Apa Saja Persiapan Mudik Bersama Anak?

Rabu, 29 Maret 2023 | Safecare Admin



Persiapan-Mudik-Bersama-Anak

Mudik memang menjadi bagian dari tradisi sosial masyarakat Indonesia yang tidak terpisahkan. Setiap tahun di perayaan Idul Fitri, berjuta-juta umat muslim merayakannya dengan pergi ke kampung halaman. Hal ini tentu banyak menimbulkan berbagai dampak pada diri sendiri.

Demi mempersiapkan diri menghadapi musim mudik yang semakin dekat, sebaiknya Anda mengatur beberapa hal yang wajib dibawa dan juga dilakukan ketika dalam perjalanan. Mengatur hal ini jauh-jauh hari akan membantu membuat perjalanan jadi lebih lancar dan tanpa hambatan.

Kalau Anda masih bingung harus melakukan persiapan apa, Anda bisa menyimak informasi berikut agar tidak ketinggalan informasi. Lakukan langkah persiapan di bawah ini secara lengkap agar mudik jadi menyenangkan ya. 

 

Persiapan Mudik Menggunakan Mobil

Pengaturan persiapan mudik yang pertama akan sangat cocok untuk Anda yang menggunakan mobil untuk pergi ke kampung halaman. Persiapan mudik naik mobil mungkin akan terkesan lebih mudah daripada naik motor, tetapi persiapan ini tidak boleh sembarangan dilakukan ya. 

 

1. Pakaian Anak & Perlengkapan Lainnya

Jika menanyakan tentang apa saja persiapan mudik yang harus dilakukan dengan keluarga, maka jawaban utamanya, yaitu masalah pakaian. Pakaian adalah hal krusial yang perlu menjadi pertimbangan utama dalam perjalanan pulang kampung. Hal ini karena Anda akan bertemu dengan orang banyak di kampung halaman.

Jika berpakaian tidak pas, maka akan membuat Anda malu sendiri. Untuk itu, persiapkanlah pakaian yang tepat ketika mudik. Pertama-tama, ketahui dulu jumlah hari Anda menginap di kampung. Jika sudah, maka hal ini bisa menjadi patokan Anda untuk mengatur jumlah pakaian.

Pilih pakaian yang sekiranya sesuai dengan acara yang ada. Kalau ada acara formal, bawa baju formal yang sekiranya cocok untuk suasana. Jika tidak, sebaiknya menggunakan pakaian santai dengan tema lebaran seperti biasanya.

Jangan lupa juga membawa baju ganti untuk dipakai di tengah perjalanan mudik. Hal ini untuk berjaga-jaga jika perjalanan menjadi terlalu panjang dan Anda sudah tidak nyaman mengenakan pakaian selama beberapa jam lamanya. 

 

2. P3K dan Obat-obatan

Hal kedua yang patut Anda kemas ketika bepergian dengan mobil, yaitu obat-obatan dan P3K. Anda tidak tahu penyakit apa yang bisa muncul di tengah perjalanan mudik Anda dan apa saja hal yang akan terjadi di jalan. Untuk itu, Anda sebaiknya membawa beberapa obat yang pas.

Bawa juga obat-obatan yang biasa dikonsumsi oleh anggota keluarga. Obat pereda pusing dan nyeri bisa jadi solusi ketika terlalu lama di mobil. Selain itu, Anda juga bisa membeli obat mabuk darat untuk berjaga-jaga ketika dalam perjalanan.

Jika Anda membawa anak, persiapkan juga obat yang sesuai dengan umur anak Anda. Jangan sampai anak rewel di tengah perjalanan dan membuat keluarga bingung.

Kemas juga obat merah dan perban untuk kondisi darurat di jalan. Plester juga sangat disarankan untuk dibawa agar tidak perlu bingung membeli ke tempat lain lagi. Berikut rekomendasi P3K dan obat-obatan yang bisa dibawa saat mudik.

 

3. Kursi Anak

Persiapan mudik untuk si kecil bisa dilakukan dengan menyiapkan perlengkapan mereka. Jika Anda membawa bayi yang masih belum bisa duduk sempurna, maka sebaiknya membawa kursi anak yang dipasangkan ke mobil. Dengan begitu, anak akan jadi lebih aman ketika berkendara di jalan.

Hal ini juga akan membantu agar sekeluarga tidak kerepotan memangku bayi tersebut. Jadi, balita Anda bisa nyaman duduk sendiri di tempatnya. Pastikan bahwa kursi anak ini sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman agar bayi Anda bisa aman ketika di mobil.

Adanya kursi anak di dalam mobil dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan. Apalagi Anda tidak tahu apa saja yang mungkin dilalui saat dalam perjalanan mudik. 

 

4. Jacket dan Selimut

Perjalanan mudik yang jauh bisa sangat melelahkan. Apalagi bagi Anda yang memiliki kampung halaman yang cukup jauh dan harus menempuh waktu berjam-jam lamanya. Bahkan, beberapa orang harus melalui waktu beberapa hari untuk bisa sampai di tempat tujuan.

Jika Anda adalah salah satunya, maka sebaiknya sekeluarga menyiapkan perlengkapan tambahan, seperti jaket dan selimut. Barang-barang ini akan membantu Anda dan keluarga melewati malam-malam yang dingin dengan lebih hangat. Apalagi jika tempat tujuan akhir adalah tempat dengan wilayah cukup tinggi dan dingin.

Membawa jaket dan selimut akan menjadi penyelamat tubuh Anda. Jangan sampai sekeluarga merasakan dingin di tengah malam dan tidak bisa menemukan tempat penjual selimut dan jaket ya. Hal ini bisa membuat perjalanan mudik jadi sangat merepotkan. 

 

5. Camilan dan Minuman

Persiapan mudik lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu mempersiapkan camilan serta makanan dan minuman. Menghabiskan waktu di dalam mobil bisa sangat membosankan. Apalagi kalau harus dilakukan selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Anda bisa ditelan oleh rasa bosan.

Maka dari itu, menyiapkan camilan dan makanan untuk mudik menjadi sangat penting. Anda bisa mengisi energi dengan memakan camilan saat di jalan dan terhindar dari rasa bosan karena kurangnya kegiatan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan minuman yang disukai oleh satu keluarga ya.

Dengan menyiapkan camilan dan minuman, Anda juga bisa lebih hemat karena tidak perlu membeli di tempat peristirahatan lagi. Apalagi camilan di tempat peristirahatan biasanya akan lebih mahal dari harga normal. 

 

6. Waktu Mudik Ideal

 

 

Persiapan sebelum mudik lebaran yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memilih waktu mudik yang pas. Waktu mudik biasanya akan dipenuhi oleh pengendara lain bahkan bis-bis yang juga sedang menuju ke kampung halaman masing-masing. Jika memilih waktu mudik yang tidak tepat, maka bisa membuat Anda terjebak dalam kemacetan yang panjang.

Ditambah lagi, tahun ini sudah tidak dibatasi oleh pandemi. Kegiatan bepergian antar kota dan provinsi akan semakin meningkat. Hal inilah yang harus jadi motivasi Anda untuk memilih waktu mudik yang pas. Cobalah diskusikan dengan anggota keluarga lainnya kapan waktu yang pas ini.

Jangan lupa juga untuk menggunakan waktu libur anak dan keluarga sebagai bahan pertimbangan. Kalau bisa, lakukan perjalanan mudik jauh-jauh hari sebelum hari lebaran agar lebih sepi. 

 

7. Istirahat di Rest Area

Persiapan mudik dengan bayi biasanya akan lebih rumit daripada sendiri. Anda juga harus memperhatikan kondisi bayi Anda. Bayi bisa saja merasa stres setelah berkendara di dalam mobil selama berjam-jam lamanya.

Hal ini bisa menyebabkan anak jadi rewel dam menangis terus menerus. Jika sudah begitu, cobalah untuk merubah suasana dan berhenti dari perjalanan untuk sejenak. Anda bisa melakukan perhentian di area peristirahatan untuk memulihkan energi.

Selain berguna untuk bayi dan anak, waktu istirahat ini juga sangat berguna untuk kondisi orang dewasa. Orang dewasa juga bisa merasa lelah karena mudik. Maka dari itu, jangan sungkan untuk menghabiskan waktu dan berfoto-foto di area peristirahatan terdekat. 

 

Persiapan Mudik Menggunakan Motor

Persiapan mudik yang kedua, yaitu untuk Anda yang memilih menggunakan motor sebagai kendaraan. Persiapan mudik naik motor mungkin akan terasa lebih repot karena ruang gerak yang sedikit. Akan tetapi, Anda bisa mempermudahnya dengan melakukan tips berikut ini. Ikuti tipsnya di bawah ini ya.

 

1. Posisi Duduk Anak

Persiapan mudik untuk bayi dan anak balita dengan menggunakan motor akan cukup rumit. Anda tidak hanya perlu memperhatikan barang bawaan, tetapi juga harus memperhatikan tempat duduk anak di jok motor. Jangan sampai tempat duduk anak diatur asal-asalan saja ya.

Ketika berada dalam perjalanan mudik menggunakan motor, sebaiknya posisikan anak di tengah-tengah orang tuanya. Posisi ini akan membuat anak jadi lebih aman dari angin dan juga benturan. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan kursi boncengan anak untuk perjalanan mudik.

Kursi boncengan anak ini akan memastikan keamanan anak saat mudik. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir dan bisa fokus dalam perjalanan.

Namun, Anda juga masih perlu berhati-hati dalam perjalanan. Penggunaan motor untuk anak masih tetap berbahaya, jadi sebaiknya orang tua bisa waspada ketika dalam perjalanan. 

 

2. Pakaian Tebal yang Nyaman

 

 

Perjalanan menggunakan motor akan berbeda dengan menggunakan mobil. Jika dalam mobil, maka Anda akan terlindungi dari adanya angin dan juga terpaan hujan di luar. Sedangkan untuk motor, Anda bisa saja terkena hujan di tengah perjalanan.

Selain itu, ketika menggunakan motor, Anda juga akan terus terkena angin kencang ketika dalam perjalanan. Hal ini bisa menyebabkan masuk angin, demam, hingga flu pada tubuh. Demi mencegah kondisi seperti ini, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang tebal dan tahan akan angin.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terkena penyakit karena cuaca yang tidak mendukung. Lengkapi juga pakaian tebal pada anak agar mereka terlindungi dengan baik. 

 

3. Jas Hujan

Persiapan untuk menghadapi waktu mudik dengan motor, yaitu dengan menyiapkan jas hujan. Ketika menggunakan motor, Anda akan terkena terpaan cuaca yang tidak menentu. Perubahan cuaca ini akan langsung dirasakan oleh pengendara motor.

Maka dari itu, akan bijak jika Anda mempersiapkan jas hujan jauh-jauh hari sebelumnya. Persiapkan jas hujan di tas dengan akses yang mudah. Jadi ketika tiba-tiba hujan, Anda tidak perlu mencari-cari lagi di dalam barang bawaan. Hal ini bisa mencegah sekeluarga dari terkena terpaan hujan deras.

Siapkan juga jas hujan yang sesuai dengan ukuran tubuh masing-masing. Jika ada bayi atau balita, lebih baik meneduh dahulu agar tidak membahayakan kondisinya. 

 

4. Masker dan Kacamata

Persiapan selanjutnya untuk menghadapi waktu mudik dengan motor, yaitu menggunakan masker dan juga kacamata. Masker akan sangat dibutuhkan ketika Anda berada di jalan yang penuh dengan polusi dan bau tidak sedap. Jadi, Anda bisa terlindung dan menjaga agar wajah tidak terkena banyak kotoran dan debu.

Sementara itu, kacamata akan berguna ketika berada di jalan yang ramai. Hal ini karena debu di jalan bisa mengganggu penglihatan Anda. Dengan adanya kacamata, Anda juga bisa terhindar dari silau matahari di siang bolong. 

 

5. P3K dan Obat-obatan

Persiapan lainnya, yaitu dengan membawa P3K dan juga obat-obatan yang diperlukan. Berbeda dengan mobil, perjalanan dengan motor bisa sangat melelahkan. Anda tidak bisa dengan bebas tidur di jalan jika lelah. Hal ini pun bisa menurunkan kondisi tubuh.

Maka dari itu, Anda bisa mempersiapkan beberapa obat yang dapat menjadi penyelamat saat mudik. Bawa obat dam juga vitamin yang pas. Selain itu, bawa juga balsem atau minyak angin agar tubuh tidak terkena demam atau penyakit lainnya karena perjalanan mudik.

Siapkan juga beberapa obat untuk luka dan juga plester atau perban. Hal ini digunakan untuk persiapan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Berkendara di jalan dengan motor bisa sangat beresiko, akan lebih baik jika Anda selalu berjaga-jaga. 

 

6. Sepatu

Persiapan berikutnya dalam menyambut waktu mudik adalah dengan menyiapkan sepatu yang pas. Ketika mudik dengan motor, Anda akan diterpa dengan cuaca yang tidak menentu dan juga terkena gempuran angin di jalan. Selain itu, panas matahari juga bisa membuat perjalanan jadi tidak nyaman.

Untuk membantu perjalanan mudik, sebaiknya Anda memilih menggunakan sepatu yang pas agar tidak merasa kesusahan ketika di dalam perjalanan. Gunakan sepatu yang tidak menyerap panas matahari. Kalau bisa, Anda juga bisa memilih sepatu yang tahan air agar ketika hujan tidak perlu berganti sepatu lagi.

Jika menggunakan sepatu yang tidak tahan air, maka Anda akan memiliki kemungkinan terkena serangan masuk angin bahkan demam karena air merembes masuk. Hal ini akan memperlambat perjalanan dan membuat Anda tidak nyaman nantinya. 

 

7. Waktu Ideal Untuk Istirahat 

Berkendara dengan motor selama beberapa jam pasti akan membuat tubuh jadi lelah. Maka dari itu, Anda bisa mengatur waktu agar bisa istirahat sejenak dari perjalanan. Apalagi jika tempat tujuan Anda sangat jauh.

Coba istirahat di Pom Bensin terdekat atau mampir ke rumah makan. Jadi, Anda bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari penat perjalanan mudik. Anda pun bisa jadi lebih segar dan tidak kelelahan lagi 

 

8. Minyak Telon

Persiapan berikutnya yang wajib Anda lakukan, yaitu dengan membawa minyak telon. Minyak telon akan berguna untuk memberi kenyamanan pada tubuh yang terkena angin karena bepergian. Minyak telon ini tidak hanya berguna untuk bayi atau anak-anak saja, tetapi juga untuk orang dewasa.

Gunakan Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy yang memiliki kualitas dan harum yang khas untuk menghangatkan tubuh tubuh. Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy membantu meredakan perut kembung, memberikan rasa hangat, dan membantu menghindari gigitan nyamuk.

Anda cukup mengoleskan Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy secukupnnya pada bagian yang diperlukan. Jadi, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan lebih nyaman dan segar. 

Itu dia beberapa informasi mengenai tips persiapan mudik untuk yang menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan mobil. Keduanya memiliki persiapan yang berbeda karena medan dan kendaraan yang digunakan. Lakukan persiapan untuk mudik ini dengan teliti agar tidak ada yang tertinggal ketika Anda bersilaturahmi di kampung halaman tercinta. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar