Apa Saja yang Dibutuhkan Selama Liburan Outdoor? Berikut Rekomendasi Lengkapnya

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



persiapan liburan outdoor

Ada dua jenis liburan yang bisa Anda nikmati, yaitu liburan indoor dan liburan outdoor. Liburan indoor mungkin sudah sering Anda lakukan, seperti pergi ke mall, pergi ke taman hiburan, dan lain sebagainya. Selain liburan indoor, Anda juga harus mencoba liburan di luar ruangan atau liburan outdoor.

 

Banyak sekali jenis liburan outdoor yang menyenangkan, seperti liburan di alam layaknya gunung atau pantai hingga liburan di tempat wisata. Kalau Anda baru pertama kali mencoba liburan outdoor dan menginginkan persiapan yang matang. Maka Anda akan membutuhkan persiapan dan alat berikut ini:

 

1.  Persiapan Fisik dan Mental

 

Liburan outdoor sangat membutuhkan fisik yang prima. Mempersiapkan fisik merupakan syarat utama supaya Anda bisa menikmati liburan outdoor atau liburan di alam. Beberapa minggu atau hari sebelum liburan outdoor, Anda bisa melatih fisik terlebih dahulu.

Anda dapat melatih fisik dengan latihan beban atau kardio. Pilihlah latihan beban yang tidak terlalu berat untuk menambah massa otot. Massa otot yang lebih besar akan membantu agar tidak mudah lelah saat menjalankan aktivitas fisik.

Latihan kardio, seperti jogging juga akan membantu pernafasan menjadi lebih baik. Baik latihan beban atau latihan kardio akan sangat membantu anda ketika liburan di alam atau di gunung.

Selain persiapan fisik, Anda juga harus mempersiapkan mental karena beberapa liburan outdoor akan membutuhkan perjalanan yang cukup panjang. Namun, mood Anda tidak akan memburuk karena pemandangan liburan outdoor sangat bagus. Pemandangan yang bagus bisa meningkatkan mood anda selama aktivitas liburan berlangsung.

 

2.  Memilih Destinasi Liburan yang Aman dan Nyaman

 

Kalau Anda baru pertama kalau mengadakan liburan di alam, maka sebaiknya memilih destinasi liburan yang aman dan nyaman. Beberapa destinasi liburan outdoor yang aman dan nyaman adalah glamping, camping, mendaki bukit untuk melihat sunrise, pergi ke kebun, liburan ke danau, ke candi, ke hutan atau pantai.

Meski tidak menantang, beberapa destinasi liburan tersebut masih tetap menyenangkan. Terlebih lagi ketiga kegiatan tersebut tidak akan membutuhkan fisik yang berat dan cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Pastinya Anda tetap akan mendapatkan pemandangan dan pengalaman tidak terlupakan.

 

3.  Memilih Penginapan dan Transportasi yang Sesuai

 

 

Setelah memilih destinasi liburan yang akan Anda tuju, selanjutnya pilihlah penginapan. Kalau tidak memungkinkan untuk langsung pulang pada hari yang sama, maka Anda harus menyewa penginapan. Pilihlah penginapan yang nyaman dan tidak jauh dari tempat liburan outdoor yang telah Anda pilih.

Selain memilih penginapan, Anda juga harus memilih transportasi yang sesuai agar bisa sampai ke tempat liburan tersebut. Ada banyak transportasi yang bisa anda pilih, seperti mobil pribadi, bus, kereta, kapal, atau pesawat.

Pilihlah transportasi yang memungkinkan Anda sampai ke tempat tujuan sesuai jadwal dan pastikan anda sudah menyiapkan anggaran untuk transportasi tersebut.

Jika tempat liburan yang Anda tuju sulit dijangkau dengan transportasi umum dan anda tidak bisa membawa kendaraan pribadi, maka anda bisa menggunakan jasa tour & travel. Semua jadwal perjalanan juga sudah diatur sehingga Anda cukup membayar saja.

 

4.  Mempersiapkan Perlengkapan Khusus Outdoor

 

Persiapan liburan indoor dan outdoor tentu saja berbeda. Liburan outdoor membutuhkan persiapan yang lebih banyak dibandingkan liburan secara indoor. Terlebih lagi aktivitas liburan outdoor tidak akan bisa berjalan dengan seru kalau anAndada tidak memiliki perlengkapan yang memadai. Maka dari itu, pastikan anda mempersiapkan perlengkapan khusus untuk liburan outdoor.

Perlengkapan yang harus Anda siapkan juga berbeda tergantung dari destinasi liburan. Kalau ingin pergi ke gunung, maka siapkan perlengkapan ke gunung, seperti sendal gunung, tas gunung, perlengkapan makan yang cukup, dan lain sebagainya. 

Jika Anda ingin pergi ke pantai, maka siapkan celana pendek, pakaian ganti, dan persiapan lainnya. Jangan sampai membawa perlengkapan yang tidak sesuai dengan destinasi liburan Anda karena akan mengganggu aktivitas liburan Anda.

 

5.  Menyiapkan Pakaian yang Sesuai

 

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, pakaian menjadi perlengkapan yang harus Anda bawa. Pakaian yang harus Anda bawa juga harus sesuai dengan destinasi liburan anda. Usahakan untuk membawa baju lebih sebagai baju ganti yang cukup selama liburan berlangsung.

 

6.  Membawa Tabir Surya dan Lotion Anti Nyamuk

 

Liburan outdoor sangat dekat dengan alam terbuka sehingga akan sangat banyak serangga yang mengganggu, terutama nyamuk. Bawalah lotion anti nyamuk untuk menghindari serangan serangga tersebut. 

Anti lotion akan sangat berguna supaya anda tetap bisa menikmati aktivitas liburan outdoor tetap menyenangkan. Ada banyak lotion anti nyamuk yang mudah dibawa dan memiliki efek yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Lotion anti nyamuk juga akan menghindari anda dari penyakit berbahaya yang biasanya dibawa nyamuk.

Karena kegiatan di luar ruangan, ada kemungkinan tubuh anda juga terkena sinar matahari. Kalau terus terkena sinar matahari, bisa jadi kulit anda terbakar dan menyebabkan tidak nyaman hingga akhirnya bertambah hitam.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan tabir surya yang dioleskan setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan.

 

7.  Makanan dan Minuman

 

Perjalanan liburan tidak akan menyenangkan tanpa adanya makanan dan minuman. Selalu siapkan makanan ringan untuk menemani selama perjalanan sehingga kalau lapar tiba-tiba datang. Membawa snack atau makanan ringan selama perjalanan agar lebih memudahkan sekaligus saat dalam kegiatan outdoor lebih mudah dikonsumsi. Selain itu membawa bahan makanan atau makan yang sudah jadi bisa jadi solusi selama berkegiatan di outdoor.

Jangan lupa juga membawa minuman yang cukup karena minum air putih sangat penting dalam perjalanan. Pastikan untuk membawa minuman yang lebih banyak dari perikiraan kebutuhan Anda. Terutama karena liburan outdoor sangat membutuhkan stamina.

 

8.  Peralatan Kesehatan

 

Liburan outdoor termasuk aktivitas yang cukup berisiko sehingga Anda harus membawa peralatan kesehatan berupa obat-obatan, pembasuh luka, dan lain sebagainya. Obat yang perlu anda bawa hanyalah obat umum saja, seperti obat batuk, obat flu, vitamin, dan lain sebagainya. 

Jangan lupa juga membawa pembasuh luka karena kegiatan outdoor berisiko membuat anda terluka. Luka yang terus dibiarkan tentu saja berisiko membuat anda mengalami infeksi. Maka dari itu, selalu bawa betadine dan kasa untuk membalut luka.

Peralatan kesehatan terakhir yang tidak boleh anda lewatkan adalah minyak angin aromatherapy. Minyak Angin Aromatherapy Safe Care sangat berguna saat Anda mengalami mabuk perjalanan atau untuk menghangatkan badan. 

 

 

Salah satu Minyak Angin Aromatherapy yang simpel untuk anda bawa saat liburan outdoor adalah Safe Care. Ada varian Aromatherapy dari Safe Care yang bisa anda pilih seperti varian Safe Care Strong yang cocok untuk berkegiatan di outdoor khususnya di pegunungan atau alam terbuka yang dingin. Serta beberapa Rekomendasi P3K dan Obat-Obatan yang Wajib Dibawa saat Liburan

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar