Cara Menenangkan Pikiran Agar Bisa Tidur

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



cara-menenangkan-pikiran-agar-bisa-tidur

Overthinking bisa menyebabkan banyak pikiran buruk datang dan membuat hati menjadi gelisah. Akibatnya, Anda pun akan sulit tidur dan siklus istirahat jadi terganggu. Lantas, bagaimana cara menenangkan pikiran yang efektif agar bisa tidur nyenyak?

Tidur tepat waktu dan berkualitas sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Selain itu, istirahat yang berkualitas juga akan membantu mengembalikan energi yang hilang agar kembali segar keesokan harinya.

Akan tetapi, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur bila pikiran tidak tenang. Kondisi ini dapat terjadi ketika Anda sedang stress atau memiliki banyak masalah.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, tentu akan berpengaruh pada Kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karenanya, lewat artikel ini Safe Care akan berbagi cara menenangkan pikiran agar bisa tidur nyenyak. Apa saja?  

 

1. Buat Rutinitas Tidur yang Teratur

Langkah pertama, Anda bisa mulai dengan membuat rutinitas tidur yang teratur. Melansir dari Hellosehat.com, menerapkan uatu utinitas sebelum tidur diketahui dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang. Selain itu, rutinitas pun dapat membantu tubuh Anda menyadari bahwa aktivitas berikutnya yang harus dilakukan adalah tidur.

Rutinitas ini dapat berupa apa saja, yakni membaca buku, mendengarkan musik, hingga melakukan peregangan ringan. Namun, penting untuk memastikan bahwa rutinitas ini dilakukan di waktu yang sama setiap hari untuk membentuk kesedaran dan kebiasaan yang diinginkan.

 

2. Menenangkan Pikiran Agar Bisa Tidur

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk menenangkan pikiran sebelum tidur, misalnya lewat meditasi. Sudah banyak diakui, bahwa meditasi sebelum tidur menjadi salah satu cara ampuh untuk membuat pikiran Anda tenang.

Meditasi juga tidak memerlukan gerakan khusus, atau persiapan-persiapan yang merepotkan. Anda hanya perlu menciptakan ruang yang nyaman, kemudian mengkondisikan diri dan pikiran Anda dalam keadaan paling rileks. 

Anda pun bisa menenangkan pikiran lewat mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan kondisi hati, bernada lembut, dan dapat membuat perasaan Anda lebih baik. 

 

3. Kurangi Paparan Layar Sebelum Tidur

Tahukah Anda, bahwa sinar biru dari gadget dan perangkat elektronik lainnya dapat membuat Anda sulit tidur. Ini karena cahaya biru tersebut dapat menghambat produksi hormon melatonin. Sehingga akan membuat Anda lebih terjaga, yang akhirnya dapat menyulitkan proses tidur Anda. 

Selain itu, pancaran sinar ini juga akan menghambat fase tidur REM. Padahal, fase ini sangat penting untuk memulihkan fungsi kognitif otak dan kestabilan emosi Anda.

 

4. Lakukan Teknik Relaksasi

Cara menenangkan pikiran agar bisa tidur selanjutnya adalah dengan melakukan teknik relaksasi. Pada dasarnya ada banyak jenis teknik relaksasi yang bisa Anda praktekkan, misalnya dengan melakukan yoga secara teratur, melatih pernapasan, meditasi, dan banyak lainnya.

Melatih pernapasan adalah salah satu teknik relaksasi yang patut untuk Anda coba, karena mudah dan tak memerlukan alat-alat khusus. Langsung simak panduan relaksasi pernapasan agar tidur nyenyak:

  • Pertama tarik napas dalam-dalam melalui hidung, secara perlahan atau 4 detik.
  • Kemudian tahan napas Anda selama 7 detik.
  • Lalu keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut dengan hitungan 8.
  • Anda dapat mengulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali hingga merasakan rileks pada tubuh dan pikiran Anda.

Saat melatih pernapasan ini, penting bagi Anda untuk berkonsentrasi pada tubuh. Batasi pikiran Anda untuk tidak memikirkan hal-hal lain, baik itu yang berkaitan dengan masalah pekerjaan, percintaan, apalagi pikiran negatif yang mengganggu.

 

5. Membaca Buku atau Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Membaca buku dan mendengarkan musik pada dasarnya sangat umum dilakukan untuk menenangkan pikiran. Sebab membaca buku secara efektif dapat menurunkan tingkat stress, sehingga tubuh menjadi lebih rileks. 

Begitu pula dengan mendengarkan musik, yang dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda. Serta dapat menjadi pengantar tidur yang menenangkan dan lembut.

Akan tetapi, pastikan Anda mendengarkan music lewat speaker dan bukannya lewat earphone maupun headset. Sebab, menggunakan earphone ataupun headset saat tidur mampu meningkatkan risiko terjadinya cedera dan infeksi pada telinga Anda.

 

6. Mengatur Kamar Tidur

Kerapian kamar tidur seringkali diabaikan dan kadang tidak dianggap begitu penting. Padahal situasi kamar tidur Anda sangatlah berpengaruh pada kenyamanan istirahat dan kualitas tidur malam Anda.

Selain menjaga kerapian kamar, Anda juga bisa menciptakan lingkungan yang menenangkan untuk membuat tidur lebih berkualitas. Seperti mematikan lampu kamar, putar music super lembut untuk pengantar, dan nyalakan penyejuk ruangan.

Anda juga bisa mematikan notifikasi smartphone Anda, sehingga Anda tidak akan terganggu oleh pemberitahuan yang masuk ke dalam ponsel Anda.

Bahkan para ahli kesehatan pun menyarankan untuk selalu memperhatikan detail-detail ruang tidur di atas Anda agar terasa nyaman. Ini karena, ketika ruang kamar tidur tampak nyaman dan bersih, maka akan lebih mudah juga bagi otot Anda merasa rileks dan tidur akan bisa lebih cepat serta nyenyak.

 

7. Hindari Konsumsi Kafein dan Alkohol

Agar tidak overthinking dan kemudian sulit tidur karena banyak pikiran, baiknya Anda menghindari konsumsi kafein maupun alkohol. Kafein diketahui dapat membuat Anda terjaga dan susah tidur, karenanya Anda tidak dianjurkan untuk meminum kafein sejak 4 jam sebelum tidur.

Sementara itu, melansir dari Klikdokter.com, meminum alkohol dalam jumlah besar dapat merusak gen yang terlibat dalam siklus tidur secara permanen. Sehingga akan sangat mengganggu periode istirahat malam Anda, yang juga akan berdampak pada kesehatan tubuh secara umum.

Selain itu, alcohol pun dapat membuat peminumnya sulit mencapai tidur nyenyak dan dalam, atau yang disebut juga sebagai fase REM. 

 

8. Menggunakan Safe Care Minyak Angin Lavender

Selain menerapkan ketujuh cara menenangkan pikiran agar bisa tidur nyenyak di atas, Anda pun dapat menggunakan Safe Care Minyak Angin Lavender untuk membuat istirahat malam jadi lebih berkualitas. Kok bisa?

Kombinasi camphor, menthol, dan lavender oil dalam Safe Care Minyak Angin Lavender dapat bekerja sebagai antidepresan dan mampu menenangkan saraf tubuh. 

 

 

Apalagi aroma lavender dari minyak angin Safe Care ini dapat memberikan ketenangan dan membuat mood menjadi lebih baik. Akibatnya tidur akan terasa lebih nyenyak dan Anda akan memperoleh istirahat berkualitas sepanjang malam.

More than anything, sensasi menyegarkan dan hangat di kulit berkat menthol serta camphor juga dapat berperan penting untuk menambah kenyamanan Anda. Keduanya dapat membantu merelaksasi ketegangan otot, meredakan nyeri di kepala karena stres dan banyak pikiran, serta memberikan rasa hangat yang khas di kulit Anda.

Selain itu, produk minyak angin Safe Care ini juga sangat mudah diaplikasikan. Anda dapat menghirupnya untuk fokus pada aroma lavender yang lembut dan calming. Serta mengoleskannya pada pelipis, belakang leher, dan bagian tubuh yang nyeri untuk merasakan efek menenangkan pada otot tubuh yang kaku.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan Safe Care Minyak Angin Lavender untuk  mengatasi masalah susah tidur karena banyak pikiran?

Yuk, langsung beli produknya di toko atau swalayan terdekat dari rumah Anda!

 

Sumber:

  1. Rokok dan Alkohol, Penyebab Gangguan Tidur yang Lebih Parah. Klik Dokter. Diakses 2024
  2. 7 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran Sebelum Anda Pergi Tidur. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri. Diakses 2024
  3. Jangan Sampai Banyak Pikiran Membuat Susah Tidur. Alodokter. Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar