Apa Sih Manfaat Olahraga Sepeda bagi Kesehatan?

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



manfaat-olahraga-sepeda

Selain jadi hobi yang menyenangkan, olahraga sepeda bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi kalau Anda menerapkan tips mengoptimalkan manfaat bersepeda bagi kesehatan, yang akan dibahas lengkap dalam artikel ini. Penasaran?

Bersepeda pada dasarnya jenis olahraga yang santai dan bisa jadi pilihan buat Anda yang suka berkeliling ke berbagai tempat. Anda pun tidak memerlukan alat-alat yang rumit untuk bersepeda, cukup helm untuk keselamatan dan sepeda yang berfungsi dengan baik.

Bersepeda juga termasuk olahraga low-impact exercise, yang sering direkomendasikan bagi pemula, seseorang yang memiliki obesitas, atau rentan mengalami cedera.

Sebab olahraga ini sangat mudah dilakukan dan minim risiko cedera. 

Selain itu, ada banyak manfaat lain dari olahraga sepeda untuk Kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya, Safeian!

 

Manfaat Olahraga Sepeda bagi Kesehatan

Sebagai salah satu olahraga favorit masyarakat, berikut ini 10 manfaat bersepeda bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

 

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat olahraga sepeda yang pertama adalah menjaga Kesehatan kardiovaskular. Hal ini terjadi karena bersepeda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sehingga dapat meminimalkan terjadinya penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Karenanya, risiko untuk terkena penyakit jantung pun akan berkurang.

 

2. Meningkatkan Kekuatan dan Ketahanan Otot

Sama halnya dengan jalan kaki dan lari, bersepeda pun memungkinkan Anda untuk menggunakan seluruh bagian tubuh dalam gerakannya. Hal inilah yang kemudian membantu meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot Anda.

Secara spesifik, menurut Alodokter.com, bersepeda dapat membantu memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, lengan, perut, hingga bahu. 

 

3. Mengurangi Stres pada Sendi

Selain pada otot, bersepeda secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengurangi stres pada sendi. 

Menurut Hellosehat.com, dikatakan bahwa bersepeda disarankan untuk dilakukan bagi penderita nyeri sendi dan kekakuan tubuh bagian bawah, yang berkaitan dengan usia.

Olahraga ini pun bisa Anda lakukan dengan cukup intens, sehingga tidak perlu khawatir akan membebani sendi Anda.

 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berdiet. Ini karena olahraga sepeda dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolism tubuh Anda. 

Namun, untuk membuat manfaat ini lebih optimal, bersepeda pun harus Anda imbangi dengan menerapkan kebiasaan sehat lainnya. Seperti mencukupi kebutuhan cairan tubuh, beralih pada menu makanan yang sehat dan tidak diproses pabrik, serta tidur dengan cukup.

 

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Sudah bukan rahasia lagi, kalau bersepeda bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental. Sebab, kadar hormone stress dalam tubuh akan menurun ketika Anda bersepeda. Aktivitas fisik ini juga akan membantu menghasilkan lebih banyak hormone dopamine yang membuat Anda merasa lebih segar dan senang.

Hormon dopamine sendiri berfungsi untuk membantu meningkatkan rasa Bahagia, menekan perasaan stress, depresi, dan gangguan kecemasan.

 

6. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan keseimbangan tubuh. Sebab, saat bersepeda Anda akan berupaya menjaga keseimbangan agar dapat melaju dengan baik dan tidak terjatuh.

Upaya menjaga keseimbangan ini pun memiliki dampak yang baik pada postur tubuh dan koordinasi anggota badan Anda.

Apalagi, keseimbangan dan koordinasi tubuh akan cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Kondisi ini bahkan lebih sering terjadi pada orang yang jarang berolahraga.

 

7. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Bersepeda, sebagai salah satu olahraga aerobic, bisa membantu meningkatkan toleransi tubuh terhadap latihan, meningkatkan kekuatan otot pernapasan, mengoptimalkan volume dada, serta meningkatkan pertukaran udara di paru-paru. 

Hal inilah yang kemudian membuat bersepeda dapat secara efektif meningkatkan laju dan fungsi pernapasan paru-paru.

 

8. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Selanjutnya, bersepeda pun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis. Ini karena bersepeda dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara umum, mulai dari kardiovaskular, sistem pernapasan, otot, tulang, hingga membantu daya imun bekerja optimal.

 

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telah kita singgung sebelumnya, bahwa olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Melansir jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya pada 2021 lalu, disebutkan bahwa bersepeda bisa memberikan efek positif bagi sistem imun tubuh. 

Manfaat ini didapat karena bersepeda mampu meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, membantu pengoperasian jantung untuk lebih hemat dengan bekerja lebih efektif. 

 

10. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bersepeda secara rutin juga dapat membantu tidur Anda lebih berkualitas, loh. Ya, ini terjadi karena ketika Anda berolahraga tubuh akan terasa lelah, sehingga mudah untuk terlelap.

Akan tetapi, baiknya hindari bersepeda mendekati Waktu tidur, ya. Hal ini justru akan membuat Anda kesulitan untuk tidur.

 

Tips untuk Bersepeda yang Aman dan Efektif

Setelah menyimak apa saja manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan di atas, Anda pasti setuju kalau aktivitas ini sangat worth it untuk diterapkan.

Nah, agar aman dan mendapatkan efek yang maksimal, Anda bisa menerapkan beberapa tips bersepeda berikut ini:

 

1. Gunakan Helm

Keselamatan adalah hal utama, termasuk Ketika Anda akan bersepeda. Meski tergolong sebagai jenis olahraga yang minim cedera, bukan berarti Anda mengabaikan keselamatan diri.

Kecelakaan dapat terjadi karena faktor eksternal, jadi jangan lupa untuk membekali diri Anda dengan pengaman, seperti menggunakan helm. Penggunaan helm akan melindungi kepala dari cedera berat ketika Anda terjatuh, terbentur, atau mungkin tertabrak saat bersepeda.

 

2. Pastikan Sepeda dalam Kondisi Baik

Selanjutnya, Anda pun harus memastikan sepeda dalam kondisi yang baik. Hindari mengendarainya bila terjadi kerusakan pada rem, setir, atau bagian sepeda lainnya yang bisa menyebabkan kecelakaan.

 

3. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Selain helm, Anda pun bisa menggunakan perlengkapan yang tepat saat bersepeda. Seperti menggunakan pelindung siku dan lutut, juga memakai sepatu yang nyaman.

Tak hanya menghindarkan diri dari dampak yang fatal akibat kecelakaan, hal ini juga akan membantu Anda untuk tetap nyaman saat bersepeda.

 

4. Perhatikan Lalu Lintas

Saat bersepeda Anda pun harus memperhatikan dan mematuhi aturan lalu lintas. Ambil sisi kiri ketika bersepeda di jalan raya, jangan bersepeda terlalu rangkap dan memakan jalan.

Anda pun harus memastikan tetap bersepeda di jalur yang disediakan. Bila tidak ada, baiknya jangan mengambil hak pejalan kaki dengan bersepeda di trotoar.

 

5. Mulailah Perlahan

Meski tak masalah untuk dilakukan secara intens, namun di pertama kalinya, Anda tidak disarankan untuk langsung berolahraga sepeda dengan berat. Mulailah dengan latihan ringan dan durasi yang tak begitu panjang.

 

6. Hidrasi yang Cukup

Saat bersepeda tubuh akan kehilangan banyak cairan, karena gerakannya yang aktif. Karena itu, pastikan Anda tidak kehilangan fokus dengan mencukupi hidrasi tubuh. Bawa bekal air minum secukupnya dan ambil jeda selama beberapa menit untuk beristirahat saat Anda merasa sangat kelelahan.

 

7. Bawa Selalu Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Sama halnya dengan olahraga lain, bersepeda pun bisa menyebabkan nyeri karena ketegangan otot dan kelelahan. Karenanya, selalu sedia Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On yang dapat merelaksasi ketegangan otot dan meredakan nyeri sendi.

Mengandung ekstrak menthol, camphor, methyl salicylate, dan patchouli oil, minyak angin Safe Care ini akan memberikan rasa panas yang dapat menyebar serta merasuk dengan optimal pada kulit Anda. Sehingga menimbulkan sensasi melegakan dan menenangkan pada rasa nyeri di persendian, otot, dan tulang Anda.

 

 

Selain itu, karena hadir dalam kemasan 10 ml dan aplikator yang fungsional, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On sangat mudah dibawa kemana saja dan digunakan kapanpun Anda membutuhkannya.

Bagaimana? Sudah punya Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On di rumah?

Yuk, beli minyak angin Safe Care ini dan varian lainnya di toko atau swalayan terdekat dari rumah Anda!

 

Sumber:

  1. 9 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Anda. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan. Diakses 2024
  2. 10 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh. Alodokter. Ditinjau oleh dr. Merry Dame Cristy Pane. Diakses 2024
  3. Apa Saja Manfaat yang Didapat dari Bersepeda?. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses 2024
  4. Manfaat Sehat di Balik Bersepeda. Klik Dokter. dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc. Diakses 2024
  5. AKTIVITAS OLAHRAGA BERSEPEDA PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN TUBAN. S1 Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya. Yoggivani Alfatiyano Zhanssen Alfirdaus & Indra Himawan Susanto. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar