Panduan Menabung untuk Bisa Berlibur ke Luar Negeri Setiap Tahun

Kamis, 5 Desember 2019 | Safecare Admin





Safeian, berlibur ke luar negeri mungkin menjadi impian setiap orang. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Terlepas dari pilihan negara yang akan dijadikan destinasi, pastinya kamu membutuhkan persiapan yang matang untuk bisa berlibur ke luar negeri setiap tahun. Terutama persiapan dana untuk liburan itu sendiri.

Kalau sampai detik ini kamu masih kesulitan menabung, keinginan liburan keliling dunia hanya akan menjadi mimpi belaka. Nah, agar kamu memiliki cukup dana liburan yuk simak panduan menabung ala traveler berikut ini!

 

Buat perencanaan keuangan dengan matang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan keuangan dengan matang. Perencanaan ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan dana liburan tanpa mengabaikan kebutuhan pokok lainnya. Disarankan agar kamu segera menyisihkan penghasilan yang diperoleh untuk masing-masing pos kebutuhan. Dengan begitu, kamu tidak melewatkan kebutuhan pokok dan bisa berlibur ke luar negeri setiap tahun.

 

Segera lunasi hutang

Jika kamu memiliki hutang, sebaiknya segera lunasi sehingga kamu bisa menabung untuk liburan dengan optimal. Hutang ini termasuk pinjaman konsumtif yang kamu miliki, seperti cicilan kartu kredit atau kebutuhan konsumtif lainnya. Ketika hutang-hutang berhasil dilunasi, maka kamu bisa segera mengumpulkan dana liburan yang dibutuhkan untuk ke luar negeri.

 

Mulai menabung dan berinvestasi

Menabung sudah tentu hal yang wajib dilakukan untuk mengumpulkan dana liburan ke luar negeri. Kamu bisa menyisihkan 10% penghasilan setiap bulan untuk ditabung. Namun, jika cara ini kurang efektif pertimbangkan pula untuk mulai berinvestasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko keuanganmu. Biasanya, investor pemula akan memilih instrumen investasi minim risiko seperti deposito, logam mulia, maupun reksadana yang menguntungkan.

 

Mengubah gaya hidup

Selanjutnya, kamu juga perlu mengecek kembali arus kas keuangan yang dimiliki. Jika sebagian besar penghasilan ternyata habis untuk memenuhi gaya hidup, maka inilah saatnya kamu berubah. Terapkan gaya hidup yang lebih hemat, sehingga kamu bisa menabung secara maksimal untuk bisa berlibur ke luar negeri. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, yaitu membiasakan diri untuk membawa bekal makanan dari rumah, mengurangi kebiasaan nongkrong, serta menggunakan transportasi publik daripada kendaraan pribadi yang cenderung boros bahan bakar.

 

Berburu tiket pesawat murah

Setelah kamu mendapatkan jumlah tabungan yang dibutuhkan untuk berlibur ke luar negeri, maka segera lakukan perburuan tiket pesawat murah. Ini penting dilakukan demi menghemat lebih banyak budget liburan. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan promo potongan harga di waktu-waktu tertentu. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan harga tiket murah menuju destinasi yang kamu inginkan.

 

Pertimbangkan nilai tukar rupiah

Oh ya, Safeian, kamu juga wajib mempertimbangkan nilai tukar rupiah sebelum bepergian ke luar negeri. Pasalnya, naik turun nilai tukar rupiah juga mempengaruhi besaran dana liburan yang harus kamu persiapkan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rajin memantau pergerakan nilai tukar rupiah sehingga bisa melakukan penukaran ke mata uang asing tanpa mengalami kerugian finansial. Jangan ragu untuk membandingkan nilai tukar yang berlaku antara satu money changer dengan money changer lainnya.

 

Bagaimana menurut pendapatmu? Menabung untuk bisa berlibur ke luar negeri setiap tahun bukan lagi hal yang sulit dilakukan, kan? Kamu bisa memulainya sekarang juga sebelum terlambat. Dengan begitu, mimpi untuk berkeliling dunia bisa terwujud dengan sempurna. Selamat mencoba dan semoga berhasil menerapkan panduan di atas, ya!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar