Yuk Kepoin! List Peralatan Mendaki Untuk Pemula

Senin, 16 September 2024 | Safecare Admin



peralatan-mendaki-untuk-pemula

Mendaki gunung dan melihat hamparan pemandangan yang megah, tentu sangat membantu me-refresh otak dan emosi untuk menjadi lebih segar. But for beginners, mendaki nggak boleh asal-asalan. Anda perlu tahu apa saja peralatan mendaki yang perlu dimiliki dan dibawa oleh pemula.

Pada dasarnya, semua pendaki itu wajib memerhatikan perlengkapan pendakian. Baik itu pemula maupun yang sudah veteran di bidang ini.

Peralatan mendaki gunung yang dibawa pun baiknya lengkap dan sesuai dengan standar kelayakan. Sehingga aktivitas pendakian akan berjalan lancar, dan Anda Bersama rekan-rekan pendakian dapat terhindar dari berbagai hal yang berbahaya.

Nah, berikut ini, Safe Care merangkumkan apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk para pemula. Catat, ya, Sobat!

 

1. Perlengkapan Utama

Jenis perlengkapan yang harus Anda bawa pertama adalah yang masuk dalam kategori penting dan basic, meliputi outfit yang dikenakan. Bukannya soal gaya, namun ketahanan dan jenis bahan yang digunakan dalam produk-produk khusus pendakian tentu sangat berbeda dengan yang umum.

Karenanya, Anda juga perlu mempertimbangkan membeli perlengkapan seperti tas, sepatu gunung, jaket, celana, hingga sarung tangan dan kaos kaki yang khusus digunakan untuk pendakian.
Safeian bisa langsung menyimak ulasannya di bawah ini:

 

Tas Carrier/Ransel Gunung

Membeli tas carrier atau ransel gunung juga sangat penting. Sebab, Anda perlu membawa banyak barang bawaan yang cukup berat selama pendakian. Seperti minuman, pakaian ganti, sleeping bag, dan banyak lainnya.

Karenanya, tas yang didesain khusus untuk dapat menanggung beban berat dan tahan suhu dingin sangatlah penting. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan fitur anti air, yang bisa melindungi isi dari tas dari guyuran air hujan atau embun pagi.

Tas gunung sendiri memiliki model yang sangat beragam, mulai dari ukuran 45 L sampai 100 L, yang paling besar. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan, serta lamanya pendakian yang ditargetkan.

 

Sepatu Gunung

Diciptakan khusus untuk para pendaki agar tetap nyaman dalam perjalanan, Anda juga perlu membeli sepatu gunung sebagai perlengkapan.

Sepatu gunung sendiri didesain dengan fitur-fitur yang sangat fungsional. Fitur yang dimaksud seperti kedap air, memiliki karet Bawah sepatu yang kuat, bergerigi, serta cocok untuk segala medan, juga berbahan kuat dan nyaman.

 

Jaket Gunung

Selanjutnya, Anda juga tidak boleh lupa untuk membawa jaket gunung. Biasanya jaket gunung menggunakan bahan-bahan yang mampu menjaga kehangatan tubuh, namun memiliki fitur waterproof dan windproof. Sehingga dapat melindungi tubuh Ketika angin gunung yang dingin menerpa Anda, ataupun gerimis kecil mulai berguyuran.

 

Celana Mendaki

Memilih celana yang tepat untuk naik gunung juga sangat penting. Pastikan untuk menggunakan celana yang nyaman dan fungsional.

Pendaki umumnya menggunakan celana kargo dan quick dry. Celana cargo memiliki bahan yang kuat dengan fitur saku yang banyak dan besar, memungkinkan Anda mengantongi makanan atau barang-barang penting yang tak semua bisa dimasukkan ke dalam tas.

Sementara itu, celana quick dry ini memiliki fitur cepat kering dan juga hadir dengan saku-saku yang dilengkapi resleting. Sangat cocok dengan lingkungan gunung yang cenderung basah karena embun dan gerimis.

 

Kaos Kaki Tebal

Jangan lupa juga untuk menggunakan dan membawa cadangan kaos kaki tebal. Tak hanya melindungi kaki Anda untuk melalui medan terjal, kaos kaki yang tebal dan bersih juga akan membuat istirahat Anda di tenda menjadi lebih hangat dan nyaman.

 

Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan item yang sangat penting, karena semakin tinggi pendakian yang Anda lakukan, maka udaranya juga akan bertambah dingin. Keberadaan sarung tangan dan kaos kaki akan membantu menjaga tubuh Anda jadi lebih hangat/

 

Topi atau Buff

Membawa topi dan kupluk juga tak kalah penting, fungsinya untuk melindungi kepala Anda dari teriknya matahari dan dinginnya angin malam.

 

2. Perlengkapan Tidur

Setelah selesai dengan outfit, maka Anda juga perlu melengkapi perlengkapan tidur. Seperti tenda, sleeping bag, dan matras.

 

Tenda

Item ini wajib banget untuk Anda bawa. Karena di dalam tendalah nanti Anda dan rekan-rekan pendaki beristirahat serta berlindung saat berada di atas gunung.

Ada banyak jenis tenda yang bisa Anda pilih, ukurannya juga sangat beragam. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, berat, dan model yang cocok.

 

Sleeping Bag (Kantong Tidur)

Selanjutnya, Anda juga perlu membawa sleeping bag. Kalau tenda memberikan ruang perlindungan bagi Anda saat di alam terbuka, maka sleeping bag bisa memberikan Anda kehangatan dan rasa nyaman ketika tidur.

Sleeping bag biasanya terbuat dari dua jenis bahan dasar, yakni bulu angsa dan serat sintetis. Namun, dari berbagai sumber, dikatakan bahwa serat sintetis memiliki sifat yang lebih awet. Tetapi jika dilihat dari kehangatannya, bulu angsa lebih unggul.

Anda bisa memilih jenis sleeping bag sesuai dengan kebutuhan, ya!

 

Matras

Matras juga nggak boleh ketinggalan, nih, Sobat. Fungsi utama dari item ini adalah sebagai alas untuk duduk maupun tidur. Sehingga badan tidak akan langsung bersentuhan dengan dinginnya permukaan tanah.

Kalau Anda ingin membawa matras, pastikan untuk memilih yang permukaannya tebal. Sehingga matras tersebut akan terasa lebih nyaman dan aman etika digunakan.

 

3. Peralatan Masak

Sumber pangan dalam bertahan hidup di ruang terbuka adalah hal yang sangat penting. Karenanya, Anda perlu membawa peralatan masak yang praktis dan fungsional ketika akan melakukan pendakian.

Beberapa peralatan yang dimaksud dapat Anda simak di bawah ini, Sobat!

 

Kompor Portable

Kompor portable merupakan perangkat masak yang dirancang khusus untuk memudahkan para traveler. Sehingga ukuran, cara penggunaan, serta keberadaan bahan bakarnya pun dibuat sangat praktis.

 

Gas atau Bahan Bakar Cadangan

Selanjutnya Anda juga perlu membawa gas atau bahan bakar cadangan, yang sangat penting digunakan untuk membantu menyalakan api unggun dan memasak makanan.

 

Panci dan Alat Masak

Anda juga bisa membawa panci dan alat masak yang fungsional. Misalnya panci untuk merebus air, memasak mi instan, dan alat-alat masak sederhana lainnya.

 

Botol Air atau Hydration Bladder

Bawa juga botol air untuk menyimpan cadangan air minum, karena setiap posko pendakian tentu memiliki jarak yang tidak dekat satu sama lain. Pastikan untuk selalu terhidrasi untuk menghindari kecelakaan selama pendakian.

 

Peralatan Makan

Anda juga bisa membawa peralatan makan yang mudah dibawa kemana saja dan tidak gampang pecah. Misalnya yang berbahan stainless steel, plastik, ataupun kayu.

 

4. Pakaian Cadangan

Selain apa yang Anda kenakan saat memulai pendakian, Anda juga perlu membawa pakaian cadangan. Ini karena ketika mendaki, Anda tentu melewati medan yang tidak biasa dan mengeluarkan keringat sepanjang pendakian.

Nah, beberapa jenis pakaian cadangan yang harus Anda siapkan misalnya:

 

Pakaian Dalam Cepat Kering

Anda bisa membawa pakaian dalam yang cepat kering dan nyaman sebagai cadangan. Sebab, Anda harus bergerak aktif selama pendakian, jadi salah memilih pakaian dalam akan membuat pendakian jadi terasa tak nyaman bahkan bisa cukup mengganggu.

 

Kaos Cadangan

Anda juga perlu membawa kaos cadangan, biasanya pendaki akan membawa paling tidak 3 pasang kaos. Masing-masing akan digunakan untuk pendakian dan beristirahat. Namun jumlah ini juga bisa bertambah seiring dengan durasi pendakian dan camping yang Anda lakukan.

 

Jaket Fleece atau Sweater

Membawa cadangan jaket juga perlu, loh. Apalagi jaket fleece dan sweater, keduanya sangat cocok digunakan untuk di malam hari dan untuk pendakian karena membantu menjaga tubuh tetap dalam kondisi hangat.

 

Ponco atau Jas Hujan

Meskipun Anda mendaki bukan di musim penghujan, perlengkapan ini mesti masuk dalam naik gunung Anda. Sebab, jas hujan juga bisa berguna serupa jaket anti air, sangat cocok dengan lingkungan hutan dan pegunungan yang basah.

 

5. Peralatan Navigasi dan Keamanan

Next, peralatan super penting ketika mendaki gunung untuk pemula adalah perlengkapan navigasi dan keamanan, berikut daftarnya!

 

Peta dan Kompas

Kompas dan peta sangat penting untuk keperluan navigasi di alam bebas, termasuk ketika Anda berpetualang dan mendaki gunung.

Meskipun terkadang, para pendaki pemula juga didampingi oleh profesional yang memahami tiap jalur pendakian. Tapi tak ada salahnya untuk Anda belajar bagaimana cara menentukan arah dan membaca peta sendiri.

 

Headlamp atau Senter

Headlamp atau senter yang digunakan di kepala juga nggak kalah penting. Sebab, ketika Anda mendaki dan areanya menjadi berkabut, tentu akan sulit untuk memandang ke depan dan menggunakan senter biasa.

Inilah fungsi headlamp, yang membantu memberikan penerangan secara praktis sesuai dengan jarak dan arah pandang Anda ketika bergerak.

 

Pisau Lipat/Multitool

Pisau lipat juga penting banget untuk dibawa, akan ada saja momen dimana Anda memerlukan bantuan benda-benda tajam tersebut. Misalnya untuk memasak, memotong tali yang menghambat pergerakan, memotong perban, dan banyak lainnya.

 

Peluit Darurat

Baik pendaki pemula maupun berpengalaman, peluit darurat nggak boleh ketinggalan. Ketika mendaki gunung akan ada saja kemungkinan terjadi kecelakaan, faktornya pun bisa sangat beragam. 

Sehingga ketika Anda dalam posisi yang tidak menguntungkan atau membahayakan itu, Anda bisa meniup peluit darurat sebagai signal untuk meminta bantuan.

 

Tali Paracord

Tali juga amat diperlukan pada setiap pendakian, tak peduli Anda pemula atau berpengalaman. Fungsinya pun sangat beragam, mulai dari membuat jemuran pakaian, membantu naik turun tebing, mengikat flysheet ke pasak, dan banyak lainnya.

 

6. Peralatan Kesehatan dan Kebersihan

Nggak boleh ketinggalan, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan kesehatan dan kebersihan saat akan mendaki. Apa saja?

 

P3K (Pertolongan Pertama)

Pertama, kotak P3K yang berisikan betadine, perban, obat pereda nyeri, juga berbagai obat-obatan dasar lainnya untuk mengatasi luka atau cedera fisik.

 

Tabir Surya (Sunscreen)

Melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari juga perlu, gunakan tabir surya untuk membantu mencegah kulit terbakar sinar matahari.

 

Lip Balm

Udara dingin di gunung bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, hal ini tentu menimbulkan rasa tak nyaman bahkan menyakitkan. Karena itu, Anda bisa membawa lip balm (tanpa warna kalau perlu), untuk menjaga kelembapan bibir Anda.

 

Tisu Basah dan Tisu Kering

Tisu basah dan kering juga sangat penting. Fungsinya untuk membersihkan area yang terluka, sebelum Anda mengobatinya dengan betadine atau membungkusnya dengan perban.

 

Hand Sanitizer

Item ini juga sangat berguna untuk membantu membersihkan luka, juga bisa mencegah infeksi bakteri ataupun kuman ketika Anda mengobati luka yang terbuka.

 

Safe Care Minyak Angin Woody

Bisa memberikan kehangatan saat mendaki gunung, Safe Care Minyak Angin Woody juga bisa masuk dalam peralatan kesehatan yang wajib Anda bawa. Sensasi hangat yang khas dari produk Safe Care ini dapat merasuk dengan cepat hingga ke bagian dalam tubuh.

 

 

Tak hanya menghangatkan, bahan-bahan terbaik Safe Care Minyak Angin Woody juga membantu meredakan nyeri otot dan pegal-pegal setelah pendakian. Sehingga tidur Anda akan jadi lebih nyaman dan nyenyak di dalam tenda.

 

7. Makanan dan Minuman

Selain bahan makanan yang perlu diolah dan dimasak, Anda juga perlu menyediakan makanan dan minuman untuk bekal selama mendaki.

 

Makanan Instan dan Ringan

Siapkan makanan instan dan ringan yang bisa Anda konsumsi kapanpun, seperti roti-rotian, oatmeal kering, dan sejenisnya. Makanan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan energi selama mendaki.

 

Minuman Elektrolit dan Air Putih

Minuman elektrolit dan air putih juga sangat penting untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh. Sehingga Anda tidak akan mudah lelah, lemas, dan berkunang-kunang akibat dehidrasi.

 

8. Aksesori Tambahan

Anda juga bisa menambah aksesoris tambahan untuk membuat pendakian menjadi lebih mudah bagi seorang pemula. Beberapa jenis aksesoris yang dimaksud misalnya:

 

Gaiters (Pelindung Sepatu)

Aksesoris ini berfungsi melindungi sepatu dan kaki Anda, agar aman saat melintasi area berkerikil, berduri, memiliki semak basah, dan berbagai medan menantang lainnya.

 

Trekking Pole

Item ini berguna untuk membantu menyangga serta menyeimbangkan berat tubuh saat berjalan di jalur pendakian yang curam, juga sangat direkomendasikan untuk pemula. Selain itu, trekking pole juga akan sangat membantu dalam meminimalisir nyeri lutut. 

 

Trash Bag (Kantong Sampah)

Menjaga lingkungan agar tetap bersih sangatlah penting ketika Anda mendaki, karena pendaki juga merupakan pecinta alam. Karenanya, tak ada salahnya bagi Anda membawa trash bag untuk mengumpulkan sampah-sampah dari kegiatan camping dan pendakian Anda.

 

9. Peralatan Tambahan untuk Kondisi Cuaca Ekstrem

Meskipun sudah direncanakan matang dan dijadwalkan dari jauh-jauh hari, tentu kondisi alam tidak selalu berjalan sesuai kehendak kita. Ada kalanya Anda akan menemui cuaca yang ekstrem, yang membuat perjalanan pendakian jadi lebih menantang.

Pada kondisi seperti ini, Anda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan tambahan berikut ini:

 

Kacamata UV

Mendaki di bawah sinar matahari yang terik tak hanya berbahaya bagi kulit Anda, namun juga kesehatan mata. Paparan sinar UV secara berlebihan dan dalam waktu lama bisa menimbulkan kerusakan pada mata. Akhirnya akan menyebabkan penurunan kemampuan melihat warna, membuat pandangan jadi kabur, hingga meningkatkan risiko terjadinya katarak.

Karenanya, Anda bisa membawa kacamata antiradiasi sinar UV demi melindungi mata Anda selama pendakian.

 

Penutup Telinga

Udara dingin yang sangat tajam bisa juga membuat telinga berdenging dan terasa sakit, untuk hal ini Anda bisa meminimalisirnya dengan menggunakan penutup telinga. 

Nah, Safeian itu adalah 9 perlengkapan mendaki gunung untuk pemula yang perlu kamu siapkan. Apakah kamu siap untuk mendaki gunung pertamamu?!

 

Jangan lupa untuk selalu membawa Safe Care Minyak Angin Woody saat mendaki. Sifatnya yang hangat, aromanya yang khas dan menyegarkan, serta kemudahan penggunaannya sangat cocok untuk kegiatan pendakian.

Tunggu apa lagi? Langsung beli Safe Care Minyak Angin Woody di toko atau swalayan terdekat di kota Anda sekarang juga!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar