Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bekerja

Selasa, 28 Maret 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-sakit-pinggang-saat-bekerja

Ketika bekerja selama seharian, kemungkinan Anda hanya akan melakukan gerakan yang sama beberapa kali. Bahkan ada juga yang terus duduk di tempatnya tanpa pergi ke manapun. Hal inilah yang dapat memunculkan gejala sakit pinggang akibat bekerja.

Sakit pinggang adalah rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada bagian punggung bawah atau sampingnya. Perasaan sakit ini bisa hilang lalu timbul selama berkali-kali dan terasa sakit di satu sisi ataupun keduanya.

Rasa nyeri pinggang ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Alasan yang paling banyak terjadi, yaitu karena cedera otot atau cedera sendi di area ini.

Cedera ini bisa muncul karena dipengaruhi oleh beberapa alasan, seperti posisi tubuh yang salah, sering mengangkat benda berat, dan melakukan gerakan berulang-ulang. Selain karena suatu kegiatan, nyeri sakit pinggang ini juga bisa terjadi karena masalah organ dalam, seperti ginjal, adanya infeksi, dan masalah tulang belakang.

 

Gejala Sakit Pinggang Saat Bekerja

 

Sakit pinggang dapat memunculkan gejala yang berbeda di tiap individu. Hal ini dipengaruhi oleh sebab nyeri di bagian badan ini. Biasanya gejala tersebut berupa:

  • rasa pegal, kaku, dan seperti ditusuk di pinggang;
  • rasa nyeri yang menjalar dari pinggang ke bagian lainnya, seperti bokong hingga kaki;
  • kesulitan untuk bergerak ataupun berdiri tegak dikarenakan rasa nyeri di bagian pinggang;
  • rasa sakit yang terus memburuk ketika melakukan gerakan membungkuk;
  • rasa nyeri ketika mengangkat beban berat;
  • sakit ketika melakukan gerakan berjalan; dan
  • perasaan lemah pada tungkai bahkan terasa seperti mati rasa.

 

Sakit pinggang ini bisa terjadi hingga beberapa hari. Namun, untuk beberapa kasus, banyak juga yang mengalami sakit pinggang hingga berbulan-bulan lamanya. Hal ini karena sakit pinggang yang memang sudah parah atau karena sakit pinggang tersebut terjadi karena faktor penyakit lainnya.

Jika Anda sudah mengalami beberapa gejala sakit pinggang di atas, sebaiknya segera menghubungi dokter ahli terdekat untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan penyakit. Jika dibiarkan, hal ini bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda.

Sebelum itu, Anda bisa membaca informasi mengenai penyebab dan juga cara mengatasi sakit pinggang yang muncul di badan. Informasi tersebut bisa Anda baca di artikel ini. 

 

Penyebab Sakit Pinggang Saat Bekerja

 

Hidup dengan gaya hidup super sibuk dan produktif bisa menjadi alasan munculnya beberapa penyakit pada tubuh Anda. Salah satu penyakit tersebut adalah sakit pinggang. Walaupun terdengar sepele, tetapi sebenarnya penyakit ini bisa sangat mengganggu dan sangat mungkin untuk membuat aktivitas jadi terhambat.

Maka dari itu Anda harus mengetahui informasi mengenai penyebab sakit pinggang yang muncul di badan. Berikut ini adalah beberapa rangkuman yang bisa Anda baca. 

 

a. Terlalu Banyak Duduk

 

Duduk terlalu lama menjadi penyebab sakit pinggang yang terjadi pada para karyawan. Resiko duduk terlalu lama akan membuat rasa nyeri dan pegal di pinggang Anda. Hal ini akan semakin terasa ketika Anda duduk di tempat yang keras dan tidak nyaman.

Pada karyawan yang seharian berkutat di depan komputer, hal ini bisa menjadi penyebab utama karena kelamaan duduk bisa membuat otot kaku di bagian leher, bahu, lutut, hingga pinggang. Hal ini akan menjadi semakin parah ketika kegiatan duduk ini dilakukan berjam-jam dan berhari-hari lamanya. Rasa sakit akan semakin menjadi-jadi bahkan menyebabkan komplikasi lainnya.

Ketika Anda berada di rentang umur 30-an, resiko sakit pinggang karena kebanyakan duduk ini jadi semakin tinggi. Hal ini dikarenakan kepadatan tulang orang dewasa akan jadi semakin menurun ketika umurnya bertambah.

Di umur 30-an ke atas, Anda juga bisa mengalami pengikisan bantalan tulang belakang. Hal ini diakibatkan oleh penuaan pada tubuh. Kondisi inilah yang bisa membuat sakit pinggang jadi lebih sering terjadi ketika berada di usia dewasa.

Duduk terlalu lama juga akan menimbulkan rasa sakit di pinggang ketika Anda memiliki berat badan berlebihan atau obesitas. Hal itu menyebabkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Kenali beberapa Akibat Duduk Terlalu Lama Saat Bekerja yang perlu diantisipasi.

 

b. Kurang Gerak

 

Kurang gerak adalah penyebab lain tentang kenapa punggung sakit saat duduk terlalu lama. Ketika duduk terlalu lama, Anda hanya akan menggunakan beberapa gerakan kecil sehingga sebagian besar tubuh akan diam di tempat. Hal inilah yang membuat rasa sakit di bagian pinggang terus muncul.

Ketika terlalu lama berada dalam kondisi kurang gerak, tubuh akan terasa kaku dan menyebabkan rasa sakit. Hal ini akan semakin menjadi-jadi jika Anda tidak pernah melakukan olahraga di luar waktu kerja.

Olahraga bisa membantu kondisi tubuh agar bisa jadi lebih fit. Namun, kalau Anda terus melewatkan waktu olahraga dan hanya malas-malasan, tubuh akan memunculkan rasa nyeri dan sakit karena terus berada dalam satu posisi sehingga membuat badan kaku. 

 

c. Otot Tegang

 

 

Kebanyakan duduk atau berada dalam satu posisi akan membuat otot menjadi kaku. Jika dalam posisi kaku ini otot digunakan untuk aktivitas yang tiba-tiba, maka bisa menjadi penyebab munculnya rasa sakit di bagian pinggang Anda.

Otot yang tegang bisa terjadi karena gerakan tiba-tiba setelah berada dalam suatu posisi. Otot tulang akan menegang sehingga memunculkan rasa sakit. Hal ini dikarenakan adanya ligamen dan otot yang robek.

Rasa sakit ini bisa saja berubah menjadi cedera yang bisa mengurangi produktivitas Anda. Hal ini akan membuat kegiatan sehari-hari menjadi tidak nyaman bahkan dapat membuat kegiatan terhenti begitu saja. Apalagi jika Anda berada di usia dewasa yang rawan akan pengikisan tulang. Adanya cedera akan memberikan efek negatif bagi tubuh. 

 

Berikut Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bekerja

 

Setelah mengetahui penyebab dari munculnya sakit pinggang, kini Anda pun bisa menambah informasi berguna mengenai cara mengatasi sakit pinggang terlalu lama bekerja.

Dengan beberapa tips ini, Anda akan bisa mengurangi bahkan menghilangkan nyeri yang terus melanda tubuh Anda. Kalau sudah hilang, Anda pun bisa kembali meneruskan aktivitas kerja dan bisa jadi lebih produktif lagi.

Berikut ini beberapa anjuran dokter dikutip dari halodoc.com untuk mengatasi sakit pinggang yang datang.

 

1. Posisi Duduk

 

Posisi tubuh bisa sangat mempengaruhi kesehatan badan. Posisi dalam berkegiatan, seperti tidur, berdiri, hingga duduk ini akan menentukan kinerja otot sehingga berpengaruh pada kondisinya. Jika Anda melakukan kegiatan yang berulang-ulang dengan posisi yang salah, maka hal ini akan membuat rasa sakit pada bagian tertentu.

Untuk sakit pinggang, posisi duduk Anda sehari-hari bisa sangat menentukan. Sakit pinggang karena terlalu lama duduk ini biasanya terjadi karena postur dan posisi yang tidak bagus.

Untuk Anda yang sehari-hari bekerja di kantor, tempat kerja dan kursi yang diduduki bisa menentukan. Maka dari itu, pastikan untuk memiliki meja dengan ketinggian yang pas dengan tubuh Anda. Selain itu, gunakan juga kursi yang nyaman dan tidak terlalu pendek atau terlalu tinggi.

Ketika bekerja di rumah, usahakan untuk tidak mengerjakan tugas dengan posisi tidur terus menerus. Pastikan juga bahwa Anda memiliki sandaran agar punggung tidak sakit dan menjadi bungkuk. 

 

2. Berolahraga

 

Cara mengatasi rasa sakit di pinggang lainnya, yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga akan dapat membantu memperkuat otot di tubuh dan meningkatkan fleksibilitas badan di bagian pinggang Anda. Dengan begitu, gejala sakit pinggang akan reda dan menghalanginya untuk datang lagi.

Jika masih merasakan sedikit sakit di pinggang, Anda bisa memilih olahraga yang tidak berpotensi mencederai tubuh. Salah satunya, yaitu dengan olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, atau yoga. Beberapa olahraga ini sangat cocok untuk penderita sakit pinggang karena tidak memberi beban berat di sendi.

Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ini secara teratur agar efeknya bisa maksimal. Lakukan dal 3 hingga 4 kali seminggu dengan rata-rata waktu 30 menit hingga 1 jam. Aktivitas ini akan memberikan perubahan pada tubuh Anda. 

 

3. Konsumsi Air Putih Secukupnya

 

Cara mengatasi sakit pinggang lainya, yaitu dengan rajin mengkonsumsi air putih setiap hari. Ketika bekerja seharian dalam posisi duduk, Anda sebaiknya tidak meminum minuman yang memiliki banyak gula karena dapat mempengaruhi kerja ginjal.

Sebaiknya, Anda memilih air putih karena dapat membantu menjaga agar cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi. Jika cairan tubuh sudah terpenuhi, maka tubuh akan terhindar dari adanya penyakit lainnya. Apalagi jika sering duduk, penyakit ginjal dan sakit di kandung kemih bisa saja muncul.

Maka dari itu Anda harus selalu menyiapkan air putih di meja kerja Anda. Sebaiknya, siapkan sebanyak sekitar 2 liter agar konsumsi air seharian terpenuhi. Berikan jadwal minum, jika Anda masih belum terbiasa dengan kegiatan ini. 

 

4. Lakukan Peregangan

 

 

Cara menghilangkan sakit pinggang karena terlalu lama duduk yang selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan akan mengatasi kondisi otot yang tegang karena berada dalam satu posisi dalam waktu yang lama. Otot yang tegang ini biasanya dikarenakan kurang gerak dan juga terlalu lama duduk.

Untuk meredakan rasa pegal di pinggang dan mencegahnya semakin parah, Anda bisa melakukan peregangan jenis forward bend. Forward bend dilakukan dengan berdiri di dekat meja atau kursi lalu menekuk pinggang dan meraih bagian pinggir meja tadi dan tahan selama beberapa detik. 

Lakukan gerakan ini secara berulang selama beberapa kali. Lalu ulang dengan sisi yang lain. Gerakan ini akan dapat mengatasi rasa sakit di pinggang setelah terlalu lama bekerja. Bagian tubuh yang pegal akan menjadi lebih rileks dan nyaman setelahnya. 

 

5. Atur Waktu Duduk

 

Pinggang sakit saat duduk terlalu lama bisa diatasi dengan melakukan pengaturan waktu duduk saat bekerja. Walaupun bekerja itu penting, tetapi Anda harus bisa mengatur waktu agar kesehatan juga tetap terjaga. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur waktu duduk.

Caranya dengan memberi jeda waktu di tengah pekerjaan. Jeda waktu ini bisa Anda gunakan untuk melakukan peregangan atau berjalan-jalan sebentar. Kegiatan sederhana ini bisa membantu agar otot tidak tegang sehingga pinggang tidak sakit.

Beri jeda selama beberapa jam sekali. Kalau bisa setiap satu jam sekali, Anda bisa beristirahat atau sekedar berdiri dari tempat duduk. Dengan begitu Anda bisa mencegah munculnya rasa sakit di bagian pinggang.

Apalagi jika Anda bekerja di rumah, memiliki pengaturan waktu akan membantu Anda menjadi disiplin dan lebih sehat dalam keseharian. 

 

6. Kendalikan Berat Badan

 

Cara mengatasi rasa sakit di pinggang bisa juga diatasi dengan mengendalikan berat badan Anda. Apalagi jika berat tubuh sudah mulai naik. Hal ini sangat bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang.

Berkegiatan di kantor tanpa melakukan banyak gerakan atau olahraga bisa menyebabkan berat badan naik. Berat yang naik akan memberikan beban tambahan ke tubuh sehingga muncul rasa sakit di bagian pinggang.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengatur pola makan agar bisa tetap seimbang dan sehat. Atur jumlah kalori yang masuk dan jangan jajan berlebihan. Jika teratur, maka berat badan tidak akan mudah naik. 

 

7. Relaksasi Otot

 

Cara lainnya yang bisa membantu agar pinggang tidak sakit adalah dengan melakukan relaksasi otot. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memijat tubuh. Ketika memijat tubuh, maka otot akan menjadi terasa lebih rileks.

Selain pijat, Anda juga bisa menggunakan aromaterapi dengan bau yang menyegarkan agar tubuh dan pikiran menjadi rileks. Safecare Minyak Aromatherapy Strong sangat cocok untuk membantu melemaskan otot-otot Anda.

 

 

Kandungan mentol, essential oil, dan camphor di dalamnya akan memberikan rasa nyaman dan rileks kepada Anda. Oleskan Safe Care Minyak Angin Aromaterapi Strong pada bagian yang sakit atau hirup aromanya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah rileks dan menghindari sakit pinggang. Ada dua varian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yakni 5mL atau 10mL.

Ketika bekerja terlalu lama pinggang sakithal ini bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang yang cukup aktif dan sibuk di kesehariannya, maka munculnya sakit pinggang bisa menjadi penghambat. Kini Anda telah mengetahui beberapa penyebabnya dan cara mengatasi sakit satu ini. Kalau masih merasakan sakit yang sama hubungi dokter profesional untuk pengobatan yang pas. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar