Apa Itu Refleksi Tubuh? Berikut Penjelasannya

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



apa itu refleksi tubuh

Aktivitas sehari-hari yang menuntut kita untuk berada dalam satu posisi yang sama berulang kali terkadang membuat badan kita kaku. Contohnya seperti duduk seharian di kursi dan memandang komputer atau mengangkat barang berat bisa membuat tubuh kita sangat kaku dan akhirnya pegal dan gampang capek. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan relfeksi tubuh agar tubuh yang kaku bisa merenggang lagi dan membuat badan menjadi lebih rileks. Kalau anda ingin mengetahui lebih dalam tentang relfeksi tubuh, berikut penjelasannya:

 

Pengertian Refleksi Tubuh

 

Refleksi tubuh merupakan salah satu teknik pengobatan yang dipercaya berasal dari China atau Mesir. Banyak yang meyakini kalau refleksi tubuh dilakukan dengan cara menitikberatkan kekuatan pada titik tertentu pada bagian tubuh, seperti syaraf kaki, tangan, telinga, dan syaraf sensitif lainnya. 

Para ahli meyakini kalau titik syaraf tersebut berhubungan dengan organ tubuh internal yang ada di dalam tubuh manusia. Fungsi dari refleksi tubuh ini adalah untuk mendeteksi suatu penyakit berbahaya di dalam tubuh manusia sekaligus menyembuhkannya kalau memungkinkan. 

Refleksi tubuh diyakini dapat membuat tubuh menjadi rileks. Jika Anda memiliki badan yang sering capek, maka refleksi tubuh akan membantu tubuh Anda jadi lebih segar. Refleksi tubuh juga diyakini dapat menyembuhkan sakit kepala dan membantu tubuh yang kaku karena stroke. 

 

Apakah Refleksi Tubuh Dengan Pijat Sama?

 

Refleksi tubuh sebenarnya lebih sering disebut dengan pijat refleksi. Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah apakah refleksi tubuh dengan pijat merupakan praktik yang sama? Karena tidak terlihat perbedaan sama sekali oleh orang yang masih awam. 

Tentu saja ada perbedaan antara pijat refleksi atau refleksi tubuh dengan pijat. Kalau pijat berfokus pada keseluruhan otot yang ada di tubuh, refleksi tubuh lebih fokus untuk menyentuh titik tertentu yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. 

Fungsi utama dari pijat adalah membuat otot menjadi lebih rileks. Refleksi tubuh juga memiliki fungsi yang sama, tetapi bisa juga untuk mendeteksi dan mengobati penyakit berbahaya yang mungkin tidak ketahui dari diri kita sendiri. Anda juga bisa mempelajari secara lengkap mengenai manfaat refleksi bagi tubuh.

Metode antara pijat dan refleksi tubuh juga berbeda. Pijat hanya menggunakan jari-jari dengan bantuan minyak agar melakukan pijatan bisa lebih licin. Sedangkan refleksi tubuh biasanya menggunakan beberapa macam alat bantu, seperti alat pijit, kayu, atau minyak tertentu. 

 

Jenis Refleksi yang Bermanfaat Bagi Tubuh

 

1. Pijat dengan Batu Panas

 

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau pijat refleksi sering menggunakan alat tertentu, seperti pijat refleksi pertama dalam daftar ini yang menggunakan batu panas sebagai alat pemijatannya. 

Seperti namanya, pijat refleksi dengan batu panas menggunakan batu yang bersuhu cukup tinggi yang dioleskan ke titik tertentu. Pijat refleksi batu panas berguna untuk membuat otot menjadi lebih rileks dan melancarkan aliran darah. 

Aliran darah yang lancar bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat serta menghindari anda dari penyakit berbahaya. 

 

2. Refleksi Kaki

 

 

Kaki, terutama telapak kaki mengandung banyak syaraf yang terhubung ke seluruh organ vital dalam tubuh manusia. Bahkan banyak orang meyakini kalau memijat telapak kaki bisa membuat kita menjadi lebih sehat. 

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki juga membuat syaraf di telapak kaki lebih terlatih sehingga bisa membuat kita sehat. Kalau anda perhatikan, ada beberapa sandal dengan tonjolan untuk menekan syaraf telapak kaki. 

Ada juga pijat refleksi pada kaki yang berfokus untuk menekan berbagai syaraf penting. Bagian yang biasanya dipijit adalah sela jari kaki, jari kaki, tumit, jempol kaki, dan punggung kaki. Biasanya refleksi kaki hanya menggunakan jari saja dengan minyak tertentu.

 

3. Akupuntur

 

 

Anda pasti tidak asing dengan akupuntur, sebuah teknik refleksi tubuh yang berasal dari China. Dalam teknik akupuntur, ada 14 energi chi yang mengalir di dalam tubuh. Agar aliran energi dapat berjalan dengan lancar, perlu diperlancar dengan menusukkan jarum. 

Akupuntur sering dijadikan pengobatan alternatif untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya, seperti nyeri badan, sakit kepala, dan migrain dalam jangka panjang. Tidak hanya sakit kepala dan nyeri, akupuntur juga bisa mengatasi nyeri sendi dan sakit gigi. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari akupuntur, mulai dari mengatasi mual hingga asma. 

 

4. Shiatsu

 

 

Pijat refleksi bernama shiatsu berasal dari Jepang dengan teknik yang terasa khas. Fungsi utama dari pijat refleksi shiatsu adalah untuk mengurangi rasa sakit, mengurangi stress, dan meningkatkan energi dalam tubuh. 

Yang membedakan shiatsu dengan pijat refleksi lainnya adalah pijat shiatsu tidak menggunakan berbagai macam alat dan lebih terlihat seperti pijat pada umumnya. Namun, dengan teknik yang berbeda. Aliran darah yang menjadi lebih lancar, pencernaan yang membaik, dan menyembuhkan nyeri otot adalah daftar manfaat dari pijat refleksi shiatsu.

 

Penunjang Refleksi Tubuh Agar Maksimal

 

Salah satu minyak yang bisa digunakan setiap saat yaitu minyak pegal linu modern dalam bentuk roll on. Memiliki efek relaksasi sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. 

 

 

Bahkan Anda bisa melakukan refleksi sendiri dengan menggunakan minyak pegal linu. Salah satu minyak pegal linu roll on  yang bisa anda gunakan untuk pijat refleksi adalah Minyak Gading Pegal Linu. Minyak Gading Pegal Linu terbuat dari essensial oil, menthol, dan camphor. 

Ketiga bahan tersebut sangat berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Untuk mendapatkan efek yang lebih optimal, oleskan juga Minyak Gading Pegal Linu di sekitar tubuh yang ingin direlaksasi. 

 

Melakukan refleksi tubuh sangat penting untuk menjaga stamina tubuh Anda ditengah jadwal kerja yang padat. Kalau ada waktu, sempatkan untuk melakukan refleksi tubuh. Setidaknya anda bisa melakukan peregangan ringan.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar