Berikut Penjelasan Ciri-ciri Ruam Popok Akan Sembuh

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



ciri-ciri-ruam-popok-akan-sembuh

Orang tua harus tahu dan paham seperti apa ciri-ciri ruam popok akan sembuh. Dengan mengetahui hal itu, orang tua bisa mengoptimalkan perawatan agar si bayi betul-betul pulih dan terhindar dari ruam popok.

Bagi bayi, ruam popok itu sangat mengganggu dan menyakitkan. Tidak heran kalau bayi akan rewel dan terus-terusan menangis karena merasakan sakit di area bokong yang terkena ruam popok.

Tapi orang tua tidak perlu khawatir karena ruam popok termasuk permasalahan kulit yang tidak terlalu serius. Meski begitu, orang tua harus mengobati ruam popok pada bayi dengan tepat. Agar, si kecil tidak merasakan sakit terus-terusan.

Nah, di dalam artikel ini kami akan memaparkan apa saja ciri-ciri ruam popok pada bayi akan sembuh dan langkah pencegahannya. Tapi sebelumnya Anda juga perlu memahami apa itu ruam popok dan penyebab-penyebabnya. Simak artikel ini dengan saksama ya!

 

Kenali Ruam Popok pada Bayi & Penyebabnya

Ruam popok adalah peradangan kulit yang menyerang area sekitar bokong. Permasalahan kulit ini sering kali menyerang bayi. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ruma popok termasuk permasalahan kulit yang tidak begitu serius.

Dalam kasus ringan, ruma popok akan membuat kulit bayi pada area bokong tampak memerah. Adapun dalam kasus yang lebih parah, ruam popok bisa menyebabkan kulit bokong mengalami luka terbuka. Tentunya, kondisi ini menyakitkan bagi bayi sehingga orang rua harus segera mengatasi ruam popok.

Lantas, apa saja yang menyebabkan ruam popok pada bayi? Sedikitnya ada empat penyebab utama ruam popok pada bayi, yakni terkena iritasi, infeksi, alergi dan penggunaan antibiotik.

Iritasi yang dimaksud bisa timbul karena kurang menjaga kebersihan area bokong bayi. Selain itu, popok yang sering kali penuh urin atau bahkan tinja dan tidak segera diganti juga bisa membuat kulit bokong bayi teriritasi.

Sementara itu, infeksi bisa terjadi karena penurunan pertahanan kulit pada bagi. Adapun alergi bisa timbul karena reaksi kandungan yang terdapat pada bahan-bahan tertentu, seperti deterjen, sabun, tisu basah dan lainnya. Penggunaan antibiotik pun tidak disarankan karena dapat meningkatkan kolonisasi infeksi jamur, yang mana hal itu bisa mengakibatkan ruam popok.

 

Berapa Lama Proses Penyembuhan Ruam Popok?

Ruam popok pada umumnya akan sembuh dalam dua hingga empat hari. Proses penyembuhan akan lebih cepat apabila Anda menanganinya dengan tepat. 

Meski begitu, ada kasus ruam popok yang tidak kunjung sembuh dan sangat menyakitkan bagi si bayi penderita. Ada beberapa Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi dengan Mudah & Efektif yang bisa Anda lakukan. Jika bayi Anda mengalami hal ini, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Oleh karenanya, sebagai orang tua, Anda harus betul-betul menjaga kebersihan kulit pada area popok bayi. Sebelum mengenakan popok kembali, sebaiknya keringkan terlebih dahulu area bokong bayi agar tidak lembab. Dengan cara ini, ruam popok pada bayi dapat dicegah dengan baik.

 

Ciri-ciri Ruam Popok Akan Sembuh

 

 

Selain penyebab, orang tua juga perlu tahu nih ciri ruam popok pada bayi akan sembuh. Sedikitnya ada lima ciri-ciri ruam popok akan sembuh yang bisa dikenali oleh orang tua. Berikut di antaranya:

 

1. Ruam Kemerahan Memudar

Ciri-ciri ruam popok yang paling umum yakni munculnya bercak-bercak merah kecil. Bercak-bercak merah kecil ini biasanya tersebar di area popok, termasuk bagian bokong dan paha atas.

Nah, ruam popok akan sembuh kalau bercak-bercak merah yang ada mulai mengecil dan memudar. Anda bisa lebih intens mengobati ruam popok pada bayi agar bercak-bercak merah yang ada lekas-lekas terdepak dari kulit si kecil.

 

2. Adanya Bintik-bintik Menghilang

Selain bercak-bercak merah, kulit bayi yang terkena ruam popok biasanya muncul bintik-bintik kecil. Anda akan merasakan adanya bintik-bintik ini ketika menyentuhnya. Lebih lanjut, kulit bayi yang terkena ruam popok akan terasa kasar dan kering.

Nah, ciri-ciri ruam popok akan sembuh berikutnya yakni bintik-bintik mulai menghilang dan memudar. Kulit pada area ruam popok juga akan terasa lebih lembut dan halus, tidak kasar lagi. Biasanya bintik-bintik pada area kulit yang terkena ruam popok akan menghilang dalam 3 hari apabila mendapat penanganan dengan baik dan tepat.

 

3. Tekstur Kulit Kering & Bersisik Memudar

Seperti yang kami jelaskan di atas, tekstur kulit yang terkena ruam popok akan terasa kering dan bersisik apabila disentuh. Jika ditangani dengan baik, kulit pada area ruam popok akan terhidrasi kembali sehingga tidak kering dan bersisik lagi.

Perlu kamu tahu nih, sebuah studi menyatakan penggunaan cream untuk mengatasi ruam popok pada bayi bisa membuat kulit terhidrasi kembali. Oleh karenanya, orang tua bisa mengoleskan cream untuk ruam popok agar agar permasalahan kulit tersebut dapat segera teratasi.

 

4. Bayi Nyaman

Seperti yang kami jelaskan di awal tadi, permasalahan ruam popok akan terasa menyakitkan bagi bayi. Si kecil akan merasakan sensasi gatal dan panas pada area kulit yang terkena ruam popok. Tidak heran kalau bayi akan rewel terus-terusan karena memang merasakan ketidaknyamanan.

Nah, apabila bayi mulai merasakan kenyamanan dan rewelnya berkurang, itu berarti ruam popok akan segera sembuh. Lebih lanjut, bayi akan aktif kembali sebagaimana normalnya.

 

5. Gatal & Perih Hilang

Baru saja kami jelaskan di atas bahwa ruam popok bisa memunculkan sensasi gatal, termasuk juga perih. Ini menjadi salah satu ciri-ciri ruam popok yang menyebabkan bayi sering menggaruk-garuk area bokong dan paha atasnya.

Nah, ciri-ciri ruam popok akan sembuh yang terakhir yakni gatal dan perih mulai hilang. Si kecil tidak akan lagi menggaruk-garuk area kulit yang terkena ruam popok dan merasakan kenyamanan lagi.

 

Langkah Pencegahan Ruam Popok pada Bayi

 

Perlu Anda tahu, setelah sembuh, kulit bayi yang terkena ruam popok akan terlihat normal kembali. Namun, sering kali kulit bayi yang terkena ruam popok cukup rentan terkena kembali di kemudian hari.

Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua harus melakukan langkah pencegahan agar ruam popok tidak kembali menyerang kulit si kecil. Bagaimana caranya?

 

 

Anda bisa mengoleskan Safe Care Skin Care Balm pada area kulit bayi yang terkena ruam popok. Safe Care Skin Care Balm ini aman digunakan untuk kulit bayi karena terbuat dari bahan-bahan alami, seperti coconut oil, tea tree oil, calendula oil, chamomile oil dan lainnya.

Perlu diketahui, Safe Care Skin Care Balm telah dikenal sebagai produk cream untuk mengatasi ruam popok pada bayi yang sangat ampuh. Ya, selain mencegah, produk ini juga bisa mengatasi ruam popok pada bayi, termasuk juga gatal-gatal, iritasi, kemerahan dan ruam yang menyerang area kulit lainnya.

Itulah penjelasan tentang ciri-ciri ruam popok akan sembuh. Pada intinya, mencegah dan mengatasi ruam popok dengan tepat perlu dilakukan agar si bayi tidak merasakan sakit, gatal da perih. Anda bisa menggunakan cream untuk mengatasi ruam popok pada bayi dari Safe Care sebagaimana kami rekomendasikan di atas!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar