Ini Dia List Travel Kit Liburan Menuju Jepang

Jumat, 24 Mei 2024 | Safecare Admin



travel-kit-ke-jepang

Sebelum kamu pergi berlibur, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Termasuk dalam persiapan ini adalah barang-barang yang harus kamu bawa saat bepergian ke luar negeri, contohnya seperti Jepang. 

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum berangkat ke Jepang. Apa saja hal-hal tersebut? Yuk kita simak pada tulisan berikut.

 

1. Paspor dan Visa

Yang perlu disiapkan pertama adalah paspor dan visa. Kedua dokumen tersebut merupakan persyaratan wajib untuk masuk ke negara kunjungan yang harus dipenuhi sebagai syarat utama. Visa dapat dibuat satu bulan sebelum tanggal keberangkatan, lalu pastikan bahwa paspor masih berlaku minimal enam bulan sebelum keberangkatan.

Jika memiliki e-paspor, Anda dapat mengajukan visa waiver. Visa ini hanya perlu diajukan sekali, setelah itu Anda dapat masuk ke Jepang tanpa perlu membuat visa lagi. Namun bagi yang masih menggunakan paspor biasa, perlu membuat visa setiap kali akan pergi ke Jepang. Oleh karena itu jika Anda sering bepergian ke Jepang, sebaiknya perbarui paspor menjadi e-paspor agar mudah dan cepat dalam urusan dokumentasinya.

 

2. Tiket Pesawat dan Booking Hotel

Pastikan Anda sudah memesan tiket dan melakukan pemesanan hotel terlebih dahulu sebelum berangkat. Memesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan adalah langkah yang bijak. Idealnya, pesan tiket setidaknya 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Dengan melakukan pemesanan jauh-jauh hari, Anda dapat memperoleh harga yang lebih terjangkau karena biasanya harga tiket lebih rendah jika dipesan jauh hari sebelumnya.

Selain memesan tiket jauh-jauh hari, pertimbangkan juga untuk memesan pada saat musim sepi atau low season. Pada saat musim sepi, biasanya ada lebih banyak promo tiket pesawat dan penawaran khusus dari hotel. Dengan memesan pada saat low season, Anda dapat menghemat lebih banyak biaya perjalanan. Jadi, pastikan untuk memanfaatkan kesempatan ini agar perjalanan jadi lebih hemat dan menyenangkan.

 

3. Adaptor, Colokan Charger Serta Power Bank

Ada beberapa barang yang perlu dipersiapkan agar perjalananmu berjalan lancar, terutama bagi Anda yang hobi menyimpan kenangan dan menyebarkannya ke sosial media.  Di Jepang, semua adaptor menggunakan tipe A dengan voltase 100 V. Jadi pastikan sebelum berangkat, kamu sudah membawa adaptor yang kompatibel dengan tipe ini.

Selain adaptor, penting juga untuk mempersiapkan power bank. Power bank menjadi sangat penting untuk menjaga agar baterai handphone tetap terisi selama perjalanan. Bayangkan jika ketika sedang jalan-jalan, baterai ponsel tiba-tiba habis dan Anda tidak bisa berfoto atau terhubung dengan keluarga dan teman-teman.

Untuk membuat perjalanan lebih praktis, Anda bisa membawa tas kecil khusus yang berisi adaptor, charger, dan power bank. Dengan begitu, semua perlengkapan akan terorganisir dengan baik dan mudah dijangkau saat dibutuhkan.

 

4. Router WiFi atau SIM Card

Meskipun Jepang adalah negara maju dengan teknologi canggih, tidak semua tempat di sana menyediakan akses Wi-Fi gratis. Oleh karena itu, mempersiapkan router Wi-Fi dan kartu SIM menjadi barang selanjutnya yang harus Anda bawa.

Router Wi-Fi portable adalah solusi yang bagus jika Anda bepergian dengan rombongan. Dengan memiliki satu router, Anda dapat memastikan bahwa semua anggota rombongan Anda dapat terhubung ke internet tanpa harus bergantung pada akses Wi-Fi di tempat-tempat umum. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk tetap terhubung saat sedang menjelajahi tempat-tempat yang mungkin tidak memiliki akses Wi-Fi yang stabil.

Saat memilih router Wi-Fi, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan jaringan di Jepang dan kapasitasnya untuk menangani jumlah perangkat yang akan terhubung. Sebelum berangkat, pastikan Anda telah melakukan pengaturan dan pengujian untuk memastikan router bekerja dengan baik.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli SIM Card di negara tersebut sebagai alternatif. Jika Anda bepergian sendiri, atau jika Anda lebih memilih koneksi yang lebih pribadi, membeli SIM Card bisa menjadi pilihan yang baik. SIM Card di Jepang umumnya mudah didapatkan pada bandara atau toko-toko telekomunikasi setelah Anda tiba di negara tersebut.

Dengan menggunakan SIM Card, Anda dapat mengakses internet langsung dari ponsel Anda tanpa perlu menggunakan router Wi-Fi. Pastikan untuk memeriksa tarif data yang ditawarkan oleh penyedia layanan, serta memahami cara mengaktifkannya dan batas penggunaan data yang berlaku.

 

5. Mata Uang Yen

Walaupun bandara Internasional Jepang terdapat mesin ATM yang memungkinkan Anda untuk menukar mata uang, akan menjadi lebih praktis dan hemat jika Anda sudah memiliki uang tunai dalam yen sejak berada di Indonesia. Ada beberapa keuntungan membawa uang tunai:

Pertama, uang tunai memungkinkan kamu untuk langsung membayar berbagai macam kebutuhan tanpa perlu khawatir akan adanya masalah dengan kartu kredit atau mesin EDC yang mungkin tidak dapat digunakan.

Kedua, meskipun ATM umumnya tersedia di banyak tempat di Jepang, terutama di kota-kota besar dan daerah wisata, namun masih mungkin Anda akan menemui kendala seperti mesin yang sedang tidak berfungsi, biaya transaksi yang tinggi, atau limit penarikan yang terbatas.

Ketiga, dengan membawa uang tunai sebelum berangkat, Anda dapat menghindari antrian yang panjang di mesin ATM di bandara atau tempat wisata yang ramai. Ini akan menghemat waktu dan membuat perjalananmu lebih lancar.

 

6. Bawalah Tabir Surya

Sinar ultraviolet (UV) dapat memiliki dampak yang tidak diinginkan pada kulit Anda. Paparan berlebih dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada kulit wajah dan kulit yang memerah akibat terbakar yang disebut dengan sunburn. Dikutip dari Alodokter, sunburn adalah efek yang sering terjadi ketika terlalu sering terkena sinar UV. Gejalanya termasuk kulit memerah, terasa hangat, dan nyeri saat disentuh. Pada kasus yang parah, sunburn bisa menyebabkan pembengkakan kulit, kulit melepuh, dan rasa lemas akibat dehidrasi.

Pilihlah tabir surya yang oil-free agar tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit atau membuat wajah terlihat berkilap saat berkeringat. Anda juga perlu memastikan bahwa tabir surya yang Anda pilih memiliki SPF minimal 30. SPF (Sun Protection Factor) ini menunjukkan seberapa baik tabir surya melindungi kulit Anda dari sinar UVB, yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit.

Dengan melakukan ini, Anda dapat menikmati liburan Anda tanpa khawatir akan dampak buruk sinar matahari pada kulit Anda. Jadi, pastikan untuk menyertakan tabir surya dalam rutinitas perawatan kulit Anda setiap hari, terutama saat berada di bawah sinar matahari langsung.

 

7. Peralatan Mandi

Untuk merencanakan travel kit mandi yang sesuai untuk liburan di Jepang, pertimbangkan kebutuhan Anda selama perjalanan dan berapa lama Anda akan tinggal di sana. Berikut adalah beberapa item yang mungkin ingin Anda masukkan ke dalam travel kit mandi Anda, Sabun Mandi, Sampo dan Kondisioner, Sikat Gigi dan Pasta Gigi, Deodoran, handuk mikrofiber, peralatan cukur, sisir, pengikat rambut, atau produk perawatan pribadi lainnya yang Anda butuhkan. Pastikan untuk menyimpan semua item ini dalam tas mandi atau pouch yang kedap air agar tetap aman dan terorganisir selama perjalanan Anda.

 

8. Sepatu dan Sandal

Memilih sepatu dan sandal yang tepat untuk travel kit liburan di Jepang akan sangat tergantung pada jenis kegiatan dan cuaca yang Anda rencanakan selama perjalanan. Sertakan sepasang sandal yang nyaman dan ringan dalam travel kit Anda, terutama untuk digunakan saat cuaca panas atau kunjungan ke tempat-tempat yang santai seperti taman atau pantai.

Pilihlah sepasang sepatu yang nyaman untuk berjalan-jalan, terutama jika Anda berencana untuk menjelajahi kota-kota atau tempat-tempat wisata. Sepatu yang ringan, kokoh, dan memiliki sol yang nyaman akan menjadi pilihan yang baik.

 

9. Jas Hujan dan Payung Kecil

Saat mendatangi destinasi yang memiliki ketinggian atau di alam terbuka yang suhunya dingin seperti Gunung atau pegunungan, alangkah baiknya menyiapkan jas hujan dan payung kecil. Dengan membawa jas hujan dan payung kecil dalam travel kit Anda, Anda dapat merasa lebih siap menghadapi berbagai kondisi cuaca yang mungkin Anda temui selama liburan di Jepang. Ini akan memberikan rasa nyaman dan perlindungan ekstra sehingga Anda dapat menikmati perjalanan Anda tanpa terganggu oleh cuaca yang tidak terduga.

 

10. Bawa Obat-Obatan Ringan

Musim panas seringkali menyebabkan kondisi cuaca yang panas dan lembap, yang dapat meningkatkan risiko terkena berbagai gangguan kesehatan seperti kelelahan, dehidrasi, dan pusing. Karena itu, sangat penting untuk membawa obat-obatan seperti minyak angin yang dapat memberikan efek menyegarkan dan memberikan sensasi dingin pada kulit yang terasa panas, sehingga membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat panas.

Selain itu, musim panas juga dapat meningkatkan risiko terkena gigitan serangga, terutama jika berada di daerah pedesaan atau di alam terbuka. Gigitan serangga bisa menyebabkan rasa gatal, kemerahan, bahkan alergi pada beberapa orang. Dengan membawa minyak angin, Anda dapat mengoleskannya pada kulit untuk membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga. 

 

 

Salah satu minyak angin yang bisa diandalkan dalam segala kondisi adalah Safe Care Minyak Angin Aromatherapy. Dengan formula alami yang menyegarkan dan menghilangkan rasa tidak nyaman, minyak angin aromaterapi ini menjadi teman setia Anda selama perjalanan. 

Jadi, ketika hendak bepergian menuju Jepang, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy bisa menjadi teman yang dapat diandalkan pada kondisi musim panas negeri Sakura yang menyengat.#yangadaSAFEnya

 

 

Referensi:

  1. Traveloka. Diakses 2024
  2. Travel Kompas. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar