iklim, dan kondisi kesehatan tertentu.

Air putih pada dasarnya dapat membantu melancarkan pencernaan dengan mencegah terjadinya sembelit. Jadi disarankan minum air putih sebelum tidur, terutama jika Anda akan tidur tidak lama setelah makan malam. Kebiasaan tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit saat bangun.

Sebuah penelitian yang dirangkum oleh website PharmEasy menyatakan bahwa kekurangan cairan tubuh dapat berdampak negatif pada suasana hati atau mood seseorang. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa mengkonsumsi cukup air putih dapat meningkatkan emosi positif, ketenangan, dan mood yang lebih baik. Jadi, pastikan Anda hanya minum satu gelas air saja, agar Anda tidak beser atau muncul rasa ingin buang air di tengah malam.

 

4. Hindari Kafein dan Gula Berlebih

Sebagaimana kita ketahui, kopi mengandung kafein, sebuah zat stimulan yang dapat mengurangi rasa kantuk dengan menghambat reseptor adenosin dalam tubuh. Adenosin adalah senyawa yang dapat membuat seseorang mengantuk. Kandungan kafein dalam segelas kopi biasa atau es kopi sekitar 40 miligram, sementara dalam espresso dapat mencapai 212 miligram. Efek kafein dapat bertahan dalam tubuh selama 3-5 jam setelah konsumsi, dan sisa kafein dapat bertahan hingga 8-14 jam, menyebabkan insomnia atau susah tidur.

Sedangkan Gula, umumnya dipakai dalam berbagai hidangan sehari-hari, sebagai bahan pemanis dalam bumbu makanan. Namun, penting untuk menyadari bahwa konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko ini, tidak perlu menghentikan konsumsi gula sepenuhnya, tetapi cukup menguranginya secara bertahap.

Karena gula sejatinya dapat memberikan energi bagi tubuh kita, namun konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sebagai pedomannya, Kementerian Kesehatan merekomendasikan asupan gula maksimal sebesar 50 gram atau sekitar 4 sendok makan per hari.

 

Baca Juga: Penyebab Badan Kurang Fit

 

5. Kelola Manajemen Stress Anda

Stres adalah respons tubuh terhadap situasi tertentu, yang seringkali timbul saat menghadapi ancaman, tekanan, atau hal-hal baru. 

Pada dasarnya, penyebab stres bisa bervariasi, tergantung pada faktor penyebab dan kondisi tubuh. Namun, ada tanda-tanda umum yang dapat terjadi saat seseorang mengalami stres. Salah satunya adalah penurunan kondisi fisik, seperti kelelahan, pusing, sakit kepala, masalah pencernaan, nyeri otot, dan detak jantung yang meningkat.

Cara mengatasi stres bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal yang mudah dan menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan berbicara kepada seseorang tentang perasaan dan kekhawatiran atau curhat, , baik kepada teman dekat atau profesional psikolog. Dengan curhat, Anda dapat mengurangi beban pikiran dan mungkin mendapatkan sudut pandang baru yang membantu menyelesaikan masalah yang memicu stres. Percayalah, setelah mengeluarkan semua isi hati, kemungkinan besar Anda akan merasa lebih baik secara keseluruhan.

 

6. Mulai Berolahraga

Mengutip tinjauan dr. Fadhli Rizal Makarim dari laman Halodoc, berolahraga secara teratur setiap hari bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi tubuh. Bagi orang dewasa, waktu olahraga dianjurkan dengan intensitas sedang minimal 150 menit per minggu atau olahraga dengan intensitas tinggi minimal 75 menit per minggu.

Tetapi, jika jarang berolahraga atau malas melakukannya, akan berdampak buruk pada tubuh. Salah satu dampak utamanya adalah peningkatan berat badan. Hal ini menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh dan akhirnya mengakibatkan peningkatan berat badan karena ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi tubuh.

 

7. Gunakan Minyak Angin Agar Tubuh Kembali Fit

Menggunakan minyak angin sebelum tidur bisa memberikan beberapa manfaat, terutama untuk membantu Anda rileks. Sejak zaman dahulu kala bahkan sebelum munculnya ilmu kedokteran modern, minyak aromaterapi telah dipakai dalam berbagai pengobatan untuk meningkatkan stamina tubuh. 

 

 

Untuk manfaat yang lebih terasa, pakailah Safe Care Aromatherapy Strong Roll On. Produk ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ditambah lagi penambahan bola-bola roll-on di mulut botol minyak angin meningkatkan efektivitas penggunaannya dibandingkan dengan model biasa. Ini karena menghemat penggunaan minyak, sehingga sedikit pengolesan saja sudah cukup untuk membasahi bola-bola roll-on tanpa menghabiskan minyak angin di dalam botol.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo dapatkan Safe Care Aromatherapy Strong Roll On sekarang juga! #yangadaSAFEnya. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar