Kenali 5 Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengatasinya

Senin, 23 Mei 2022 | Safecare Admin





Duh, pasti nggak nyaman banget rasanya ya kalau mengalami sakit mata, termasuk merah dan berair. Meskipun hampir setiap orang pernah mengalami sakit mata, bukan berarti penyebab sakit mata sulit ditemukan. Pasalnya, jika terjadi masalah pada mata, maka akibatnya penglihatan akan sangat terganggu. Kondisi ini juga akan mempengaruhi pekerjaan sehari-hari kita nih. Kira-kira apa saja penyebab sakit mata dan bagaimana cara mengatasinya, ya?


Alergi

Jika sistem kekebalan tubuh bereaksi yang berlebihan terhadap suatu zat atau alergen akan memicu timbulnya alergi pada mata. Faktor pemicu terjadinya alergi bisa bermacam-macam, misalnya asap, debu, makanan, hingga penggunaan make up di area mata.alergi mata ditandai dengan dengan rasa gatal pada mata dan area sekitarnya, mata merah, berair, serta membengkak.

Bagaimana cara mengatasinya? Hindari benda pemicu (alergen), memakai kacamata untuk meminimalisir paparan debu jalanan, kompres dengan air hangat jika sakit mata kalian disebabkan karena alergi.

Infeksi

Salah satu faktor penyebab sakit mata yang umumnya kita temui adalah infeksi pada mata yang disebabkan oleh jamur, bakteri, ataupun virus. Kondisi ini mudah menular, ketika mengalami sakit mata akibat infeksi mata akan terasa sangat gatal, merah. Penglihatan kita jelas terganggu dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika mengalami infeksi pada mata, langkah pertama yang harus dilakukan adalah kompres mata menggunakan air dingin, dan kurangi makan makanan dan minuman yang dapat memperparah inflamasi pada mata.

Konjungtivitis

Biasa dikenal dengan sebutan pink eye. Infeksi ini paling umum terjadi di kalangan masyarakat. Faktor penyebabnya adalah karena adanya bakteri, virus, dan alergi pada mata.
Konjungtivitis bakteri biasanya diobati dengan resep antibiotik dari dokter. Sedangkan konjungtivitis virus dan alergi bisa diobati dengan cara mengompres mata dengan menggunakan air dingin. Konjungtivitis ini bisa menular. Oleh karena itu, rutin mencuci tangan dan tidak berbagi handuk atau bantal dengan orang lain.


Mata kering

Pada mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi untuk menentukan kenyamanan dan kelembapan mata. Pasalnya, air mata sendiri terdiri dari komponen air yang berfungsi sebagai pelembap, minyak untuk lubrikasi, cairan mukus yang melindungi lapisan sel serta organ, dan antibodi serta protein khusus untuk melindungi mata dari infeksi.

Saat terjadi masalah pada kelenjar air mata, maka seseorang bisa dengan mudah mengalami mata kering atau biasa disebut sebagai mata kering. Jika telah terjadi segera beri obat tetes mata yang berfungsi sebagai cairan pengganti air mata kita dan hindari penggunaan lensa kontak yang terlalu lama agar terhidar dari mata kering.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja penyebab sakit mata dan cara mengatasinya. Untuk itu, sebelum memegang area mata, sebaiknya selalu mencuci tangan hingga bersih. Kamu juga bisa menggunakan Antiseptic Hand Sanitizer dari Safe Care yang telah teruji klinis di laboratorium terakreditasi terhadap bakteri Eschericia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Enterococcus hirae.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar