Cara Mengatasi Pundak Pegal dan Berat

Rabu, 29 Maret 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-pundak-pegal

Sebagai generasi produktif, memang sudah seharusnya untuk bisa menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya, yaitu melakukan pekerjaan dengan baik. Terkadang, saking baiknya pekerjaan yang sudah dilakukan, sampai-sampai bisa membuat pundak dan tangan kiri pegal.

Rasa pegal ini bisa saja dibarengi dengan perasaan nyeri leher dan kaku di bagian pundak Anda. Beberapa kasus bahkan bisa juga dibarengi dengan adanya sakit kepala yang mengganggu.

Leher sendiri memiliki struktur otot, tulang, saraf, pembuluh darah, ligamen, dan juga tulang belakang. Dengan adanya struktur ini, dapat memungkinkan leher dan pundak bergerak secara lebih fleksibel dan dapat menahan beban.

Jika Anda menggunakan bagian tubuh ini untuk kegiatan yang terlalu berat dan dilakukan selama berjam-jam, maka bisa membuat struktur tubuh tersebut menjadi terlalu banyak menahan beban. Alhasil, pundak pun jadi terasa pegal dan nyeri.

Namun, untuk langkah awalnya Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut agar nyeri di pundak bisa segera reda. Ikuti dengan seksama dan teliti agar tidak salah langkah. Berikut ini beberapa cara mengatasinya: 

 

1. Lakukan Perenggangan

 

 

Cara mengatasi pundak pegal dan nyeri yang pertama, yaitu dengan melakukan aktivitas peregangan. Pundak yang pegal bisa terjadi karena ada otot yang kaku dan tegang. Keadaan ini jika diteruskan terlalu lama, maka akan memunculkan rasa nyeri serta pegal pada bagian tubuh yang digunakan.

Kalau Anda sehari-hari bekerja di depan komputer, maka besar kemungkinan bahwa pundak akan terasa pegal di akhir hari. Saat hal itu terjadi, Anda bisa melakukan langkah-langkah peregangan sederhana agar rasa nyeri bisa teratasi.

Untuk meredakan nyeri di pundak, Anda bisa melakukan peregangan berikut ini:

  • Tegakkan bahu dan pundak, arahkan mata ke depan lalu turunkan dagu hingga menyentuh dada. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.
  • Tegakkan bahu dan pundak, lalu miringkan kepala ke kanan selama 30 detik. Setelah itu, lanjut ke arah kiri selama 30 detik juga.
  • Putar-putar kepala ke arah jarum jam selama beberapa putaran, lalu ulangi ke arah berikutnya.

Dengan cara ini, Anda akan bisa meredakan nyeri di pundak dan bagian lainnya dengan seketika. Lakukan peregangan ini selama beberapa jam sekali agar otot tidak kaku lagi. 

2. Perbaiki Postur Duduk Saat Bekerja

 

 

Penyebab Pundak Terasa Berat dan Pegal bisa saja karena Anda memiliki postur yang salah ketika bekerja. Ketika bekerja, Anda menghabiskan waktu seharian hingga 8 jam lamanya. Selama waktu ini, kalau Anda memiliki postur tubuh yang buruk, maka akan menimbulkan perasaan sakit pada beberapa bagian tubuh seperti pundak. 

Apalagi bagian lengan dan sekitarnya biasa digunakan ketika berada di depan komputer. Jika postur tubuh tidak sehat dan tidak pernah diperbaiki, maka Anda akan mulai merasakan sakit di daerah ini. Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki postur Anda.

Untuk menerapkan postur tubuh yang baik, Anda bisa mencoba menggunakan beberapa model kursi baru yang terasa cocok di tubuh. Sebisa mungkin kursi yang Anda gunakan memiliki bentuk lekukan yang membantu postur.

Pastikan juga bahwa tinggi meja dan kursi sesuai dengan Anda. Karena ketika tingginya tidak sesuai, bisa menimbulkan rasa sakit di tubuh bahkan bisa menyebabkan punggung bungkuk.

Jika sudah pas, maka latih punggung Anda supaya tidak membungkuk dan menggunakan postur sempurna. Tegakkan punggung, ratakan bahu, dan arahkan kaki sejajar. 

 

3. Lakukan Pergerakan Kecil

 

Cara menghilangkan pegal di pundak saat berkegiatan, yaitu dengan melakukan pergerakan kecil di sela-sela aktivitas. Otot yang kaku dan tegang bisa terjadi karena berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini akan mengakibatkan rasa pegal dan nyeri di bagian bahu hingga pundak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan pergerakan kecil dan sederhana agar bisa melemaskan otot-otot. Cara sederhananya, yaitu dengan berjalan-jalan selama beberapa menit. Hal ini bisa membantu agar Anda tidak terasa pegal lagi.

Kalau tidak ada waktu untuk berjalan-jalan karena kesibukan, maka Anda juga bisa melakukan gerakan berdiri di sela-sela aktivitas. Dengan begitu, otot tidak akan terasa kaku dan bisa rileks lagi.

Untuk efek lebih maksimal, sebaiknya Anda melakukan aktivitas kecil ini selama beberapa jam sekali agar rasa pegal tidak datang lagi. Kalau bisa, Anda dapat melakukan aktivitas ini dilengkapi dengan peregangan sederhana sehingga bisa memaksimalkan kerja otot agar tidak terjebak dalam satu posisi terlalu lama. 

 

4. Konsumsi Rempah Kunyit dan Jahe

 

Cara mengatasi pegal di pundak yang keempat, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Salah satunya dengan kombinasi kunyit dan jahe. Kedua rempah khas ini memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk organ tubuh, tetapi juga dapat meringankan pegal dan nyeri pada pundak.

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa pegal di pundak. Jahe sendiri memang sudah banyak digunakan untuk campuran berbagai obat atau jamu penghilang pegal.

Sementara itu, kunyit memiliki senyawa curcumin yang cocok untuk mengatasi pegal di tubuh. Kunyit juga memiliki fungsi anti inflamasi dan anti peradangan yang akan membantu meringankan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh.

Kombinasi keduanya bisa sangat manjur untuk membuat tubuh segar dan tidak kaku lagi. Untuk konsumsi, coba seduh kedua rempah ini dalam satu wadah. Lalu, minum air rebusannya.

Jika dilakukan secara rutin, maka Anda akan bisa merasakan manfaatnya. Pastikan bahwa kunyit dan jahe sudah bersih sebelum dimasak agar tidak menyebabkan penyakit. 

 

5. Kompres Air Dingin atau Hangat

 

Cara untuk meredakan nyeri dan pegal di pundak lainnya, yaitu dengan mengompres bagian yang sakit dengan air dingin atau hangat. Ketika memberikan kompres di pundak, Anda akan membantu agar pundak dan bagian lainnya jadi lebih rileks sehingga tidak kaku lagi. Penggunaan kompres ini bisa bergantian dari air dingin ke air hangat agar lebih maksimal.

Ketika nyeri di pundak terjadi selama kurang lebih 2 hari, Anda bisa meredakannya dengan memberi kompres dingin. Caranya, yaitu dengan membungkus es dengan kain atau handuk. Setelah itu, tempelkan kompres ke bagian yang nyeri selama 15 menit.

Selanjutnya, Anda bisa mengganti kompres dingin dengan air hangat. Tempelkan kain atau handuk ke air hangat, lalu letakkan pada bagian yang sakit. Biarkan hingga beberapa menit.

Untuk pergantian kompres, sebaiknya diberi jeda hingga 1 jam agar tubuh tidak kaget. Lakukan selama beberapa hari agar otot Anda jadi lebih rileks. 

 

6. Lakukan Refleksi

 

Cara lain untuk menghilangkan pegal dan nyeri di pundak adalah dengan melakukan refleksi. Refleksi Tubuh atau pijat bisa membantu melemaskan otot yang tegang dan kaku. Hal ini bisa membantu agar rasa nyeri bisa hilang dengan seketika.

Kalau Anda ingin melakukan pijat ini secara mandiri, coba tekan-tekan bagian yang sakit dengan lembut selama beberapa waktu. Gunakan minyak pijat agar efeknya jadi lebih terasa.

Namun, jika ingin menggunakan jasa pijat atau terapis, pastikan kalau penyebab pegal Anda bukanlah karena cedera atau terkilir. Jika Anda mengalami cedera dan memaksa dipijat, maka akan sangat membahayakan tubuh Anda.

Walaupun begitu, mendapatkan pijat dari ahlinya memang terasa lebih manjur. Pastikan kalau ahli pijat atau terapis memang sudah berpengalaman dan tidak memiliki reputasi yang jelek. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi. 

 

7. Berendam Garam Epsom

 

Cara lain untuk mengatasi pundak pegal dan berat, yaitu dengan berendam di air hangat dengan dilengkapi garam epsom. Setelah beraktivitas dan merasakan pegal di badan, melakukan perendaman dengan air hangat akan memberi efek positif pada tubuh. Hal ini akan membuat badan jadi lebih rileks dan nyaman. Dengan begitu, rasa pegal akan jadi tidak datang lagi.

Untuk melengkapi aktivitas ini, Anda juga bisa menambahkan garam epsom ke bak mandi Anda. Garam epsom sudah dikenal banyak orang karena khasiatnya untuk tubuh yang dapat melancarkan sirkulasi darah serta mengendurkan otot-otot tubuh.

Di dalam garam ini, ada senyawa magnesium sulfat yang baik untuk badan. Dengan begitu, pegal di pundak dan bagian lainnya akan terasa lebih lega dan sembuh.

Untuk melakukan aktivitas ini, pastikan air sudah berada di tinggi yang pas sehingga seluruh badan terendam sempurna. Jangan lupa persiapkan air hangat dengan suhu yang pas supaya tidak terasa terlalu dingin atau terlalu panas. 

 

8. Relaksasi Saat Tidur

 

 

Rasa pegal dan nyeri di pundak bisa juga terjadi karena Anda sedang sangat lelah. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Padahal tidur adalah kegiatan yang sangat penting untuk mengembalikan energi dan kesegaran tubuh.

Maka dari itu, langkah selanjutnya untuk menyembuhkan pegal, yaitu dengan melakukan relaksasi saat tidur. Dengan cara ini, tidur akan jadi lebih nyaman dan tidak terganggu karena pegal.

Caranya yaitu dengan memposisikan diri dalam posisi yang nyaman. Setelah itu, cobalah rileks dengan menarik napas dalam-dalam, lalu buang. Lakukan beberapa kali agar tubuh jadi lebih rileks.

Setelah itu, coba fokus pada hal yang menyenangkan. Cobalah untuk membuang semua pikiran negatif yang membuat stres dan rasa lelah muncul. Fokuskan pada laju napas Anda agar bisa lebih mudah. Setelah itu, Anda bisa bermeditasi dengan singkat agar merasa rileks sebelum tidur. 

 

9. Menggunakan Minyak Aromaterapi

 

 

Cara mengatasi pegal yang selanjutnya, yaitu dengan menggunakan minyak aromaterapi. Minyak aromaterapi bisa sangat membantu melegakan otot karena seharian beraktivitas. Minyak aromaterapi ini akan memberikan efek positif dengan harumnya yang menenangkan dan juga melegakan.

Salah satu contoh dari minyak aromaterapi yang bermanfaat, yaitu Safe Care Minyak Angin Aromaterapi Strong. Safe Care Minyak Angin Aromaterapi Strong memiliki aroma yang khas dan baik untuk kesehatan. Selain itu, minyak aromaterapi ini juga sangat baik karena memiliki panas yang pas sehingga ketika digunakan di pundak, Anda akan langsung merasakan khasiatnya.

Oleskan pada bagian yang sakit selama beberapa kali. Lalu tunggu sebentar, maka Anda akan langsung merasakan kenyamanan yang bisa membuat rasa nyeri dan pegal hilang.

Safe Care Minyak Angin Aromaterapi Strong memiliki kandungan essential oil yang juga bermanfaat untuk melemaskan otot yang kaku. Gunakan saat badan terasa sakit. Produk ini praktis dibawa dan digunakan di mana saja. 

Itu dia beberapa cara mengatasi pegal di pundak karena terkena beban berat dan karena penyakit lainnya. Kalau Anda memiliki kesibukan yang padat dan butuh produktivitas yang tinggi, rasa pegal dan nyeri di pundak ini bisa menjadi halangan. Untuk itu, sebaiknya jangan sepelekan masalah ini dan langsung atasi dengan cara-cara di atas. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar