Apa Manfaat Jalan Kaki 30 Menit bagi Kesehatan?

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



manfaat-jalan-kaki-30-menit

Sebagai orang yang tidak memiliki waktu luang yang banyak. Anda mungkin kebingungan menentukan jenis olahraga yang ideal untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda kalau ada banyak manfaat jalan kaki selama 30 menit untuk kesehatan?

Banyak orang beranggapan bahwa olahraga haruslah 'berat', padahal ada berbagai jenis latihan santai yang tak kalah banyak manfaatnya untuk Kesehatan.

Jalan kaki secara rutin selama 30 menit adalah salah satu contohnya. Walaupun sering tidak diperhitungkan, rupanya jalan kaki bisa membantu meningkatkan kesehatan otot dan tulang, menurunkan berat badan, juga menjaga fungsi organ kardiovaskular.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas apa saja manfaat dari jalan kaki secara rutin selama 30 menit per hari bagi kesehatan dengan lengkap. 

Baca terus, agar Anda tidak ketinggalan informasinya!

 

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit bagi Kesehatan

Menjalani gaya hidup yang sehat, seperti rutin jalan kaki setiap hari bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Ada pun beberapa manfaat jalan kaki 30 menit per hari bagi kesehatan antara lain:

 

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Sama halnya seperti berlari, jalan kaki juga termasuk dalam Latihan kardiovaskular. Olahraga ini dapat membantu menguatkan jantung dan paru-paru. Sehingga dapat membantu tubuh menggunakan oksigen secara lebih efisien, juga dapat memberikan banyak manfaat untuk Kesehatan.

 

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Berjalan kaki secara rutin setiap hari selama 30 menit juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Karena, olahraga ringan ini pun dapat membantu merangsang fungsi pencernaan, meningkatkan Kesehatan kardiovaskular, hingga meningkatkan kebugaran dan membantu mengelola kadar lemak dalam tubuh.

Bahkan melansir dari Nature Medicine, dikatakan bahwa jalan kaki dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas, apnea tidur, GERD, gangguan depresi mayor, diabetes tipe 2, dan hipertensi.

 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buat Anda yang sedang struggle untuk menurunkan berat badan, jalan kaki bisa menjadi solusi. Pasalnya, aktivitas fisik ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan. Akhirnya, dapat membantu membakar kalori dalam tubuh secara maksimal.

Karenanya, jalan kaki selama 30 menit setiap hari akan membantu mengoptimalkan mengimbangi diet Anda untuk menurunkan berat badan.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tak hanya membantu menjaga kesehatan fisik, berjalan kaki secara rutin pun dapat meningkatkan kesehatan mental. Berbagai penelitian menjelaskan bahwa jalan kaki bisa membantu mengurangi stress, serta melawan efek kecemasan. 

Ini karena jalan kaki diketahui dapat menurunkan pelepasan kadar hormone kortisol dalam tubuh, yang dikenal juga sebagai hormone stress.

 

5. Memperkuat Otot dan Tulang

Jalan kaki secara rutin tiap 30 menit per hari dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot kaki Anda. Bahkan, melansir dari Siloamhospitals.com, jalan kaki bisa menurunkan risiko terkena osteoporosis. 

 

6. Meningkatkan Keseimbangan Jalan Kaki

Berjalan kaki secara rutin juga dapat melatih keseinbangan tubuh. Hal ini sangat penting untuk Anda, terlebih pernah mengalami cedera di masa lalu. Sebab, jalan kaki santai dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot Anda.

 

7. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Selanjutnya, manfaat jalan kaki rutin selama 30 menit tiap hari juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan. Ini karena jalan kaki dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah, serta membantu melatih paru-paru. 

Sebab saat Anda menarik napas lebih dalam dan lebih baik, masalah pernapasan juga dapat diminimalisir.

 

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jalan kaki ini bisa Anda dapatkan secara maksimal dengan berjalan kaki di pagi hari. Terutama saat sinar matahari telah muncul, namun tidak dalam kondisi terpanasnya.

Sebab, hal ini akan mengoptimalkan proses sintesis vitamin D yang bisa membantu mendorong sistem kekebalan tubuh. Bahkan, melansir dari Siloamhospitals.com, dikatakan bahwa terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa jalan kaki yang dilakukan selama 30–45 menit. Sebab aktivitas ini dapat mempercepat proses penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas.

 

9. Mengatur Gula Darah

Selain baik untuk diet, jalan kaki rutin juga bisa membantu Anda menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Apalagi jika Anda jalan kaki setelah makan, yang diketahui dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes. Juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara umum.

 

10. Meningkatkan Energi

Kalau Anda merasa mudah ngantuk dan tak bersemangat, mungkin Anda kurang beraktivitas. Karenanya, jalan kaki bisa jadi solusi untuk mengurangi masalah itu,

Sebab, jalan kaki dapat melancarkan aliran oksigen di dalam tubuh. 

Serta dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, sehingga mampu meningkatkan energi yang hilang dari tubuh.

 

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat jalan kaki 30 menit secara rutin untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Melansir dari klikdokter.com, hal ini terjadi karena berjalan kaki secara rutin membuat Anda cenderung aktif secara fisik. Sehingga membuat tubuh merasa capek dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

 

Tips untuk Memaksimalkan Manfaat Jalan Kaki

Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda pasti setuju bahwa jalan kaki memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan patut untuk dicoba secara rutin. 

Nah, berikut ini ada tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh, Apa saja?

 

1. Gunakan Sepatu yang Tepat

Selalu perhatikan alas pakai yang Anda gunakan, apalagi untuk berjalan kaki selama 30 menit dan rutin setiap hari. Alas kaki yang tidak nyaman, hanya akan membuat kaki Anda rentan mengalami lecet, cedera, juga membuat ketegangan pada otot Anda.

Anda bisa memilih sepatu dengan bantalan yang nyaman, tidak terlalu tinggi dan dapat melindungi kaki Anda dengan baik.

 

2. Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh saat berjalan kaki juga perlu diperhatikan, karena ketika Anda menerapkan postur tubuh yang baik Ketika berjalan, maka pengaturan napa pun akan lebih mudah. Selain itu, otot akan bisa bergerak dengan lebih leluasa.

Berikut ini beberapa cara menerapkan postur tubuh yang baik saat jalan kaki, seperti:

  • Berdiri dengan tegak.
  • Pastikan tubuh tidak condong ke depan atau ke belakang.
  • Posisikan bagian punggung harus dalam posisi lurus dan tegak.
  • Arahkan pandangan ke depan, serta tidak menunduk ke bawah agar tidak membebani leher.

 

3. Mulailah Perlahan

Jika sebelumnya Anda tidak begitu aktif secara fisik, memilih berolahraga memang keputusan terbaik. Akan tetapi, Anda tidak perlu langsung memaksakan diri untuk melakukan latihan berat di hari pertama. Begitupun saat akan berjalan kaki secara rutin.

Anda bisa mengatur durasinya menjadi pendek terlebih dahulu, misalnya 15–30 menit. Lakukan di pagi hari yang suasananya lebih dingin dan sepi, sehingga aktivitas jalan kaki jadi lebih nyaman.

 

4. Oleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Modern ini banyak orang yang menghindari aktivitas fisik, karena tidak ingin merasa kelelahan di malam hari. Padahal ada solusi ideal untuk mengatasi rasa pegal karena olahraga tersebut, yakni Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On.

 

 

Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On mengandung bahan-bahan herbal premium yang dapat memberikan sensasi panas dan nyaman di kaki Anda. Bahan tersebut adalah menthol, camphor, patchouli oil, dan methyl salicylate

Selain itu, penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah berikut:

  1. Langsung oleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On pada area kaki yang merasa pegal, rasakan sensasi panas yang menenangkan pada kaki Anda.
  2. Berikan pijatan yang lembut pada kaki, dimulai dari bagian telapak kaki hingga ke betis, lutut, dan paha Anda.

 

5. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan dan pendinginan sangat penting untuk Anda yang berniat untuk melakukan olahraga. Pemanasan akan membantu mencegah otot menjadi tegang dan menurunkan risiko cedera saat berolahraga.

Sementara pendinginan membantu melemaskan atau merelaksasi otot serta kaki, sehingga Anda bisa istirahat dengan nyenyak dan tidak terganggu karena nyeri otot di tengah malam.

 

Setelah menyimak 11 manfaat jalan kaki selama 30 menit secara rutin di atas, juga cara memaksimalkannya, apakah Anda berniat mencobanya?

Jangan lupa untuk selalu sedia Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On di rumah dan gunakan untuk merelaksasi otot yang tegang setelah olahraga. Anda dapat membeli produk Safe Care ini dan varian lainnya di toko terdekat dari rumah Anda!

 

Sumber:

  1. 8 Manfaat Jalan Kaki secara Rutin, Menjaga Kesehatan Tubuh!. Siloam Hospitals. Diakses 2024
  2. 7 Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh. Alodokter. Ditinjau oleh dr. Sienny Agustin. Diakses 2024
  3. Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan. Klik Dokter. Ditinjau oleh dr. Rio Aditya. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar