Apakah Manfaat Minyak Telon Bisa Dirasakan Orang Dewasa?

Sabtu, 9 April 2022 | Safecare Admin





Minyak telon adalah minyak yang biasanya dipakaikan pada bayi dan balita. Mengoleskan minyak tersebut setelah anak selesai mandi akan menghangatkan tubuhnya. Selain itu, aroma dari minyak telon sangat khas dan segar. Hanya dengan satu minyak saja setelah mandi, bayi pun tetap hangat, wangi, sekaligus segar.

Minyak telon memang dibuat khusus untuk anak. Namun karena aromanya yang khas dan sensasinya yang hangat saat dioleskan pada kulit, orang dewasa pun terkadang memakai telon. Pertanyaannya, apakah manfaat minyak telon dapat dirasakan oleh orang dewasa? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan berikut!

Kandungan yang dimilik minyak telon

Minyak telon umumnya memiliki 3 bahan utama: minyak kayu putih, minyak adas, dan juga minyak kelapa. Minyak adas merupakan minyak esensial yang didapat dari proses ekstraksi bunga adas. Bunga adas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kalsium, mangan, dan beberapa mineral juga ditemukan pada adas.

Sedangkan minyak kayu putih terbuat dari tanaman eucalyptus. Sama seperti minyak adas, untuk mendapatkan minyak kayu putih, daun eucalyptus dikeringkan dan diekstraksi. Minyak kayu putih merupakan anti-inflamasi sekaligus disinfektan alami. Untuk minyak kelapa sendiri difungsikan sebagai pelarut kedua minyak tersebut.

Bolehkah orang dewasa menggunakan minyak telon?

Meski minyak telon dibuat untuk kebutuhan bayi dan balita, orang dewasa boleh menggunakannya. Aroma minyak telon yang khas dan segar memang membuatnya menarik untuk dicoba, Selain itu, minyak yang satu ini juga memberikan efek hangat yang menenangkan tubuh.

Lalu, apakah manfaatnya tetap sama?

Orang dewasa memang bisa menggunakan minyak telon. Hanya saja manfaat yang didapat tidak akan sama. Sebab, minyak telon dibuat dengan takaran yang disesuaikan untuk kulit bayi. Komposisi minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa telah disesuaikan agar tidak melukai kulit bayi.

Jika diaplikasikan pada kulit orang dewasa tentu efeknya akan berbeda. Kamu tidak akan merasakan kehangatan yang sama dengan yang dirasakan bayi. Rasa hangat tersebut memang tetap ada, tapi pasti tidak akan bertahan lama.

Walau begitu, kamu bisa tetap menjadikan minyak telon sebagai aromaterapi. Minyak yang satu ini juga memiliki kandungan kayu putih sehingga mampu melegakan hidung tersumbat. Namun jika ingin menghangatkan tubuh, sebaiknya gunakan minyak lain yang memang untuk orang dewasa seperti minyak kayu putih.

Alternatif pengganti minyak telon

Kalau kamu ingin mendapatkan sensasi hangat yang mirip dengan minyak telon bisa beralih pada minyak kayu putih. Minyak telon sendiri memang mengandung minyak kayu putih. Namun kadarnya tidak terlalu tinggi untuk menyesuaikan kulit bayi yang sensitif.

Sedangkan untuk keperluan aromaterapi, ada banyak sekali minyak esensial yang bisa kamu coba. Misalnya, minyak lavender atau minyak bunga chamomile. Minyak kayu putih pun bisa menjadi aromaterapi karena mengandung camphor dan menthol yang mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Dari sini kamu bisa ambil kesimpulan kalau orang dewasa pun bisa menggunakan minyak telon. Hanya saja, manfaat yang didapat tentu tidak akan sama seperti bayi. Terlebih kalau kamu ingin mendapatkan rasa hangat. Sebab, komposisinya telah disesuaikan dengan kulit bayi yang memang lebih sensitif dibandingkan orang dewasa.

Dengan komposisi yang telah disesuaikan, minyak telon akan bekerja optimal pada kulit bayi. Terlebih jika telon yang digunakan juga memiliki manfaat lain, seperti Minyak Telon Plus Lavender Cap Gading. Dengan tambahan lavender oil dan jojoba oil, Minyak Telon Plus Lavender mampu menghalau gigitan nyamuk dan melembapkan kulit bayi.

 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar