Sambut 2020, Ini 5 Tradisi Tahun Baru di Seluruh Dunia

Jumat, 20 Desember 2019 | Safecare Admin





Tradisi tahun baru di seluruh dunia ternyata berbeda-beda, lho, Safeian! Jika di Indonesia pesta kembang api menjadi puncak perayaan, maka di beberapa negara lain ada kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarkat setempat. Nah, pastinya kamu ingin tahu, kan, seperti apa tradisi tahun baru yang diselenggarakan oleh negara-negara lain? Berikut ini Safe Care sudah merangkumkan informasinya untuk kamu.

 

Pakai pakaian dalam bewarna merah dan kuning

Safeian, tradisi tahun baru di Brazil berlangsung cukup unik. Pasalnya, masyarakat setempat memiliki kebiasaan untuk memakai pakaian dalam dengan warna merah atau kuning saat malam pergantian tahun tiba. Kedua warna ini dipercaya bisa memberikan keberuntungan bagi pemakainya di tahun baru nanti. Orang Brazil percaya, pakaian dalam berwarna merah akan membuat kamu beruntung dalam urusan cinta, sedangkan kuning akan membuat kamu beruntung dalam urusan keuangan.

 

Memasang bawang di depan pintu rumah

Menjelang pergantian tahun baru, pedagang bawang di Yunani akan kebanjiran order. Hal ini dikarenakan masyarakat Yunani akan memasang bawang di depan pintu rumah untuk mengusir kesialan atau sihir-sihir jahat yang dikirimkan oleh orang-orang tertentu. Lebih dari itu, tepat pada pagi hari di tanggal 1 Januari setiap orang tua wajib membangunkan anak mereka dengan mengetukkan bawang di kepala masing-masing anak. Cara ini dilakukan agar anak-anak bisa lebih siap menghadapi tahun baru.

 

Melemparkan piring dan gelas tua keluar rumah

Sedikit lebih ekstrem dibandingkan dengan dua negara sebelumnya, di Denmark tradisi tahun baru diwarnai dengan kegiatan melemparkan piring dan gelas tua keluar rumah. Masyarakat setempat percaya bahwa cara ini bisa mengusir roh jahat yang ada di sekitar mereka. Selain itu, tepat pada pukul 00:00 waktu setempat, seluruh masyarakat akan melompat bersama-sama sebagai simbol bahwa mereka telah melompati tahun lama dan menuju tahun yang baru.

 

Makan 12 buah anggur

Buat kamu yang suka makan buah anggur, mungkin merayakan tahun baru di Spanyol bisa menjadi pilihan yang tepat. Di malam tahun baru, masyarakat Spanyol akan mengkonsumsi buah anggur setiap jam sampai tengah malam. Uniknya lagi, ada jumlah buah anggur tertentu yang akan dimakan oleh mereka. Tradisi tahun bari di Spayol adalah dengan makan 12 buah anggur yang melambangkan jumlah bulan dalam satu tahun baru. Dengan mengkonsumsi buah anggur, orang Spanyol berharap mereka akan mendapatkan keberuntungan di setiap bulan pada tahun yang akan datang.

 

Menghias rumah dengan Kadomatsu

Di Jepang, tradisi tahun baru berlangsung secara turun temurun sejak zaman nenek moyang mereka. Menjelang pergantian tahun masyarakat setempat akan memasang Kadomatsu atau hiasan yang terbuat dari cabang pohon bambu. Hiasan tersebut kemudian dipasang di halaman rumah sebagai penyambutan kedatangan roh-roh baik di malam tahun baru. Bagi pemeluk agama Buddha yang tinggal di Jepang, mereka akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali di kuil-kuil yang ada di sana untuk mewakili setiap keinginan duniawi.

 

Wah, meriah sekali ya, tradisi tahun baru yang berlangsung di seluruh dunia! Bagaimana dengan tradisi malam pergantian tahun yang biasa kamu lakukan, Safeian? Pastikan untuk mengajak seluruh keluarga dan teman-teman agar pesta tahun baru terasa lebih meriah, ya.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar