Apa Saja Persiapan Naik Motor Malam Hari?

Minggu, 15 September 2024 | Safecare Admin



persiapan-naik-motor-malam-hari

Sering kerja lembur dan pulang malam? Sebagai pengendara motor, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk naik motor di malam hari. Apa saja?

Berkendara di malam hari memerlukan banyak kehati-hatian. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan diri, baik dari kemungkinan adanya aksi kriminal, kecelakaan, maupun kesehatan tubuh.

Nah, di bawah ini ada rangkuman mengenai apa saja persiapan naik motor di malam hari yang perlu Anda lakukan. Simak ya, Safeian!

 

1. Periksa Kondisi Motor

Langkah pertama adalah mempersiapkan kendaraan Anda agar perjalanan lancar. Dalam hal ini pastikan semua aspek dalam motor Anda berada dalam kondisi prima. 

Ada tiga bagian dari motor yang harus Anda periksa kondisinya, yakni:

 

Lampu Depan dan Belakang

Lampu motor merupakan hal yang sangat krusial, karena menjadi sumber penerangan untuk berkendara di malam hari. Karenanya pastikan seluruh bagian lampu motor menyala dan dalam kondisi yang optimal. Mulai dari lampu pada bagian depan, maupun lampu belakang untuk pengendara di belakangmu.

 

Lampu Sein dan Rem

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa lampu sein dan rem bekerja dengan sangat baik. Lampu sein sangat penting untuk menjadi penanda arah yang akan Anda ambil, misalnya ke arah kiri atau ke kanan. Sehingga pengendara di belakang ataupun depan Anda, akan lebih hati-hati.

Keberadaan lampu rem juga sangat penting, sebagai sinyal untuk Anda berhenti. Sehingga pengendara di belakang Anda juga akan menerima signal tersebut, dan tidak terus melaju dan menabrak Anda dari belakang.

 

Ban

Kondisi ban juga perlu diperhatikan, sebab jika ban terlalu tipis atau kempes akan mempengaruhi keseimbangan motor. Jika motor tidak seimbang, maka kemungkinan untuk oleng dan terjatuh juga semakin besar.

 

Rem

Sementara itu, rem juga sangat krusial keberadaannya. Rem sangat penting untuk mengendalikan laju motor, apalagi selama perjalanan di area yang gelap, jarak pandang Anda bisa sangat terbatas. 

 

2. Gunakan Perlengkapan Keselamatan

Selain memantau performa kendaraan Anda, gunakan juga perlengkapan keselamatan untuk memberikan perlindungan tambahan. Beberapa perlengkapan yang dimaksud ada di bawah ini:

 

Helm

Keberadaan helm sangat penting untuk melindungi kepala Anda dari benturan ketika kecelakaan terjadi. Pastikan untuk menggunakan helm berstandar nasional atau SNI, sehingga kuat dalam melindungi kepala dan wajah Anda.

 

Jaket Reflektif

Selanjutnya, menggunakan jaket yang bisa membantu memantulkan cahaya dari lampu kendaraan lain. Manfaatnya tentu saja untuk membuat Anda terlihat jelas oleh pengendara lain di jalan. Sehingga risiko terjadi kecelakaan di malam hari pun bisa diminimalisir.

 

Sarung Tangan dan Pelindung Lutut

Menggunakan sarung tangan dan pelindung lutut juga sangat worth it ketika berkendara di malam hari. Kedua perlengkapan ini dapat membantu melindungi Anda dari benturan, meminimalisir cedera jika terjatuh dari motor, serta sarung tangan bisa melindungi tangan dari rasa dingin.

 

3. Gunakan Lampu Tambahan Jika Diperlukan

Persiapan selanjutnya untuk berkendara motor di malam hari yakni bisa dengan menggunakan lampu tambahan, jika diperlukan. Apalagi kalau Anda berkendara di lingkungan yang sangat gelap dan minim penerangan, seperti di jalan-jalan desa yang tak begitu banyak lampu jalan.

Penggunaan lampu tambahan ini dapat membantu memperluas jarak pandang Anda di dalam gelap. Sehingga memudahkan untuk menyimak bagaimana medan jalanan, serta meminimalisir terjadinya ketidakseimbangan ketika menyetir motor.

 

4. Pakai Pakaian Hangat

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan pakaian yang hangat. Sebab angin malam itu sangatlah dingin, Sobat. Bahkan tak jarang bisa membawa dampak yang sangat signifikan pada kesehatan Anda.

Melansir dari Hellosehat.com, terkena angin malam bisa sedikit-banyak berpengaruh pada sistem pernapasan Anda. 

Sebab suhu dingin di malam hari cenderung lebih dingin dan kering daripada saat sore maupun siang hari.

Anda bisa menggunakan jaket berbahan parasut yang bisa menahan angin malam. Anda juga bisa menggunakan baju tebal berlengan panjang dan celana panjang.

 

5. Perhatikan Rute yang Akan Dilalui

Selain perlengkapan di atas, Anda juga perlu memperhatikan lebih dulu rute yang akan dilalui. Selalu pilih jalan yang lebih ramai, terang, padat penduduk, serta memiliki permukaan lebih rata untuk menghindari segala kemungkinan buruk.

 

6. Kurangi Kecepatan

Berkendara di malam hari membutuhkan kewaspadaan tinggi, sebab jarak pandang Anda juga akan terbatas karena kondisi lingkungan yang lebih gelap. Karenanya, akan lebih baik untuk berkendara dengan kecepatan wajar dan hindari untuk ngebut.

Dengan begitu, Anda tidak akan terpental bila mengerem mendadak saat kaget. Juga meminimalisir terjadinya kecelakaan dengan pengendara lainnya.

 

7. Waspadai Pengendara Lain

Selanjutnya Anda juga perlu mewaspadai keberadaan pengendara lain, baik yang ada di depan maupun belakang Anda. Pastikan untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain, demi menghindari terjadinya tabrakan atau tindakan pengereman mendadak yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, Anda juga perlu waspada terhadap situasi sekitar. Bila tampak gerak gerik sekitar Anda, segeralah beralih ke lingkungan yang aman atau percepat laju motor Anda untuk menghindari tindakan kriminal.

 

8. Gunakan Lampu Jauh dengan Bijak

Selanjutnya, Anda juga perlu menggunakan lampu jauh dengan bijak. Sebab, menggunakannya secara sembarangan juga akan mengganggu pengendara lain, membuat mereka silau dan bisa memicu terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Hanya gunakan lampu jauh ketika Anda melewati rute panjang dengan pencahayaan minim, sehingga Anda bisa mendapatkan jarak pandang yang lebih luas dan pengendara di depan bisa tahu keberadaan Anda.

 

9. Jaga Konsentrasi dan Kondisi Tubuh

Langkah selanjutnya, Anda juga perlu menjaga konsentrasi dan kondisi tubuh untuk selalu fit. Hal ini sangat penting, sebab ketika terkena angin malam setelah seharian bekerja, bisa saja Anda merasa ngantuk dan mengalami micro sleep. Hal ini tentu bisa sangat berbahaya, membuat Anda jadi oleng dan terjatuh. 

Anda bisa menjaga konsentrasi dengan menyanyi, mendengarkan lagu rock sepanjang jalan, juga selalu memperhatikan kondisi sekitar. Selain itu, usahakan juga untuk berkendara dalam kondisi tubuh yang fit, sehingga Anda tidak akan mudah merasa pusing ataupun mengalami gejala kesehatan lain karena terpapar udara malam yang dingin.

 

10. Siapkan Alat-Alat Darurat/Toolkit Motor

Pada malam hari, tentu tak hanya udara dingin dan keramaian saja yang berbeda, namun di saat-saat ini tentu sulit untuk Anda menemukan bengkel motor yang buka.

Karenanya, selalu sedia toolkit atau peralatan dasar motor yang wajib Anda simpan di bagasi, seperti:

  • Kunci pas, yang dibutuhkan untuk mengecek beberapa komponen mesin motor, contohnya kunci pas nomor 1, 10, 12, serta 14.
  • Obeng, baiknya bawa obeng ukuran kecil dan pendek agar lebih praktis.
  • Tang penjepit, berukuran sedang dan mudah dibawa kemana saja.
  • Senter, yang sangat diperlukan untuk membantu memberikan penerangan Ketika Anda memeriksa mesin motor.

11. Isi Bahan Bakar Sebelum Berangkat dan Pantau GPS

Ketersediaan bahan bakar juga sangat penting ketika Anda akan berkendara motor di malam hari. Tentu tidak ada yang menarik dari pengalaman mogok di tengah jalan yang sepi dan gelap akibat bensin yang habis, bukan?

Karena itu, selalu perhatikan GPS motor Anda, untuk mengetahui ketersediaan bensin dalam tangki motor. Jangan tunggu sampai mepet, Anda harus mengisinya segera untuk menghindari hal yang t

 

12. Bawa P3K 

Membawa obat-obatan pribadi dan P3K juga sangat penting ketika Anda akan berkendara di malam hari. Keberadan keduanya sangat membantu untuk menangani situasi darurat yang tidak terduga sebelumnya.

Anda bisa membawa peralatan kesehatan seperti betadine, perban, dan semacamnya untuk penanganan luka luar.

Selain itu, Anda juga bisa membawa Safe Care Minyak Angin Woody ke dalam bagian kotak P3K Anda, loh. Produk ini dilengkapi dengan bahan-bahan herbal yang berkhasiat untuk memberikan kehangatan pada tubuh. 

Safe Care Minyak Angin Woody juga sangat mudah digunakan dan dibawa kemana saja. Anda dapat dengan cepat mengoleskannya pada perut dan dada, saat merasa kedinginan selama berkendara motor.

Selain itu, minyak angin Safe Care ini juga memiliki aroma kayu-kayuan yang khas. Serta dapat membantu memberikan relaksasi dan membuat Anda jadi lebih berkonsentrasi saat berkendara.

 

13. Perbekalan Makanan dan Minuman

Bagi Anda yang berpergian jauh, jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman. Sebab, akan sulit bagi Anda menemukan warung atau tempat makan yang buka di tengah malam.

Baiknya pilih makanan yang mudah dikonsumsi, tidak gampang basi seperti gorengan atau roti-rotian, sehingga bisa Anda makan kapan saja secara praktis.

 

Itulah 13 hal yang perlu Anda persiapkan saat akan mengendarai motor di malam hari, Sobat. Apakah Anda siap untuk memulai perjalanan malam Anda?

 

 

Jangan lupa untuk selalu sedia Safe Care Minyak Angin Woody untuk menemani perjalanan Anda di malam hari. Sensasi hangatnya yang khas akan mampu menembus kulit, dan menyebarkan rasa panas yang nyaman di kulit dan menangkal hawa dingin di malam hari.

Sementara aromanya akan membuat Anda merasa aman dan menaikkan mood Anda saat bersepeda motor di malam hari. Fungsional, bukan?

Yuk, beli  Safe Care Minyak Angin Woody di toko dan swalayan terdekat sekarang juga!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar