Tips Mudah Menghilangkan Kram Kaki

Senin, 16 September 2024 | Safecare Admin



menghilangkan-kram-kaki

Sebagai orang yang memiliki kesibukan tinggi, Anda pasti pernah merasakan kram kaki yang datang secara mendadak dan cukup mengganggu. Dalam situasi ini, Anda perlu menerapkan tips untuk menghilangkan kram kaki dengan mudah dan efektif. Apa itu?

Sebelumnya, kram kaki sendiri merupakan keluhan yang sangat umum terjadi dan dialami oleh masyarakat. Faktor penyebabnya pun cukup beragam, termasuk karena pemanasan yang kurang, peredaran darah tak lancar, dan banyak lainnya.

Meski seringnya terjadi di malam hari, serangan kram bisa menghampiri Anda kapanpun dan dimanapun. Karena itu langsung simak tips mudah menghilangkan kram kaki di bawah ini, ya!

 

1. Peregangan Otot

Tips menghilangkan kram kaki yang pertama adalah dengan melakukan peregangan otot. Menurut berbagai artikel kesehatan peregangan disinyalir efektif untuk membuat otot yang kram kembali normal. Anda dapat meregangkan kaki baik dari bagian telapak dan betis secara perlahan, untuk menghilangkan kram.

Lakukan peregangan otot pada bagian paha dan betis sesuai dengan petunjuk berikut ini:

 

Peregangan Otot Betis

Otot betis yang berada di bagian belakang kaki adalah area yang perlu mendapatkan banyak perhatian. Sebab, kesalahan dalam peregangan bisa meningkatkan rasa tak nyaman akibat kram, bahkan cedera.

Melansir dari Halodoc.com, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk peregangan betis:

  1. Ambil sikap berdiri menghadap ke arah tembok.
  2. Kemudian ambil kaki kanan dan arahkan ke belakang kaki kiri.
  3. Tekuk kaki kiri ke depan sambil menahan posisi kaki kanan Anda untuk tetap lurus.
  4. Kemudian pastikan tidak menekuk lutut kanan, Anda menjaga kaki kanan agar tetap lurus ke depan.
  5. Setelahnya luruskan punggung dan tahan posisi tubuh Anda ini selama 30 detik.
  6. Ulangi posisi tersebut untuk kaki sisi lainnya.

 

Peregangan Otot Paha

Selain betis, Anda juga perlu melakukan peregangan otot paha untuk menghilangkan kram kaki. Peregangan ini juga sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi dan suka olahraga dengan kakinya.

Untuk melakukan peregangan paha, Anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini:

  • Ambil posisi berdiri di dekat dinding, sebagai sandaran untuk menyeimbangkan tubuh nantinya.
  • Kemudian silangkan pergelangan kaki kiri ke belakang kaki kanan.
  • Lalu rentangkan lengan kiri Anda di atas kepala. Sambil tetap menyeimbangkan tubuh Anda dengan lengan kanan.
  • Selanjutnya contohngkan tubuh ke depan dan raih sisi kanan tubuh Anda.
  • Tahan pada posisi ini selama 30 detik, kemudian ulangi gerakan pada kaki sisi lainnya.

 

2. Pijat Area yang Kram

Selain melakukan peregangan, memberikan pijatan pada area kaki yang kram juga bisa sangat efektif untuk menghilangkan keluhan tersebut. Anda dapat melakukan pijatan ini dengan menggunakan alat pijat atau dengan tangan secara langsung. Manapun dapat memberikan efek yang sama baiknya jika Anda menerapkan teknik yang tepat.

Nahi, untuk memaksimalkan efek relaksasi pada kaki yang kram tersebut, Anda bisa menggunakan Safe Care Minyak Angin Woody saat memijat. Terbuat dari paduan bahan-bahan herbal terbaik, Safe Care Minyak Angin Woody ini memberikan rasa hangat yang mampu menyerap secara efektif hingga ke dalam kulit.

Sehingga dapat memberikan rasa yang nyaman, membantu meredakan ketegangan otot, mengurangi rasa nyeri, serta mengurangi kram kaki secara signifikan. Apalagi, Safe Care Minyak Angin Woody juga hadir dengan aroma kayu-kayuan yang lembut namun tetap menyegarkan, yang bahkan sangat membantu untuk meredakan stres.

 

3. Kompres Hangat atau Dingin

Memberikan kompres hangat atau dingin juga dapat menjadi cara menghilangkan kram kaki yang efektif. Anda dapat menggunakan kompres panas untuk meredakan otot yang tegang dan kencang. Sementara untuk menghilangkan asa sakit, Anda bisa menggunakan kompres dingin.

 

4. Menggerakkan Kaki Perlahan

Saat terkena kram kaki, Anda dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas berat yang berpotensi memperburuk situasi tersebut. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh bergerak sama sekali.

Justru Anda bisa mencoba menggerakkan kaki secara perlahan begitu rasa sakit dan tidak nyaman yang menyertai kram sudah lebih berkurang. Hal ini akan membantu Anda untuk kembali merelaksasi otot kaki yang tegang dan kaku.

 

5. Minum Air

Dehidrasi atau kondisi tubuh yang kekurangan cairan, juga termasuk sebagai salah satu penyebab kram kaki. Selain itu, saat kram tiba-tiba terjadi, jika Anda tidak memiliki asupan cairan yang cukup, maka kram tersebut bisa lebih buruk akibat dehidrasi.

Karena itu, sangat penting untuk meminum air dengan cukup untuk menghilangkan gejala kram dan mencegahnya datang kembali. Pada orang dewasa, dianjurkan untuk meminum air sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas sehari. Selain pada air putih, cairan juga Anda peroleh dalam berbagai sumber pangan, misalnya sayur dan buah yang tinggi air.

 

6. Konsumsi Makanan Kaya Elektrolit

Asupan elektrolit yang tak seimbang juga dapat menjadi penyebab kram otot, termasuk pada bagian kaki. Sebagai upaya menghilangkan kram tersebut, tentu Anda perlu memperbaiki pola konsumsi yang Anda terapkan.

Mulai sekarang Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan elektrolit seperti kelapa mudah pisang, jus buah-buahan, daging unggas, produk susu dan olahannya, serta banyak lainnya.

 

7. Lakukan Peregangan Sebelum Tidur

Tak hanya ketika akan berolahraga, melakukan peregangan ringan sebelum tidur juga sangat baik untuk kesehatan sendi dan otot Anda. Termasuk menjadikannya lebih lentur, sehat, dan mampu mengatasi kram kaki.

Melansir dari Hellosehat.com, berikut ini beberapa Gerakan peregangan yang mudah Anda terapkan sebelum tidur, seperti:

  • Gerakan paschimottanasana, yang membantu merelaksasi otot kaki, paha, betis, punggung, hingga bahu.
  • Pose bear hug, yang membantu melemaskan otot-otot bagian punggung dan bahu.
  • Legs up the wall, yang juga baik untuk punggung, bahu,  dan leher.
  • Pose reclining bound angle, yang dapat mengurangi kekakuan pada otot pinggul dan sekitar selangkangan.

 

8. Gunakan Alas Kaki yang Tepat

Cara menghilangkan kram kaki selanjutnya juga dengan menggunakan alas kaki yang tepat. Terlalu sering menggunakan sepatu berhak tinggi dalam waktu yang lama, pada dasarnya akan membuat  kaki Anda cepat lelah dan mengalami ketegangan otot. Kondisi inilah yang kemudian menimbulkan rasa nyeri, serta kram pada kaki.

Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk beralih menggunakan alas kaki yang nyaman. Terutama bila Anda perlu bergerak secara aktif setiap hari, yang mengharuskan Anda untuk berjalan ke sana atau kemari.

Pilih sepatu yang memiliki sol empuk, jahitan yang rapi agar tidak mengiritasi kulit, tidak terlalu sempit dan meruncing ujungnya, serta sangat nyaman untuk Anda gunakan bergerak seharian.

 

9. Istirahatkan Kaki

Hal paling penting dalam cara menghilangkan kram kaki adalah dengan mengistirahatkannya. Sebab bila Anda memaksakan diri untuk bekerja seperti biasanya, ini akan membuat kram bertambah parah.

Setelah mengistirahatkan diri sejenak, Anda bisa mulai menggerakkan kaki perlahan untuk melatih kesiapannya untuk bergerak.

Selain itu, gerakan-gerakan yang ringan ini akan membantu meredakan ketegangan otot setelah mengalami kontraksi akibat kram.

 

10. Suplemen Magnesium dan Konsultasi Dokter

Cara untuk menghilangkan dan mencegah kram kaki selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen magnesium serta berkonsultasi dengan dokter. Melansir dari jurnal Medizinische Monatsschrift fur Pharmazeuten, suplemen magnesium ini sangat efektif untuk membantu mengatasi kram kaki yang dialami oleh ibu hamil.

Meski demikian, klaim ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Karenanya, Ketika Anda hendak mengkonsumsi suplemen magnesium, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

 

11. Latihan Peregangan dan Penguatan Rutin

Last but not least, cara menghilangkan kram kaki selanjutnya adalah dengan menerapkan latihan peregangan dan penguatan rutin. Latihan ini sangat penting dilakukan, khususnya, pada orang yang memiliki riwayat cedera dan sangat mudah mengalami kram.

Dengan melakukan latihan peregangan dan penguatan secara rutin, Anda dapat melatih kekuatan, kelenturan, dan kesehatan otot secara umum. Anda dapat melakukan latihan-latihan sederhana dan ringan, sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

Itu adalah 11 tips sederhana untuk menghilangkan kram kaki yang bisa Anda coba di rumah. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu sedia Safe Care Minyak Angin Woody, yang diciptakan khusus untuk membantu mengurangi nyeri otot, kram kaki, ketegangan otot, dan berbagai gejala kesehatan lainnya.

Yuk, langsung beli Safe Care Minyak Angin Woody di toko atau swalayan terdekat dari rumah Anda sekarang juga!

 

Sumber Referensi:

  1. Ini yang Harus Dilakukan Saat Otot Tiba-Tiba Kram. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Rizal Fadli. Diakses 2024
  2. Yuk, Coba 6 Gerakan Peregangan Sebelum Tidur Agar Lebih Nyenyak. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus. Diakses 2024

 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar