Ketahui Cara Memijat Kepala Agar Rileks

Minggu, 21 Juli 2024 | Safecare Admin



cara-memijat-kepala-agar-rileks

Akibat sibuknya aktivitas harian, stress, serta beban kerja yang menekan, otot dan saraf di sekitar kepala bisa mengalami ketegangan. Akhirnya kepala akan terasa berat, nyeri, hingga pusing. Kondisi ini dapat diredakan dengan cara memijat kepala dan membuat otot-otot kembali rileks.

Pemijatan juga tergolong langkah yang praktis dan efisien, metode ini pun dinilai minim efek samping. Karena Anda tidak perlu menyiapkan bahan-bahan yang sulit didapatkan, juga tanpa menggunakan obat-obatan tertentu.

Akan tetapi, meski tampaknya mudah, memijat kepala tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan. Bukannya mereda, melakukan pijatan dengan asal justru bisa membuat rasa tidak nyaman makin panjang.

Agar efeknya terasa maksimal, Anda perlu melakukan pemijatan di titik tubuh yang tepat, serta mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Persiapan

Sebelum membicarakan langkah-langkah dalam cara memijat kepala agar rileks, Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti:

  1. Siapkan ruang pijat yang nyaman dan rapi, untuk membuat mood dan tubuh Anda menjadi lebih baik. Anda juga bisa melakukan pijat ini di atas alas atau kursi yang empuk untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot leher dan tubuh.
  2. Gunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass sebagai minyak pijat, untuk membantu memberikan efek melemaskan dan merelaksasi pada saraf.  

Kandungan menthol dan camphor dalam minyak angin ini akan memberikan rasa hangat serta nyaman ke area tubuh yang diolesi. 

Aroma lemongrass-nya juga akan memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan, yang membantu meringankan rasa pusing di kepala.

Langkah-langkah Pijatan

Setelah persiapan selesai, Anda bisa langsung memulai cara memijat kepala agar rileks lewat beberapa langkah di bawah ini:

1. Aplikasikan Minyak

Aplikasikan Safe Care Minyak Angin Lemongrass di beberapa titik tertentu yang berhubungan dengan ketegangan otot di kepala. Melansir dari Alodokter.com, ada 6 titik pijat yang dapat membantu meringankan sakit kepala yakni:

  • Di antara ibu jari dan telunjuk: Anda dapat mengoleskan Safe Care Minyak Angin Lemongrass ke area ini dan melakukan pijatan lembut. Pijatan ringan yang Anda lakukan di titik ini diketahui mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala. Baik sakit kepala menyeluruh ataupun migrain.
  • Pergelangan tangan bagian dalam: memijat perlahan pada titik pijat ini menggunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass dapat membantu meringankan nyeri di kepala, serta keluhan lain yang menyertainya seperti rasa eneg dan mual di perut.
  • Tengkuk atau leher bagian belakang: memijat area ini dapat meringankan sakit kepala yang terjadi akibat ketegangan otot.
  • Dua sisi pelipis: pemijatan pada area ini akan membantu meringankan nyeri dan mengendurkan otot-otot yang tegang di area tersebut.
  • Tengah dahi: memijat dengan mengoleskan minyak angin Safe Care pada titik ini bisa meredakan keluhan sakit kepala, utamanya yang terjadi karena ketegangan otot mata.
  • Titik di punggung kaki: memijat titik ini diketahui dapat membantu meredakan rasa nyeri di kepala, yang biasanya disertai rasa tak enak di perut.

Jika situasi Anda sedang tidak memungkinkan, pemijatan ini dapat Anda konsentasikan di titik-titik tertentu saja, seperti pada bagian pelipis, dahi, bagian atas kepala, leher, kulit kepala, dan sekitarnya.

Selain itu, pastikan untuk mengoleskan Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini secukupnya saja, utamanya pada bagian dahi dan pelipis. Agar tidak mengganggu pandangan Anda atau mencegah potensi cairan masuk ke area mata.

2. Mulai dari Pelipis

Setelah mengoleskan Safe Care Minyak Angin Lemongrass pada beberapa titik yang Anda inginkan, mulai pemijatan dari bagian pelipis Anda. Pada area pelipis terdapat banyak titik saraf yang terhubung langsung dengan otak dan sistem saraf pusat. 

Untuk memijat pelipis ini Anda dapat menggunakan ujung jari Anda untuk memberikan tekanan yang lembut, dan memijat bagian pelipis. Kemudian lakukan gerakan memutar secara lembut, agar efek relaksasinya terasa secara optimal.

3. Pijat Dahi

Setelah gerakan memutar yang konstan dan lembut pada pelipis, perlahan gerakkan jari-jari Anda menyusuri bagian kepala, sampai kedua jempol bertemu di tengah dahi. Sensasi licin dan lembut dari olesan Safe Care Minyak Angin Lemongrass akan membantu efek pemijatan ini terasa.

Anda dapat menekan lembut dengan gerakan melingkar yang halus, untuk merangsang sirkulasi darah di sekitar area mata dan kepala agar lebih lancar.

4. Pijat Bagian Atas Kepala

Setelah selesai memijat dahi, Anda bisa bergerak ke bagian atas kepala. Lakukan pijatan lembut untuk membantu meregangkan otot kepala yang kaku, utamanya yang terhubung dengan leher bagian belakang dan seluruh area kepala yang terasa nyeri.

Meskipun Anda tidak bisa menggunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass pada kulit kepala, rasa hangat dan menenangkan akan tetap Anda rasakan pada area ini setelah Anda mengaplikasikannnya pada pelipis dan tengkuk.

5. Pijat Belakang Kepala dan Leher

Pada bagian belakang lehere atau tengkuk, Anda tetap harus memijatnya secara perlahan dan konstan. Sebab area belakang leher merupakan titik penting yang terhubung dengan berbagai sistem saraf dan otot. Khususnya yang berkaitan dengan rasa sakit dan ketegangan otot di kepala dan leher. 

6. Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang ada di bawahnya. Selain itu, langkah ini juga membantu menguraikan ketegangan otot dan saraf yang ada di area kepala.

Lengkap dengan efek menghangatkan dari Safe Care Minyak Angin Lemongrass, akan membantu proses pemijatan ini menjadi lebih efektif. Serta memberikan rasa segar di kepala, serta mengurangi secara signifikan rasa berat pada kepala Anda.

7. Pijat Telinga dan Sekitarnya

Titik di sekitar telinga pun termasuk dalam pijat refleksi, yang sangat baik untuk membantu meredakan rasa berat di kepala. Bagian-bagian yang dipijat dengan lembut dapat meliputi area awal daun telinga, lengkungan atas daun telinga, lipatan tulang rawan, juga di belakang cuping telinga.

Pemijatan ini dikatakan mampu mengatasi nyeri atau sakit kepala yang diakibatkan oleh migrain, ketegangan otot, hingga telinga sakit dan berdenging.

Tips Tambahan

Setelah melangsungkan ketujuh cara memijat kepala agar rileks di atas, Anda juga bisa menyempurnakan langkah-langkah tersebut dengan mengikuti beberapa tips tambahan di bawah ini:

1. Tekanan yang Sesuai

Meskipun rasanya sangat nyeri, Anda tidak boleh gegabah dalam memijat area kepala. Tekanan yang terlalu keras atau kasar justru dapat menambah rasa tak nyaman, hingga meninggalkan cedera di kepala.

Karenanya, sangat penting untuk Anda melakukan pemijatan ini dengan tekanan yang lembut dan tidak berlebihan. Khususnya pada area kulit kepala dan rambut.

2. Lakukan Perlahan

Agar efek pemijatan ini terasa secara maksimal, pastikan Anda melakukannya secara lembut dan teliti. Selain itu, ikuti panduan yang diberikan dan melakukan pemijatan sesuai dengan urutan yang direkomendasikan.

Melakukannya secara perlahan juga akan membantu Anda merasakan dengan seksama, bagaimana sensasi tekanan-tekanan lembut tersebut dapat membantu meregangkan otot kepala yang terasa kaku dan tegang.

3. Bernafas Dalam

Sembari memjiat, Anda bisa melakukan olah nafas dengan menarik nafas dalam-dalam. Meskipun tampaknya sepele, menarik napas dalam-dalam dapat membantu mengurangi stress, mengurangi rasa sakit, serta membantu memperbaiki postur tubuh Anda.

 

 

Terlebih, jika Anda melakukan pemijatan menggunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass, Anda dapat menghirup aroma yang menyegarkan dan menenangkan dari minyak esensial serai dalam produk tersebut.

Sebagai minyak angin dan aromaterapi, produk Safe Care ini memiliki kombinasi bahan-bahan terbaik seperti mentol, camphor, dan ekstrak serai. Ketiganya sangat manjur mengatasi ketegangan otot di kepala, serta memberikan efek relaksasi secara maksimal pada Anda.

Plus, karena dikemas dengan botol multiguna dengan ukuran 10 ml, Anda dapat membawa minyak angin Safe Care ini kemanapun dan menggunakannya kapanpun tanpa repot.

Bagaimana? Tertarik untuk membeli Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini? Jangan khawatir, Anda dapat memperolehnya di toko atau swalayan dekat rumah, juga bisa dibeli secara online di lapak kesayangan Anda, loh!

 

Sumber Referensi:

  1. 6 Titik Pijat Sakit Kepala yang Dapat Ditekan untuk Redakan Nyeri. Alodokter. Ditinjau oleh: dr. Merry Dame Cristy Pane. Diakses 2024
  2. 17 Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghilangkan Sakit Kepala. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar