Apa Saja Persiapan Camping Bersama Keluarga? Berikut Penjelasannya

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



persiapan camping keluarga

Acara camping bersama keluarga merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Seluruh anggota keluarga dapat merasakan waktu berkualitas bersama selama liburan camping keluarga berjalan.

Untuk mendapatkan momen camping bersama keluarga yang sesuai, perlunya Anda menyiapkan berbagai macam peralatan camping. Selain itu, beberapa poin penting Anda dan keluarga dalam menyiapkan liburan bersama pastinya dengan tujuan menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

Alasan Mengapa Camping Cocok untuk Liburan Keluarga?

 

 

Sebenarnya ada banyak kegiatan untuk berlibur bersama keluarga, tetapi kenapa harus camping? Tentu saja ada alasan camping bisa menjadi kegiatan outdoor  yang cocok untuk keluarga. Inilah alasan kenapa camping cocok untuk liburan keluarga:

 

1. Kegiatan yang Aktif

 

Beberapa contoh kegiatan aktif yang bisa dilakukan bersama keluarga tentu sesuai dengan tujuan wisata. Seperti halnya melakukan outbound di alam terbuka, sebagai salah satu pelengkap camping bersama keluarga. Selain itu melakukan barbeque bersama keluarga dan campfire di malam hari serta melengkapi dengan games yang menarik akan membuat kegiatan bersama keluarga semakin aktif.

 

2. Mengeratkan Hubungan

 

Ketika camping, semua anggota keluarga harus bekerja sama menyiapkan berbagai perlengkapan camping. Anda dan anggota keluarga lain harus membagi tugas sehingga semua perlengkapan bisa berjalan dengan baik dan membuat camping berjalan dengan menyenangkan. 

Hal ini tentu saja dapat mengeratkan hubungan antara anggota keluarga. Tidak hanya mengeratkan hubungan, kerja sama antar anggota keluarga juga semakin bagus. Selain itu, kegiatan camping dapat membuat kenangan yang indah yang semakin membuat hubungan semakin erat.

 

3. Menurunkan Tingkat Stress

 

Camping bersama keluarga tidak hanya menjadi kegiatan outdoor yang menyenangkan, tapi menjadi refleksi bagi beberapa anggota keluarga dari kejenuhan rutinitas harian. 

Stress bisa berkurang kalau Anda melakukan kegiatan yang berbeda dari rutinitas sehari-hari. Dengan berkumpul bersama keluarga, tentu semakin membuat kerekatan dan kebahagian tersendiri.

 

Berikut Perlengkapan Camping Keluarga Wajib Dibawa

 

 

Cukup banyak persiapan dalam menjalankan acara camping keluarga. Berikut ini adalah perlengkapan camping keluarga yang harus anda bawa:

 

1. Tenda dan Alas Tidur

 

Alat camping pertama yang harus anda persiapkan adalah tenda sebagai tempat tidur dan tempat berlindung di tempat terbuka. 

  • Pilihlah tenda yang berkualitas sehingga dapat berdiri kokoh ketika ada angin bertiup atapun ketika ada hujan turun. 
  • Selain memilih tenda yang berkualitas, anda juga harus belajar cara mendirikan tenda. Sebagus apapun tenda yang anda miliki, tidak akan berfungsi dengan benar kalau anda tidak bisa mendirikannya dengan benar. 
  • Selanjutnya pilih alas tidur yang nyaman agar anda sekeluarga dapat tidur dengan nyenyak. Pastikan alat tidur cukup simpel sehingga mudah dibawa dan tidak merepotkan.

2. Alat Memasak dan Makan

 

Salah satu kegiatan dari camping yang menyenangkan adalah memasak di alam terbuka. Karena itu, jangan sampai lupa membawa alat memasak  dan alat makan yang lengkap. Namun, agar tetap simpel. Anda bisa membawa kompor gas kecil dengan alat makan sekali pakai, beberapa orang yang akan melakukan camping biasanya akan menyewa peralatan masak portable. Anda bisa memanfaatkan persewaan tersebut agar lebih memudahkan.

 

3. Bahan Makanan dan Snack

 

Tentunya tidak lengkap kalau anda tidak membawa bahan makanan untuk di masak. Bawalah beberapa bahan makanan yang mudah dimasak, seperti mie instan. Kalau anda ingin camping yang lebih mewah, maka anda bisa membawa beberapa perlengkapan barbeque

Selain bahan makanan, anda juga bisa membawa bahan minuman. Beberapa bahan minuman yang enak dinikmati saat camping adalah kopi dan teh. Jangan lupa juga membawa snack untuk menemani anda sekeluarga ketika dalam perjalanan atau saat menunggu hidangan utama selesai dimasak.

 

4. Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

 

Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti saat camping karena berada di luar ruangan, bisa jadi cuaca yang buruk membuat anda harus berganti pakaian. Anda tidak akan tahu kapan hujan. Kalau memang terjadi hujan, setidaknya anda punya pakaian ganti sehingga bisa terhindar dari penyakit flu. 

Bawa juga perlengkapan pribadi, seperti alat mandi dan pembalut bagi wanita, agar kegiatan berkemah dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

 

5. Power Bank dan Senter

 

Handphone sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Kalau anda memilih tempat camping yang cukup terbuka di alam, maka kemungkinan tidak akan ada arus listrik untuk mengisi sumber daya hp. Maka dari itu, anda harus membawa power bank untuk berjaga-jaga kalau membutuhkan komunikasi. 

Camping di alam terbuka, terutama jauh di dalam tempat perpohonan juga akan mengurangi penerangan di malam hari. Jangan lupa untuk menyiapkan senter agar anda bisa tetap berkegiatan di malam hari. Anda bisa membawa senter biasa, head lamp, dan berbagai jenis senter lainnya yang biasa dipakai untuk camping.

 

6. Peralatan Ibadah

 

Kalau anda memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah, jangan jadikan camping sebagai alasan untuk lari dari kewajiban tersebut. Ada banyak peralatan ibadah yang memang dikhususkan untuk dibawa. Karena itu, belilah peralatan ibadah khusus untuk traveling seperti mukenah, sajadah kecil dan sarung.

 

7. Selimut dan Jaket

 

Berada di luar ruangan, terutama di alam terbuka pasti sangat dingin saat malam hari. Karena itu, jangan lupa untuk membawa selimut atau jaket agar tubuh anda tetap hangat. Cuaca yang dingin bisa membuat badan anda mudah sakit, mulai dari flu hingga hipotermia. 

 

8. Jas Hujan dan Payung

 

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya kalau anda tidak akan tahu kapan terjadinya hujan. Cuaca yang panas bisa saja langsung hujan, sedangkan cuaca yang mendung juga belum tentu hujan. 

Makanya, selalu siapkan payung agar anda tidak basah kuyup saat kegiatan outdoor. Selain itu anda bisa membawa jas hujan, agar lebih praktis dan nyaman saat kegiatan outdoor.

 

9. Peralatan Keamanan

 

Ada juga beberapa peralatan keamanan yang harus anda siapkan, seperti sepatu dan pisau lipat serba guna. Kalau anda memilih camping di tempat terbuka, maka setiap orang harus memakai sepatu untuk menghindari kaki terkena sesuatu yang tajam. 

Pisau lipat juga berguna untuk berbagai kondisi, seperti memotong tali, membuka makanan kemasan, dan untuk aktivitas lainnya. Pastikan anda memiliki peralatan keamanan yang memadai agar kegiatan camping tidak terganggu sama sekali.

 

10. Kit Perlengkapan Kesehatan

 

Peralatan terakhir yang sangat penting adalah kit perlengkapan kesehatan. Alat yang satu ini harus anda bawa, terutama kalau anda memilih tempat camping yang cukup jauh dari tempat ramai. Anda tidak akan tahu kapan anda dan anggota keluarga yang lain sakit sehingga lebih baik berjaga-jaga.

 

Ada banyak faktor yang membuat anda dan anggota keluarga sakit, misalnya pengaruh cuaca hingga kecelakaan saat berkegiatan. 

Dalam kit perlengkapan kesehatan, pastikan anda memiliki obat merah, pembalut luka, obat murah, obat penurun demam. Kalau perlu, anda juga harus menyediakan minyak angin aromatherapy dalam kit perlengkapan kesehatan. 

 

Salah satu solusi Safe Care Minyak Angin Aromatherapy yang membantu meringankan mabuk perjalanan atau sedang mengalami sakit saat beraktifitas diluar adalah Safe Care. Safe Care dapat meringankan gejala sakit nyeri, demam, mual, dan serangan bakteri dapat dikurangi dengan minyak angin  aromatherapy. 

Salah satu minyak angin aromatherapy yang bisa anda bawa adalah Safe Care, minyak angin aromatherapy pertama di Indonesia dengan aroma yang lembut dan bisa anda bawa kemana saja, termasuk ketika camping. 

Itulah beberapa hal yang jangan sampai anda lupa persiapkan ketika ingin mengadakan camping keluarga dan Tips Liburan Bersama Keluarga Agar Hemat & Menyenangkan yang bisa Anda terapkan juga.. Ada beberapa alat atau perlengkapan lain yang boleh anda bawa sesuai kebutuhan. Yang pasti, jangan lupa membawa kit perlengkapan kesehatan karena kita tidak akan tahu kapan anggota keluarga mengalami sakit.  

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar