Berikut Rekomendasi P3K dan Obat-Obatan yang Wajib Dibawa saat Liburan

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



rekomendasi p3k untuk liburan

Tidak ada yang tahu pasti kapan kita sakit. Bukan hanya saat bekerja saja, saat liburan penyakit bisa saja menyerang. Maka dari itu, Anda harus selalu menyediakan P3K dan obat-obatan ketika sedang liburan.

 

P3K merupakan salah satu alat yang harus dibawa saat liburan. Anda juga harus memiliki obat-obatan P3K yang sesuai dengan standar Departemen Kesehatan. Inilah penjelasan serta rekomendasi P3K dan obat-obatan yang harus anda bawa saat liburan.

 

Pentingnya Membawa P3K Saat Liburan

 

Saat liburan memang saat yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh semua orang, terutama anak-anak. Namun, Anda tidak bisa memilih kapan waktunya terkena sakit. Meskipun liburan, semua anggota keluarga tetap bisa saja terserang penyakit. 

 

Bahkan banyak kasus liburan yang terlalu melelahkan sehingga membuat kebanyakan orang menjadi sakit. Akan sangat sulit membawa anggota keluarga ke fasilitas kesehatan saat liburan, terutama kalau Anda berlibur di tempat yang jauh dari fasilitas kesehatan. 

 

Untuk pertolongan pertama, Anda harus memiliki P3K saat liburan. Membawa P3K sangat penting saat liburan karena penyakit yang ringan bisa menjadi mematikan kalau tidak segera diatasi dengan obat-obatan dan peralatan kesehatan yang tepat. 

 

Setidaknya dengan adanya P3K, pertolongan pertama sudah bisa diberikan. Kalau penyakit masih mereda, maka bisa dibawa ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai. 

 

Berikut Daftar Obat-obatan yang Wajib Dibawa Liburan

 

Tidak perlu terlalu membawa obat yang terlalu rumit. Anda hanya cukup membawa obat P3K yang umum seperti yang direkomendasikan oleh hellosehat.com berikut ini:

 

1.  Obat Masuk Angin & Anti Mabuk

 

Setiap orang yang melakukan perjalanan jauh dengan cuaca yang cukup dingin cukup berisiko membuatnya masuk angin. Karena itu, selalu siapkan obat masuk angin untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin yang terus dibiarkan bisa semakin parah membuat anda mual dan muntah.

Selain itu penting juga menyiapkan obat anti mabuk agar terhindar dari mabuk selama perjalanan liburan. Konsumsi obat anti mabuk yang sesuai adalah sebelum Anda melakukan perjalanan. Pastikan sesuai anjuran dan dosis yang diperlukan ya.

 

2. Minyak Angin Aromaterapi

 

Masuk angin dan mual juga bisa anda atasi dengan minyak angin. Aroma dari minyak angin aromaterapi akan membuat mual yang anda alami menjadi lebih enak. Ada banyak minyak angin dalam kemasan yang simpel sehingga mudah dibawa bepergian. Salah satunya Safe Care.

 

 

Safe Care dengan jenis kayu putih dapat meredakan sakit kepala, perut kembung dan menghangatkan badan saat terkena cuaca dingin. Bisa menjadi solusi pertama saat merasa pusing saat liburan dan memudahkan Anda membawanya sebab kemasannya praktis dan berbentuk roll on.

Selama perjalanan, oleskan Safe Care di sekitar hidung untuk mencium aroma yang harum sehingga mengurangi mual selama perjalanan. Jika anda mengalami pusing, oleskan Safe Care di kepala. Kalau sakit perut, oleskan Safe Care di perut anda untuk mengurangi mulas.

 

3. Obat Flu

 

Flu bisa menyerang anda kapan saja, termasuk saat liburan yang memungkinkan kondisi tubuh cukup melemah. Anda bisa membawa obat flu berbentuk tablet yang lebih mudah dibawa dan diminum kapan saja sesuai dosis yang dianjurkan. 

 

4. Obat Sakit Perut

 

Sakit perut sungguh sangat menyiksa dan cukup ribet karena membutuhkan Anda harus sering ke toilet. Untuk mengatasinya dengan cepat, siapkan obat sakit perut yang mudah diminum kapan saja. Sakit perut juga bisa terjadi kalau masuk angin sudah semakin parah. Konsumsi obat sakit perut sesuai dosis yang dianjurkan.

 

5. Obat Anti Alergi

 

Hal paling seru dari liburan adalah anda bisa mencoba berbagai hal baru, termasuk tempat baru hingga makanan yang baru anda coba. Risikonya bisa saja anda bisa mengalami ketidakcocokan dengan tempat atau makanan baru tersebut, seperti alergi. 

 

Efek dari alergi ada sangat banyak, seperti gatal-gatal, tubuh yang memerah, atau sakit di beberapa bagian tubuh. Untuk mengatasinya, Anda harus meminum obat anti alergi. Makanya, jangan lupa membawa obat anti alergi saat pergi liburan.

 

Jenis P3K yang Wajib Dibawa Saat Liburan

 

Penting juga untuk mengetahui alat kesehatan dan fungsinya. Ada banyak sekali alat kesehatan dan jenis P3K yang wajib anda bawa saat liburan. Ketahui jenis P3K rekomendasi hellosehat.com berikut ini agar anda dapat membawanya saat liburan:

 

1.  Kain Kasa

 

Kain kasa sangat penting untuk membasuh luka yang bisa saja terjadi saat liburan. Kain kasa yang bersih akan berguna agar luka tidak semakin parah. Kalau luka yang terjadi membutuhkan pertolongan lanjutan, barulah Anda membawa diri ke fasilitas kesehatan.

 

2. Perban

 

Kain kasa tidak akan bisa menutup sendiri kalau tidak ada perban. Karena itu, usahakan untuk membawa perban agar bisa menutupi kain kasa. Pastikan anda membawa perban yang bersih di dalam P3K. 

 

3. Gunting

 

Pastikan juga ada gunting kecil di dalam P3K. Gunting akan sangat berguna untuk memotong kain kasa dan perban untuk membalut luka. Tidak perlu gunting yang besar, cukup siapkan gunting kecil sehingga bisa muat dalam kotak P3K. 

 

4. Hand sanitizer

 

Hand sanitizer memiliki fungsi untuk membunuh bakteri atau virus yang bisa menyebabkan luka semakin parah. Kalau terjadi luka, anda bisa menyemprotkan hand sanitizer untuk mencegah terjadi infeksi pada luka. 

 

5. Lotion Anti Nyamuk

 

Kalau tujuan berlibur anda adalah hutan, pantai, atau gunung, maka jangan lupa untuk menyiapkan lotion anti nyamuk. Pakai lotion anti nyamuk sebelum keluar ruangan untuk menghindari gigitan nyamuk yang bisa saja membawa penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dan malaria. 

 

6. Sarung Tangan

 

Saat liburan menjadi saat mengeksplor banyak hal sehingga bisa saja membuat tangan Anda begitu kotor. Selalu siapkan sarung tangan di dalam kotak P3K karena berguna melindungi luka dari tangan yang penuh kotoran. 

 

7. Plester

 

Luka bisa saja terjadi saat liburan. Kalau terus dibiarkan, luka tersebut bisa menjadi infeksi. Dalam pertolongan pertama, Anda bisa membasuh luka tersebut air bersih, alkohol, dan obat merah. Setelah itu, tutupi luka dengan plester.

 

8. Salep

 

Siapkan salep pereda nyeri di dalam kotak P3K. Salep pereda nyeri berfungsi untuk meredakan nyeri karena benturan sesuatu saat Anda sedang asik liburan.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar