5 Manfaat Obat Gosok, Tak Hanya Redakan Pegal Linu

Sabtu, 9 April 2022 | Safecare Admin





Siapa sangka, ternyata obat gosok tidak hanya bermanfaat untuk redakan pegal linu lho. Obat gosok yang diaplikasikan lewat pijatan, ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Dalam Ayurveda atau pengobatan tradisional India, memijat dengan minyak (abhyanga) merupakan suatu terapi yang digunakan untuk menjaga kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat pijat dengan menggunakan obat gosok? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini!

  1. Membantu melancarkan peredaran darah

Menggunakan obat gosok untuk memijat otot tubuh ternyata dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Nah, saat peredaran darah lancar, tubuh pun akan menerima banyak manfaat. Contoh sederhananya adalah mengurangi kelelahan dan rasa nyeri. Obat gosok juga memiliki sensasi hangat yang menstimulasi peredaran darah.

  1. Membangkitkan mood

Untuk kamu yang sedang merasa bad mood atau suasana hati tak menentu, bisa mencoba pijat dengan obat gosok. Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya tentang peredaran darah. Selain mengurangi kelelahan, nyatanya peredaran darah yang lancar juga bisa membangkitkan mood. Sebab, saat peredaran darah lancar maka distribusi oksigen ke otak pun lancar. Saat kebutuhan oksigen pada otak terpenuhi, mood pun akan membaik..

  1. Membuat tubuh menjadi lebih fleksibel

Badan sering terasa kaku? Sendi sering mengeluarkan bunyi saat digerakkan? Itu tandanya, tingkat kelenturan atau fleksibilitas tubuhmu kurang. Melakukan pijat dengan obat gosok secara rutin akan melemaskan otot-otot yang kaku dan merangsang produksi pelumas sendi alami pada tubuh. Tubuh pun jadi lebih lentur

  1. Meredakan rasa cemas

Di saat kamu stres atau merasa tegang, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Hormon tersebut bisa menimbulkan berbagai problem seperti berat badan naik, sulit tidur, hingga pusing berkepanjangan.

Memijat tubuh dengan obat gosok berbahan dasar minyak dapat menghentikan tubuh memproduksi hormon kortisol. Sebab, pijatan akan membuat tubuh lebih rileks dan masuk ke mode penyembuhan. Selain itu, pijatan juga mampu meningkatkan respons parasympathetic pada otak sehingga rasa cemas pun berkurang.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Obat gosok yang berbahan dasar minyak bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Sebab, minyak mengandung vitamin dan asam lemak yang dibutuhkan kulit. Rutin memijat tubuh dengan minyak akan membuat kulit tetap terhidrasi dan elastisitasnya pun terjaga.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Menggunakan obat gosok sebelum tidur akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Obat gosok yang diaplikasikan dengan pijatan ternyata mampu merangsang produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Serotonin sendiri merupakan hormon yang bertugas menjaga mood dan memberikan perasaan bahagia. Pijatan ringan dengan obat gosok sebelum tidur akan membuatmu cepat terlelap di malam hari.

  1. Bantu jaga sistem kekebalan tubuh

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, diketahui bahwa melakukan pijatan dengan minyak secara rutin baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sebab, saat menerima pijatan, tubuh akan merasa tenang dan nyaman. Suasana hati pun baik. Nah, kondisi tersebut ternyata akan memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Terlebih jika dilakukan secara rutin.

Selama ini obat gosok hanya dikenal sebagai solusi pegal linu. Ternyata, obat gosok yang diaplikasikan dengan pijatan punya banyak khasiat bagi tubuh. Terutama jika kamu menggunakan obat gosok berbahan dasar minyak seperti Obat Gosok Pegal Linu Hangat Cap Gading. Kandungan menthol dan camphor di dalamnya memberikan rasa hangat pada tubuh yang baik untuk sirkulasi darah.   

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar