Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selama Liburan

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



cara agar tidak mabuk perjalanan

Perjalanan liburan biasanya memakan waktu yang cukup jauh hingga berisiko membuat Anda mabuk perjalanan. Baik perjalanan darat, laut, dan udara bisa membuat orang yang tidak biasa bepergian jauh jadi mabuk darat. Maka dari itu, Anda harus bisa mengatasi mabuk perjalanan agar liburan bisa jadi lebih menyenangkan. 

 

Karena ingin liburan yang menyenangkan itulah pentingnya Anda mengetahui tips agar tidak mabuk perjalanan. Sebenarnya cara mengatasi mabuk perjalanan sangat gampang. Namun, pastinya Anda membutuhkan beberapa solusi atau bahkan obat. 

 

Apa Saja Penyebab Mabuk Perjalanan?

 

Sebelum mengatasi mabuk perjalanan, Anda harus mencari tahu dulu penyebab mabuk selama perjalanan liburan outdoor. Inilah penyebab mabuk perjalanan yang mungkin menyerang Anda:

 

1.  Kondisi Fisik yang Tidak Prima

 

Kondisi fisik yang prima sangat penting ketika Anda ingin melakukan perjalanan yang cukup jauh. Mabuk perjalanan bisa terjadi kepada Anda ketika kondisi fisik tidak prima ketika melakukan perjalanan liburan. 

Maka dari itu, selalu jagalah kondisi fisik sebelum berangkat perjalanan supaya tidak mabuk perjalanan. Anda bisa menjaga kondisi fisik dengan meminum vitamin dan tidak bekerja sampai terlalu lelah ketika akan liburan.

 

2.  Tidak Terbiasa

 

Terkadang orang yang tidak biasa melakukan perjalanan jauh juga akan mengalami mabuk perjalanan. Hal ini memang sulit untuk diatasi karena tergantung dari pengalaman Anda dalam melakukan perjalanan jauh. 

Selain itu, tubuh juga butuh beradaptasi misalnya saat Anda menaiki kapal tentu orang yang tidak terbiasa dengan ombak laut akan merasa mual begitu juga dengan suhu dingin pada daerah tertentu yang mengakibatkan Anda mual hingga mabuk selama perjalanan.

 

3.  Cuaca yang Tidak Bersahabat

 

Cuaca yang tidak bersahabat, seperti hujan yang deras juga bisa membuat Anda menjadi demam. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda mabuk selama perjalanan. Cuaca yang berubah secara ekstrim dari hujan menjadi terlalu panas juga bisa membuat tubuh Anda tidak bisa cepat beradaptasi hingga akhirnya mengalami mabuk perjalanan.

 

Kenali Gejala Mabuk Perjalanan

 

Berikut gejala dari mabuk perjalanan yang mungkin menyerang tubuh Anda:

 

1.  Mual

Tanda awal dari mabuk perjalanan adalah ketika Anda akan mengalami mual. Saat ada dorongan tidak enak dari perut sehingga membuat anda ingin muntah. Namun, Anda masih bisa menahannya.

Dari mual tersebut, Anda dapat mengalami nyeri perut, keringat dingin, kelelahan, nafas terengah-engah, dan gelisah. Tidak semua gejala ini akan terlihat tergantung dari ketahanan fisik dari orang yang mengalami mabuk perjalanan.

 

2.  Pusing

 

Gejala selanjutnya kalau Anda sedang mengalami mabuk perjalanan adalah pusing dan sakit kepala. Kalau sudah mengalami pusing, Anda mungkin membutuhkan obat mabuk perjalanan agar gejalanya tidak semakin parah. 

 

3.  Muntah

 

Jika badan Anda tidak tahan lagi menahan mabuk, Anda bisa saja langsung muntah. Kondisi perut yang tidak enak dan pusing kepala memicu perut mengeluarkan muntahan yang tidak terhindarkan. Anda sudah harus meminum obat anti mabuk perjalanan atau segera tidur kalau sesudah muntah.

 

Berikut Solusi dan Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

 

Kalau anda sudah tahu penyebab dan gejala dari mabuk perjalanan. Maka anda harus segera menyiapkan beberapa solusi untuk mengatasinya. 

Inilah beberapa cara untuk mengatasi mabuk perjalanan berdasarkan sumber info dari yankes.kemkes.go.id yang bisa Anda terapkan:

 

1.  Jangan Terlalu Kenyang

Makan terlalu kenyang juga bisa jadi salah satu penyebab mabuk perjalanan. Untuk mengatasinya, tentu saja jangan makan terlalu kenyang saat akan mengalami perjalanan yang jauh. 

Selain itu, hindari juga beberapa makanan yang memang dibilang sering membuat mabuk perjalanan. Beberapa makanan yang bisa membuat mabuk perjalanan adalah keju, gorengan, makanan manis, minuman bersoda dan alkohol. 

Kurangi porsi makanan ketika akan melakukan perjalanan jauh agar tidak mudah mabuk selama perjalanan. Usahakan juga untuk menghindari makanan yang bisa membuat mabuk yang telah disebutkan sebelumnya.

 

2.  Posisi Duduk di Kendaraan

 

Terkadang ada juga orang yang tidak bisa duduk di belakang saat naik mobil. Biasanya penyebabnya karena bisa membuat mabuk perjalanan sehingga mereka harus duduk di kursi depan. 

Kenapa duduk di belakang bisa membuat mabuk perjalanan? Karena badan mobil mengikuti badan depan yang berbelok sehingga tidak berasa bergerak. Sedangkan orang yang duduk di kursi tengah atau belakangan akan mengalami pergerakan di dalam mobil. Hal inilah yang bisa membuat mabuk perjalanan. 

Usahakan untuk duduk di bagian yang membuat Anda nyaman untuk mengurangi dampak dari mabuk perjalanan. Kalau memang anda sering mabuk perjalanan, maka usahakan untuk langsung duduk di kursi bagian depan. 

 

3.  Kurangi Aktifitas Seperti Bermain HP

 

Bermain hp ketika dalam kendaraan, baik mobil, pesawat, atau kapal juga bisa membuat anda mabuk kendaraan. Bermain hp memang bisa membuat mabuk kendaraan karena indra pengelihatan anda fokus ke layar hp dan di dalam kendaraan yang melaju sehingga ada pergerakan otot dan sendi yang tidak sinkron. 

Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus berhenti bermain hp dan mulai menutup mata atau melihat sekeliling agar Anda bisa menyesuaikan keadaan. Perlahan mabuk kendaraan juga mereda kalau Anda berhenti bermain hp.

 

4.  Mengonsumsi Permen

 

Mengunyah permen bisa meredakan mabuk kendaraan, terutama kalau anda mengonsumsi permen dengan aroma yang wangi atau memang permen anti mabuk. Siapkan permen anti mabuk, seperti permen jahe dalam jumlah yang banyak supaya bisa menghilangkan mabuk perjalanan.

 

5.  Menggunakan Minyak Aromaterapi

 

Mabuk perjalanan juga dapat anda atasi dengan menghirup sesuatu yang segar dan menghangatkan, seperti minyak aromatherapy. Salah satu rekomendasi minyak aromaterapi yang dapat anda pakai untuk mengurangi mabuk perjalanan adalah Safe Care. 

Safe Care terbuat dari komposisi antara menthol, essensial oil, dan camphorMenthol tentu saja membuat aroma dari minyak aromaterapi Safe Care menjadi lebih wangi dan mampu mengurangi dampak mual akibat mabuk perjalanan. 

 

 

Sedangkan esensial oil merupakan minyak yang didapatkan dari ekstrak tanaman herbal sehingga memiliki efek menenangkan bagi Anda yang menghirup aromanya. Mengoleskan Safe Care pada bagian yang sakit, misalnya sakit perut atau pusing, dapat mengurangi rasa sakit tersebut. 

 

Camphor terbuat dari kulit kayu pohon bernama Cinnaonum camphora yang memiliki efek untuk menenangkan selama mabuk perjalanan. 

 

Untuk mabuk perjalanan, Anda dapat mengoleskan minyak aromaterapi Safe Care di sekitar hidung untuk menghirup aromanya. Jika sudah sakit kepala atau mual, oleskan juga Safe Care di kepala atau perut.

 

6.  Mengonsumsi Obat Anti Mabuk

 

Mabuk perjalanan yang sudah cukup parah biasanya juga akan membuat Anda mengalami muntah. Kalau sudah sampai pada gejala ini, maka Anda harus mengonsumsi obat anti mabuk. Sebenarnya Anda juga sudah boleh mengonsumsi obat anti mabuk sebelum perjalanan berlangsung sesuai dosis yang dianjurkan.

 

7.  Tidur Selama Perjalanan

 

Tidur selama perjalanan dapat mengurangi mabuk perjalanan yang cukup mengganggu. Biasanya obat anti mabuk memberikan efek mengantuk sehingga anda bisa tidur dengan tenang selama perjalanan berlangsung.

Dengan melakukan tindak pencegahan sampai penanganan di atas, semoga mabuk perjalanan yang Anda alami dapat diatasi dan tidak mengganggu perjalanan liburan. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar