Tips Liburan Bersama Keluarga Agar Hemat & Menyenangkan

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



tips liburan bersama keluarga

Liburan bersama keluarga menjadi agenda penting yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama saat waktu libur atau weekend telah tiba. Walaupun saat ini banyak jasa travel yang siap membantu Anda dalam menyiapkan liburan.

Menyiapkan sendiri bersama keluarga untuk liburan bisa membuat anggota keluarga satu sama lain semakin kompak.

Berikut hal yang perlu diperhatikan ketika liburan bersama keluarga adalah bagaimana membuat liburan yang menyenangkan, tetapi tetap hemat bukan? Kalau Anda ingin membuat acara liburan keluarga yang seru dan hemat, maka simak tips berikut ini:

 

1. Memilih Destinasi Liburan

 

Salah satu faktor yang mempengaruhi pengeluaran saat liburan adalah destinasi liburan yang Anda pilih. 

  • Langkah awal agar Anda bisa liburan bersama keluarga secara hemat adalah menentukan destinasi liburan terlebih dahulu dan melakukan budgeting serta rencanakan kegiatan liburan yang akan berlangsung. 
  • Kalau ingin kegiatan liburan yang hemat, Anda bisa melakukan camping bersama, berlibur ke pantai, berkunjung ke museum, dan bermain di taman rekreasi. 
  • Pastikan Anda berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain sebelum memastikan destinasi liburan karena ini merupakan liburan bersama keluarga, bukan liburan Anda sendiri.

 

2. Mengatur Anggaran Liburan

 

Kalau Anda sudah menentukan tujuan liburan, maka Anda harusnya mencatat biaya yang harus Anda keluarkan untuk membawa keluarga menuju destinasi liburan tersebut. 

Jika Anda sudah mengetahui berapa uang yang anda perlukan untuk liburan tersebut, maka anda bisa melakukan budgeting atau mengatur anggaran liburan seperti:

  • Biaya akomodasi (hotel atau penginapan)
  • Biaya makan selama liburan
  • Biaya di tempat liburan
  • Uang bensin atau tiket transportasi
  • Uang jajan selama liburan 

Anda juga pasti memiliki jangka waktu dari perencanaan ini hingga liburan terlaksana. Selama jeda waktu itu, anda bisa menabung secara konsisten setiap bulan hingga akhirnya tujuan liburan anda dapat dijalankan tanpa adanya hambatan dana sama sekali.

 

3. Memilih Transportasi yang Sesuai

 

 

Anda juga sudah bisa mulai memilah transportasi yang akan digunakan sesuai tujuan destinasi liburan bersama keluarga. Tentu saja transportasi merupakan komponen yang penting agar Anda bisa sampai ke tempat liburan keluarga yang sudah dinantikan. 

Pastinya Anda harus memilih transportasi yang efektif dan efisien agar bisa sampai ke tempat liburan dengan waktu yang tepat serta murah. Ada banyak alternatif transportasi sesuai dengan tujuan destinasi liburan keluarga Anda. 

Kalau destinasi liburan cukup dekat dan bisa ditempuh lewat jalur darat, Anda bisa memilih menggunakan mobil pribadi, bus, kereta, atau transportasi umum lainnya. Terkadang menggunakan transportasi umum lebih hemat dibandingkan menggunakan mobil pribadi. 

Jika tempat liburan keluarga yang telah Anda tetapkan cukup jauh hingga keluar pulau, maka anda bisa menggunakan kapal atau pesawat. Tentu saja biayanya lebih mahal dan Anda juga harus memperhitungkan biaya perjalanan untuk mencapai dermaga atau bandara. Jangan lupa, untuk mengantisipasi mabuk perjalanan darat. Anda bisa membaca Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Selama Liburan.

 

4. Menentukan Hotel atau Penginapan yang Sesuai

 

Bila Anda berencana untuk mengadakan liburan keluarga dalam waktu yang cukup lama, maka anda juga harus mencari tempat bermalam yang tepat. Anda bisa menggunakan hotel, villa, atau tempat penginapan yang sesuai dengan tema liburan dan tempat liburan keluarga. 

Mungkin Anda bosan menginap di hotel, villa, dan berbagai tempat penginapan biasa lainnya. Kalau begitu, Anda bisa menginap di glamping atau hotel yang berbentuk tenda camping. 

Saat menentukan tempat penginapan, pastikan juga kalau biayanya sudah sesuai dengan anggaran yang ditentukan. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya yang terlalu mahal karena belum menentukan tempat menginap yang tepat. 

Selain itu, pastikan Anda sudah memesan tempat penginapan jauh hari sebelum rencana liburan berlangsung. Memesan tempat penginapan ketika sudah mepet akan membuat harganya semakin mahal. 

 

5. Mempersiapkan Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

 

Hal terpenting lainnya ketika akan pergi liburan adalah mempersiapkan pakaian ganti. Kalau Anda masih memiliki anak kecil, maka persiapkan juga pakaian yang harus mereka bawa. Bawalah pakaian ganti lebih banyak untuk berjaga-jaga kalau memang harus berganti pakaian mendadak, seperti ketika hujan secara tiba-tiba. 

Selain pakaian ganti, jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan pribadi. Setiap orang pasti memiliki perlengkapan pribadi yang berbeda-beda. Wanita, pria, dan anak-anak pasti membutuhkan perlengkapan pribadi yang berbeda. 

 

6. Peralatan untuk Aktivitas Liburan

 

Anda dan keluarga sudah menentukan destinasi liburan, memilih transportasi yang tepat, dan juga memesan tempat penginapan. Kini saatnya Anda menyiapkan peralatan untuk aktivitas liburan bersama keluarga. 

Bila sudah menentukan destinasi liburan, pastinya Anda sudah menentukan aktivitas liburan yang akan anda lakukan bersama keluarga. Persiapkan perlengkapan tersebut agar aktivitas liburan bisa lebih menyenangkan. 

Kalau Anda menentukan ingin liburan di alam terbuka, maka anda membutuhkan artikel mengenai beberapa persiapan camping bersama keluarga. Jika Anda ingin liburan di pantai, maka butuh peralatan untuk berenang dan banyak pakaian ganti.

 

7. Menyusun Jadwal Kegiatan Bersama Keluarga

 

Banyak orang mengatakan kalau waktu liburan berjalan lebih cepat dibandingkan waktu bekerja. Apalagi Anda dan keluarga ingin melakukan banyak kegiatan selama momen liburan keluarga ini. Maka dari itu, anda harus menyusun jadwal kegiatan liburan bersama keluarga agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan tepat. 

Pastikan Anda membuat jadwal yang baik agar semua kegiatan yang diinginkan semua anggota keluarga dapat terlaksana dengan baik. Seperti halnya aktivitas di hari pertama liburan sampai hari terakhir dengan rinci dan waktu yang disepakati anggota keluarga.

 

8. Pentingnya Membawa Peralatan Dokumentasi 

 

 

Hal paling terpenting dalam liburan keluarga adalah momennya. Anda bisa mengingat momen tersebut kembali kalau memiliki dokumentasi. Banyak keluarga yang menganggap kalau dokumentasi merupakan hal penting ketika ada kegiatan bersama keluarga. 

Karena itu, jangan lupa membawa peralatan dokumentasi agar bisa memotret atau merekam momen indah bersama keluarga saat liburan. Namun, pastikan peralatan dokumentasi tidak menghambat aktivitas liburan Anda. Untungnya, sekarang banyak kamera yang mudah dibawa seperti halnya smartphone.

 

9. Makanan atau Snack Selama Perjalanan

 

Menempuh perjalanan jauh tentu akan sangat membosankan dan tidak seru tanpa makanan atau cemilan. Jangan lupa untuk menyiapkan makanan atau snack agar bisa disantap selama perjalanan. Lebih baik menyiapkan makanan atau snack sebelum berangkat daripada Anda harus berhenti di tengah jalan terlebih dahulu.

Kalau Anda menggunakan transportasi umum, seperti kapal atau pesawat, kemungkinan makanan yang dijual lebih mahal dibandingkan beli di warung dekat rumah.

 

10. Membawa Peralatan Kesehatan

 

Meski sedang liburan, jangan sampai lupa membawa peralatan kesehatan. Beberapa peralatan kesehatan yang harus Anda bawa ketika liburan adalah vitamin, P3K, dan minyak angin aromatherapy Safe Care.

Kondisi tubuh Anda dan keluarga bisa saja menurun di tengah liburan. Vitamin akan membantu anda dan keluarga menjaga daya tahan tubuh. Bawalah vitamin sachet yang lebih mudah disimpan di dalam kantong celana sekalipun.

Beberapa peralatan P3K yang harus anda bawa adalah obat merah dan pembalut luka. Aktivitas liburan bisa saja menyebabkan anda atau keluarga mengalami luka. Kalau terus dibiarkan berisiko menyebabkan infeksi. Karena itu, Anda bisa mengobatinya terlebih dahulu dengan P3K agar tidak mengganggu aktivitas liburan keluarga.

 

 

Terakhir, jangan lupa membawa Minyak Angin Aromatherapy Safe Care. Salah satunya Safe Care Minyak Kayu Putih akan sangat berguna untuk mengatasi mabuk perjalanan, mual, hingga demam karena perjalanan jauh atau cuaca yang tiba-tiba berubah ketika liburan dan juga mencegah gigitan nyamuk. 

Ada banyak variasi produk Safe Care dengan ukuran kecil yang mudah dibawa ketika liburan sehingga tidak akan menyulitkan disimpan di dalam tas. Menggunakan minyak angin aromatherapy Safe Care juga mudah karena dalam bentuk roll on. 

Lakukan semua tips yang sudah disebutkan sebelumnya agar Anda mendapatkan pengalaman liburan keluarga yang menyenangkan dan hemat. Hal paling terpenting adalah membawa peralatan kesehatan yang simpel dan gampang dibawa kemana saja.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar