Penyebab Kulit Badan Bruntusan dan Gatal

Senin, 10 April 2023 | Safecare Admin



penyebab-kulit-badan-bruntusan-dan-gatal

Banyak yang mengira penyebab bruntusan dan gatal pada kulit badan karena alergi makanan. Padahal selain alergi makanan, masih banyak penyebab kulit badan timbul bruntusan dan terasa gatal. Nah, Anda yang kebetulan saat ini memiliki masalah bruntusan dan gatal pada kulit badan perlu tahu nih apa saja penyebabnya berikut cara mengatasinya.

Seperti diketahui, bruntusan adalah kondisi kulit yang terasa tidak rata atau kasar. Saat disentuh atau diraba, bruntusan akan terasa seperti jerawat-jerawat kecil yang menonjol pada permukaan kulit. Pada umumnya, kulit badan yang terdapat bruntusan akan terasa gatal.

Bruntusan bisa dikatakan kondisi yang tidak begitu berbahaya. Hanya, kemunculannya sangat mengganggu karena terasa gatal dan memperburuk penampilan apalagi terdapat di area tubuh yang terbuka, seperti lengan dan leher. Nah, perlu Anda tahu nih, selain di lengan dan leher, permasalahan kulit ini sering kali muncul di punggung, dada dan bahu.

Lantas, apa penyebab bruntusan pada kulit badan? Penyebab munculnya bruntusan bisa berasal dari berbagai faktor. Di bawah ini kami informasikan berbagai penyebab kulit bruntusan. Simak dengan saksama ya!

 

1. Alergi Makanan

Reaksi alergi menjadi salah satu penyebab kulit bruntusan dan gatal yang paling umum. Bahkan, reaksi alergi bisa memunculkan bruntusan dan sensasi gatal secara tiba-tiba.

Alergi dalam hal ini bukan saja berasal dari kosmetik atau skincare, paparan udara, paparan sinar matahari, paparan rokok, bahan kimia dari sabun, melainkan juga dari makanan tertentu. Beberapa orang yang memiliki masalah kulit bruntusan mungkin tidak menyadari ada makanan tertentu yang memunculkan reaksi alergi.

Adapun beberapa makanan yang menyebabkan bruntusan di antaranya: gorengan atau makanan berminyak, udang, ikan dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula. 

Jadi, hindari makanan-makanan tersebut kalau Anda terkena masalah bruntusan ya!

Reaksi alergi makanan ini, pada umumnya, memunculkan bintik-bintik atau bentol-bentol merah pada bagian kulit badan tertentu. Bahkan, dalam beberapa kasus, bagian badan tertentu bisa mengalami bengkak.

 

2. Dermatitis Atopik

Penyebab bruntusan berikutnya yakni terjadi karena dermatitis atopik. Singkatnya, dermatitis atopik adalah kondisi kulit badan yang ditandai dengan kemunculan bintik-bintik atau bentol kasar, terasa gatal dan bahkan perih. Lebih lanjut, pengidap dermatitis atopik biasanya memiliki kulit yang cenderung kering dan bersisik halus.

Nah, perlu Anda tahu nih, penyebab munculnya bruntusan akibat dermatitis atopik masih berlum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang patut diduga memicu permasalahan dermatitis atopik. Di antaranya: faktor makanan, bahan pakaian yang dikenakan, perubahan hormon, bulu hewan, cuaca dan infeksi kulit.

Oh ya, dermatitis atopik juga termasuk kondisi bawaan. Jadi, bisa saja kondisi ini muncul karena faktor keturunan. Baik laki-laki maupun perempuan dan dari segala usia bisa terkena permasalahan kulit satu ini.

Selain alergi makanan dan dermatitis atopik, kira-kira apa yang menyebabkan bruntusan pada kulit badan ya?

 

3. Serangan Serangga

 

 

Penyebab kulit bruntusan berikutnya yakni terjadi akibat serangan serangga. Serangga yang dimaksud yakni hewan berukuran kecil yang kalau terkena gigitannya bisa memunculkan bentol-bentol dan gatal-gatal. Misalnya: nyamuk dan kasur.

Nah, sering kali serangan serangga ini tidak disadari karena dalam keadaan tertidur di malam hari. Selain itu juga ukuran serangga yang kecil dan pergerakannya yang lincah membuat mereka sulit diketahui dan dibasmi. Beberapa Jenis Gigitan Serangga dan Efeknya Untuk Kulit yang bisa Anda antisipasi secara tepat.

Biasanya, bentol-bentol dan sensasi gatal yang disebabkan gigitan nyamuk terdapat pada bagian badan tertentu saja. Tapi, kalau penyebabnya kutu kasur, sangat mungkin bentol-bentol dan sensasi gatal terasa di seluruh tubuh. Oleh karenanya, kami sangat menyarankan agar secara rutin membersihkan tempat tidur agar terhindar dari permasalahan kulit satu ini.

 

4. Psoriasis

Psoriasis juga menjadi salah satu penyebab bruntusan pada kulit badan. Permasalahan ini sering kali ditandai dengan kemunculan plak putih merah dan bersisik pada kulit. Selain itu, ‘ia’ juga ditandai dengan kulit kering dan pecah-pecah. Biasanya, psoriasis ‘tumbuh’ di bagian kulit kepala, wajah, lutut dan bokong.

Orang yang memiliki kulit dengan permasalahan psoriasis akan merasakan sensasi yang sangat gatal secara intens. Dalam beberapa kasus, penyebab bruntusan ini bisa membikin kulit terasa terbakar dan seperti digigit semut api.

Oh ya, perlu Anda tahu, psoriasis adalah penyakit autoimun. Berarti, penyakit ini diakibatkan oleh kelainan sistem imun. Kelainan sistem imun inilah yang menimbulkan sel kulit membentuk plak putih merah.

Sebenarnya hingga kini, psoriasis yang menjadi penyebab bruntusan ini masih belum jelas diakibatkan oleh apa. Akan tetapi, kelainan sistem imun dan faktor genetik sangat diduga menjadi peran utama dari munculnya psoriasis.

 

5. Kudis

Penyebab kulit bruntusan yang kelima yakni diakibatkan oleh kudis. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kudis, kan?

Ya, kudis atau dalam medis disebut scabies merupakan kondisi kulit gatal yang diakibatkan oleh kutu cilik, Sarcoptes Scabiei. Kutu cilik ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang ya!

Nah, kudis ini bisa menyebar atau menular melalui kontak fisik. Oleh karenanya, jika ada orang terdekat yang terkena kudis sebaiknya menjaga jarak agar tidak tertular.

Pada umumnya, kudis memunculkan bintik-bintik kecil seperti gigitan nyamuk tapi dalam jumlah banyak. Saat malam hari, sensasi gatal akan terasa lebih parah. Adapun bagian badan yang sering kali terserang kudis di antaranya sela-sela jari, ketiak, pergelangan tangan, telapak kaki, siku dan lain sebagainya.

Nah, saran kami harap jaga kebersihan lingkungan di sekitar dan badan secara rutin. Sebab, kudis muncul karena lingkungan dan/atau badan yang kotor.

 

6. Alergi Obat

Di atas telah kami jelaskan makanan yang menyebabkan bruntusan. Ternyata bukan hanya alergi terhadap makanan, penyebab munculnya bruntusan juga bisa dari alergi obat.

Ya, alergi obat bisa memicu munculnya kulit bruntusan, ruam kemerahan dan sensasi gatal. Lantas, obat apa saja sih yang bisa menimbulkan alergi?

Secara umum, beberapa obat berikut ini bisa memicu alergi dan jadi penyebab bruntusan: obat antibiotik, obat penyakit autoimun, obat kemoterapi dan obat kejang. Jadi, kalau Anda memiliki kulit bruntusan setelah meminum obat yang telah kami sebutkan di atas, mungkin saja hal itu terjadi karena reaksi alergi.

 

7. Pityriasis Rosea

Apa itu pityriasis rosea? Pityriasis rosea adalah penyakit yang bisa menimbulkan ruam, benjolan kemerahan dan sensasi gatal. Ya, penyakit ini juga menjadi penyebab bruntusan pada kulit badan.

Sama seperti psoriasis, penyakit ini hingga kini belum diketahui penyebab pastinya. Akan tetapi, sangat diduga penyebabnya berasal dari infeksi virus herpes.

 

8. Perubahan Hormon

Penyebab bruntusan dan gatal-gatal berikutnya adalah terjadi perubahan hormon. Hal ini pada umumnya terjadi pada ibu hamil dan wanita yang mengalami menopause.

Ya, ibu hamil dan wanita menopause biasanya akan mengalami gatal-gatal karena bintik-bintik kecil di bagian lengan, paha dan perut. Bruntusan dan rasa gatal biasanya mereda saat ibu hamil telah melahirkan dan/atau pasca menopause.

Oh ya, sebagai tambahan, kondisi psikologis, seperti depresi, gangguan cemas dan stres juga sangat mungkin memengaruhi kemunculan rasa gatal pada kulit. Jadi, kontrol pikiran dan emosi setiap saat ya!

 

9. Perubahan Iklim

Terakhir, penyebab kulit bruntusan dan gatal terjadi karena perubahan iklim. Ya, perubahan iklim yang juga menyebabkan perubahan cuaca dan udara memang bisa memunculkan permasalahan kulit bagi orang-orang tertentu.

Misalnya, orang yang alergi dengan udara dingin akan merasakan sensasi gatal dan muncul bintik-bintik kecil pada bagian anggota badan tertentu. Tentunya, ini sangat mengganggu meski ‘ia’ bisa hilang dengan sendirinya.

 

Solusi Mengatasi Bruntusan dan Kulit Badan

 

 

Di atas telah kami jelaskan berbagai penyebab bruntusan. Sekarang Anda perlu tahu apa saja solusi mengatasi bruntusan dan gatal-gatal pada kulit badan.

Setidaknya ada tiga solusi atau cara mengatasi kulit bruntusan dan gatal-gatal. Nah, yang paling terakhir sangat disarankan untuk Anda lakukan ya!

 

1. Memastikan Kondisi Badan

Memastikan kondisi badan selalu bersih bisa jadi solusi untuk mengatasi bruntusan. Pastikan Anda mandi dengan teratur dengan sabun berbahan ringan ya.

Anda juga menggunakan air hangat saat membersihkan badan. Sebab, air hangat bisa membantu melonggarkan dan membuka sumbatan pori-pori pada kulit badan.

Oh ya, kami juga sangat menyarankan untuk tidak mandi terlalu lama agar kulit tidak begitu kering. Mandi yang disarankan yakni selama 5 – 10 menit saja. Pada intinya, jaga pola hidup bersih setiap saat ya!

 

2. Menggunakan Bedak atau Salep

Selain memastikan kondisi badan bersih, Anda juga bisa menggunakan bedak atau salep anti gatal untuk melawan bruntusan. Ya, bedak atau salep anti gatal bisa meredakan sensasi gatal pada bagian badan yang timbul bruntusan.

Cara menggunakan bedak atau salep anti gatal ini sangat mudah. Anda hanya perlu menaburkan atau mengoleskannya ke bagian badan yang terkena bruntusan secara berkala.

 

3. Memakai Safe Care Balm

Anda juga sangat disarankan memakai Safe Care Skin Care Balm untuk mendepak bruntusan dan mengusir rasa gatal. Ya, Safe Care Skin Care Balm ini terbukti ampuh mengatasi gatal-gatal, bruntusan, iritasi kulit, ruam kulit, kulit kemerahan, ruam popok dan permasalahan kulit lainnya.

 

 

Menariknya, Sace Care Skin Care Balm bisa dipakai atau diaplikasikan pada kulit sensitif karena kandungannya paraben free, baby safe, no fragrance, no harmful chemicals. Dan, pastinya produk ini menggunakan natural ingredients.

Mungkin Anda penasaran kandungan apa saja yang terdapat pada Safe Care Skin Care Balm. Beberapa kandungan yang terdapat pada produk ini di antaranya: jojoba oil yang melembabkan kulit, geranium oil untuk mengusir iritasi dan gatal pada kulit, rosemary oil untuk meringankan berbagai permasalahan kulit, chamomile oil untuk meredakan permasalahan kulit sensitif.

 

 

Anda mungkin juga bertanya-tanya berapa harga Safe Care Skin Care Balm ini. Harganya murah dan sangat terjangkau untuk berbagai kalangan kok. Jadi, semua kalangan bisa menggunakan produk ini.

Dengan menggunakan produk Safe Care Skin Care Balm, dipastikan berbagai permasalahan kulit termasuk bruntusan dan gatal-gatal akan hilang. Jadi, Anda pun bisa beraktivitas maksimal dan seperti biasanya dan tampil lebih percaya diri setip saat.

Penyebab bruntusan pun tidak akan muncul lagi lho. Jadi, tunggu apa lagi, yuk gunakan Safe Care Skin Care Balm sekarang juga!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar