Mengenal Tanaman Eucalyptus, Herbal dengan Ragam Manfaat Bagi Kesehatan

Sabtu, 9 April 2022 | Safecare Admin





Tanaman eucalyptus selama ini dikenal sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih. Selain itu, tanaman berdaun panjang tersebut juga sering menjadi makanan koala, satwa khas Australia. Namun tahukah kamu? Ternyata eucalyptus juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Apa saja?

Mengenal tanaman eucalyptus

Eucalyptus atau kadang disebut “leda” merupakan tumbuhan yang berasal dari Benua Australia. Namun beberapa spesiesnya juga ditemukan di Indonesia. Pohon eucalyptus hidup di iklim hangat dan tidak bisa bertahan di suhu dingin.

Tanaman yang satu ini merupakan makanan pokok berbagai satwa jenis marsupialia, termasuk koala. Namun, beberapa satwa justru menghindarinya karena minyak esensial yang ada pada eucalyptus bisa menjadi racun saat dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Berbagai manfaat tanaman eucalyptus untuk kesehatan

Meski berbahaya jika dikonsumsi langsung, eucalyptus yang sudah diolah justru mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan minyak esensial eucalyptus terbukti memberikan manfaat seperti:

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Eucalyptus kaya akan senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan sendiri diperlukan tubuh untuk mengatasi radikal bebas yang dapat menurunkan daya tahan. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan akan membuat tubuh tidak mudah sakit.

Hanya saja, daun eucalyptus tidak bisa langsung dikonsumsi karena mengandung racun. Sebagai gantinya, kamu bisa minum teh daun eucalyptus. Setelah melalui proses pengeringan, kandungan racun pada eucalyptus akan menghilang. Jadi, kamu pun bisa mendapatkan manfaatnya tanpa takut keracunan.

  1. Baik untuk sistem pernafasan

Sudah sejak lama minyak esensial dari tanaman eucalyptus dijadikan obat herbal. Minyak yang hangat tersebut pada zaman dahulu dijadikan obat untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem pernafasan. Salah satunya adalah untuk meredakan peradangan pada selaput lendir karena flu.

Minyak esensial eucalyptus merupakan ekspektoran alami yang mampu menghilangkan dahak dan lendir berlebih pada saluran pernafasan. Tanaman ini juga merupakan disinfektan sehingga mampu mencegah munculnya bakteri. Kamu yang sering mengalami gangguan pernafasan, bisa menyediakan minyak eucalyptus sebagai pertolongan pertama.

  1. Meringankan nyeri pada tubuh

Kamu sering merasa pegal setelah beraktivitas? Coba deh, gunakan olahan eucalyptus. Minyak esensial yang dimiliki eucalyptus ternyata bisa meredakan nyeri pada tubuh. Sebab, di dalamnya terkandung zat anti-inflamasi seperti limonene dan juga cineole.

Selain mengoleskan minyak langsung pada tubuh, kamu bisa mencampurnya dengan air hangat. Hirup uap yang muncul dari larutan tersebut. Tubuh pun akan terasa lebih rileks dan nyeri berkurang. Campuran air dan minyak tadi juga bisa kamu gunakan untuk merendam kaki atau bagian tubuh lain yang terasa nyeri.

  1. Mengurangi kecemasan dan stres

Tanaman eucalyptus pun ternyata juga baik untuk kesehatan mental. Selain memberikan sensasi hangat yang nyaman, minyak yang dimiliki eucalyptus juga memberikan efek relaksasi. Minyak eucalyptus sangat cocok untuk dijadikan aromaterapi atau digunakan pada humidifier (pelembap ruangan).

Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi teh eucalyptus hangat sebelum pergi tidur. Efek relaksasi dari eucalyptus akan membuat tubuh tidak tegang dan semua saraf mengendur. Peredaran darah pun menjadi lebih stabil. Hasilnya, tidur terasa lebih nyenyak dan pulas.

Kamu bisa merasakan seluruh manfaat tanaman eucalyptus dengan Safe Care EuCa. Minyak aromaterapi ini membantu meredakan sakit perut, kembung, gejala demam, mual, dan membantu menjaga tubuh tetap hangat. Selain itu, Safe Care EuCa juga ampuh mencegah gigitan nyamuk hingga 4 jam. Kemasannya pun praktis dan simpel sehingga mudah dibawa ke mana saja!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar