Apa Sih Tips Mencegah Nyeri Otot Pundak Kiri?

Senin, 22 Juli 2024 | Safecare Admin



tips-mencegah-nyeri-otot-pundak-kiri

Nyeri otot pada pundak kiri merupakan masalah yang sangat umum terjadi. Masalah ini utamanya sangat rentan terjadi pada kaum pekerja dan orang-orang yang suka berolahraga angkat beban. Namun tak perlu risau, karena dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tips mencegah nyeri otot pada pundak kiri. Apa saja?

Nyeri otot pada pundak kiri biasanya muncul dengan intensitas rasa sakit yang ringan hingga sedang. Dalam kasus medis ringan, kondisi ini pun bisa hilang tanpa pengobatan khusus dengan beristirahat cukup dan menghindari faktor risikonya.

Meski begitu, nyeri otot pada pundak ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman serta mampu menghambat produktivitas Anda. Untungnya, kondisi ini dapat Anda cegah dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk merupakan faktor yang paling umum menyebabkan masalah nyeri otot, termasuk pada pundak sebelah kiri. Kondisi ini pun sangat lazim terjadi pada masyarakat modern yang kerap menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer dan duduk dengan postur salah selama berjam-jam.

Saat Anda membungkuk, atau posisi tubuh terlalu condong ke depan, akan memberikan tambahan beban pada tulang belakang. Serta memberikan tekanan pada otot bahu dan leher, yang menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Rasa nyeri pada bahu kiri ini pun dapat menjalar ke leher, yang juga akan menimbulkan sakit kepala tegang.

Karenanya, sebagai tips mencegah nyeri otot pada pundak sebelah kiri, Anda perlu memperbaiki postur tubuh. Misalnya duduk dengan tegap, berdiri dan bergerak setiap 30 menit untuk meregangkan otot yang kaku, serta lakukan gerakan peregangan yang ringan untuk mencegah ketegangan pada otot bahu kiri.

2. Peregangan dan Latihan Rutin

Melakukan peregangan dan latihan penguatan rutin pun sangat penting untuk mencegah timbulnya rasa nyeri otot di pundak sebelah kiri. Latihan peregangan dapat membantu mengurangi ketegangan otot, juga meredakan rasa nyeri pada bahu kiri. 

Selain itu, peregangan juga dapat membantu mengembalikan rentangan gerak dan mencegah cedera. 

Sementara itu latihan penguatan dapat membantu menguatkan otot-otot di sekeliling persendian bahu, melancarkan sirkulasi darah, serta meredakan ketegangan otot dan mengatasi rasa sakit pada otot bahu.

Selain itu, melakukan latihan penguatan bersamaan dengan peregangan akan mengurangi nyeri otot pundak kiri, serta menjaga otot tetap panjang dan fleksibel.

3. Penggunaan Alat yang Tepat

Nyeri otot pada pundak kiri pun sangat rentan terjadi ketika Anda menggunakan alat olahraga dengan cara yang salah. Karenanya, sebelum benar-benar menggunakan alat tersebut, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan trainer atau membaca petunjuk penggunaannya.

Penggunaan alat olahraga yang salah bisa memberikan dampak yang fatal. Tak hanya nyeri, Anda bisa mengalami cedera, kecelakaan, hingga patah tulang.

4. Hindari Beban Berlebihan

Memikul beban berat secara berlebihan pada pundak juga dapat menimbulkan rasa nyeri. Lebih tepatnya, kondisi ini akan memicu peradangan pada otot-otot di pundak kiri yang mengalami kelelahan akibat beban yang berlebihan atau bahkan cedera. 

Rasa nyeri yang timbul akibat peradangan ini pun akan membuat otot pundak kiri jadi lebih tegang. Karena secara alamiah, otot Anda akan membatasi geraknya terhadap rasa nyeri. Makin tegang otot Anda, maka rasa nyeri yang dihasilkannya pun akan semakin intens. 

Karenanya, sebagai langkah pencegahan, akan lebih baik bagi Anda untuk menghindari memikul beban terlalu berat pada pundak, atau melakukan gerakan yang berlebihan menggunakan bahu saat berolahraga.

Selain itu, imbangi aktivitas padat Anda dengan istirahat yang cukup. Serta rutin melakukan peregangan dan relaksasi untuk membuat otot lebih kuat, serta tidak mudah mengalami cedera.

5. Hindari Stress

Tahukah Anda, stres dan kecemasan pun dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan, termasuk nyeri otot pada pundak kiri. Kondisi ini terjadi karena saat tubuh merasa stress dan cemas, tubuh akan menghasilkan hormon yang membuat otot menegang dan meningkatkan sensitivitas terhadap rasa sakit.

Untuk menghindari stres ini Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan, seperti melakukan relaksasi menggunakan Safe Care Minyak Angin Woody.

Kombinasi peppermint oil, menthol, dan camphor dalam minyak angin ini memberikan rasa hangat hingga ke dalam kulit, menenangkan ketegangan otot dan saraf di pundak Anda. Selain itu, aroma patchouli-nya yang khas memiliki khasiat sebagai sedatif, sehingga membantu mengurangi stres dan gejala kecemasan.

Penggunaan Safe Care Minyak Angin Woody ini juga mudah dan praktis. Anda hanya perlu mengoleskannya ke area bahu, serta dapat menghirup aromanya secara langsung. Namun perhatikan untuk tidak menghirupnya terlalu dekat dengan hidung.

6. Pola Hidup Sehat

Cara mencegah nyeri di pundak selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Seperti membiasakan mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh dengan meminum air putih yang cukup, beralih mengonsumsi makanan bergizi seimbang, juga rutin melakukan latihan dan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Selain itu nyeri di bahu sebelah kiri pun sangat rawan terjadi pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih, serta mengidap diabetes. Karenanya, pastikan Anda merawat kesehatan tubuh dengan baik dengan menerapkan pola hidup sehat.

7. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Istirahat dengan cukup juga sangat penting untuk mencegah rasa nyeri pada bahu kiri Anda. Apalagi kalau Anda bisa menerapkan posisi tidur yang tepat, sehingga mencegah terjadinya kram dan otot kaku, yang dapat mengganggu kualitas istirahat Anda.

Pada orang dewasa, dianjurkan untuk tidur 7–8 jam sehari untuk mengembalikan stamina tubuh dan mendorong fungsi tubuh agar berjalan secara optimal keesokan harinya.

Bila mengalami gangguan tidur, Anda bisa melakukan beberapa relaksasi terlebih dahulu. Misalnya dengan berendam menggunakan air hangat dengan campuran minyak esensial favorit, juga menjauhkan gadget Anda untuk sementara waktu.

 

Nah, Safeian itu adalah 8 cara mencegah rasa nyeri pada pundak kiri yang perlu Anda tahu. Sudahkah Anda menerapkan salah satu atau beberapa tips di atas di rumah?

 

 

Hal paling penting untuk menjaga tubuh tetap bugar adalah dengan menghindari stres dan mendapatkan tidur yang cukup. Dalam hal ini, Safe Care Minyak Angin Woody dapat membantu Anda menetralisir ketegangan dan rasa stres yang Anda alami.

Sehingga membantu membuat tubuh lebih rileks dan merasa nyaman, mengusir penat dan rasa lelah setelah seharian bekerja, jadi Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Apalagi aroma patchouli dari Safe Care Minyak Angin Woody dapat bertindak sebagai sedatif yang membantu mengurangi kecemasan dan rasa stres Anda. Menggunakannya sebelum tidur dapat membantu membuat istirahat lebih berkualitas.

Well, bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan Safe Care Minyak Angin Woody untuk melegakan otot tegang, stres, dan masalah persendian lainnya? Langsung beli Safe 

Care Minyak Angin Woody ini di toko terdekat, ya! 

 

Sumber Referensi:

  1. Nyeri Perut Hingga ke Bahu Kiri, Bisa Jadi Tanda Splenomegali. Halodoc. Diakses 2024
  2. Mengungkap Dampak Mengejutkan Postur Tubuh yang Buruk. Ciputra Medical Center. Telah direview oleh dr. Edwin Halim. Diakses 2024
  3. Berbagai Penyebab Sakit Pundak dan Cara Mengatasinya. Alodokter. Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar