Tips Posisi Tidur Saat Sakit Kepala

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



posisi-tidur-saat-sakit-kepala

Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang umum dirasakan oleh seseorang. Tidak sedikit orang yang pernah mengalami sakit kepala baik yang ringan maupun yang berat atau bahkan kronis. Tahukah Anda selain mengonsumsi obat pereda sakit kepala, memperbaiki posisi tidur saat sakit kepala sangat diperlukan?

Posisi tidur memiliki peran penting dalam penyelesaian berbagai masalah kesehatan, salah satunya saat sakit kepala. Hal ini berdasarkan kesimpulan para ahli yang melihat tidur merupakan kegiatan yang menghabiskan sebagian besar waktu Anda dan memiliki pengaruh luar biasa terhadap kualitas kesehatan. Oleh sebab itu, menjaga posisi tidur patut untuk diterapkan.

Kebiasaan tidur dengan posisi yang benar pasti memberikan kenyaman dan tidur berkualitas. Hal tersebut bisa Anda rasakan ketika bangun tidur. Saat tubuh kembali terasa segar, nyaman dan bersemangat itu tAndanya Anda memiliki kualitas tidur yang baik dengan posisi tidur yang benar.

Berbeda jika Anda mengalami sakit kepala ketika bangun tidur. Pastikan bahwa ada masalah tidur yang harus Anda perbaiki. Salah satu hal yang dapat Anda cermati adalah posisi tidur Anda.

Posisi tidur saat sakit kepala sangatlah beragam dan dapat Anda terapkan setiap akan tidur. Berikut adalah berbagai posisi tidur untuk sakit kepala yang bisa Anda simak.

 

1. Tidur Telentang Dengan Bantal yang Cukup

Posisi tidur saat sakit kepala pertama yang dianjurkan yakni dengan posisi telentang. Anda bisa tidur telentang dengan bantal yang cukup untuk membantu mengurangi ketegangan otot dan menekan saraf oksipital sebagai sumber sakit kepala bagian belakang Anda.

Untuk membantu memaksimalkan posisi tidur saat sakit kepala belakang pastikan Anda sudah menggunakan bantal dengan ketinggian netral. Posisikan struktur leher dan tulang belakan dengan baik untuk meredakan tekanan serta melancarkan peredaran darah. Atur posisi yang lebih rileks dengan meletakkan kedua tangan di samping tubuh.

 

2. Tidur Posisi Miring

Kenyamanan saat tidur adalah bagian dari posisi tidur yang tepat. Saat sakit kepala menyerang tentu tidur menjadi tidak nyaman dan akan memperparah masalah kesehatan yang Anda rasakan. Sekali-kali cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kanan. Posisi ini dapat membantu Anda meredakan sakit kepala yang sedang meradang.

Posisi tidur saat sakit kepala ini berkhasiat untuk meminimalisir ketegangan pada saraf yang kaku saat serangan terjadi. Tidurlah dengan posisi miring ke kanan dan pertahankan kelengkungan tulang belakang pada posisi normal.

Anda juga bisa menggunakan bantal pada lengan atau menjepitnya pada bagian lutut. Posisi seperti itu akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan memudahkan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

3. Posisi Kepala Lebih Tinggi dari Tubuh

Posisi tidur untuk sakit kepala selanjutnya yakni dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari tubuh Anda. Gunakan beberapa tumpukan bantal untuk menopang kepala Anda sehingga lebih tinggi dari postur tubuh Anda saat tidur.

Manfaat memposisikan kepala lebih tinggi dari tubuh sangatlah banyak seperti meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi resiko reflux, meminimalisir sleep apnea dan lainnya. Hal tersebut tentu membantu tidur Anda nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan seperti pusing, kurang tidur dan lain sebagainya.

Kenyamanan posisi kepala, leher hingga punggung dan tulang belakang akan membantu Anda mengurangi nyeri yang dirasakan saat sakit kepala. Posisi tidur saat sakit kepala inilah yang penting untuk Anda perhatikan.

 

4. Kurangi Tidur Terlalu Lama

Memiliki kebiasaan tidur berlebihan nyatanya memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan. Sakit kepala adalah dampak kecil dari sekian banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh terlalu banyak tidur.

Tidur dengan jangka waktu yang lebih panjang akan mengganggu keseimbangan neurotransmitter tertentu, seperti serotonin. Hal ini dapat memberikan peluang delapan kali lebih sering seseorang mengalami sakit kepala. Sangat mencengangkan, bukan.

Ada baiknya mulai saat ini Anda mengatur kembali durasi waktu tidur siang dan tidur malam Anda. Durasi waktu tidur ideal orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam, lebih dari itu maka akan berdampak pada metabolisme maupun masalah kesehatan tubuh Anda.

Tidur terlalu lama dengan posisi tidur yang salah juga memicu sakit kepala. Posisi tidur saat pusing dalam rentan waktu yang lama bisa memicu masalah kesehatan yang lebih besar lagi, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga peningkatan risiko kematian.

 

5. Leher Harus Rileks

 

 

Salah satu sumber pemicu sakit kepala adalah pada bagian leher. Tidak jarang setelah bangun tidur leher yang kaku dan bagian punggung yang tidak rileks memicu datangnya sakit kepala bahkan sakit kepala setengah atau migrain.

Agar otot leher dan bagian belakang kepala tetap rileks, usahakan untuk tidak meringkuk saat tidur. Posisi tidur sakit kepala belakang sangat dipengaruhi oleh kenyamanan tidur pada bagian leher hingga punggung. Anda dapat mengoptimalkan tidur dengan posisi telentang sehingga leher dan tulang belakang sejajar yang dapat melancarkan peredaran darah.

 

6. Jangan Tengkurap & Meringkuk

Saat sakit kepala datang jangan coba untuk tidur dalam posisi tengkurap dan meringkuk. Tidak meringankan, posisi tidur seperti itu malah akan memperburuk keadaan sakit kepala Anda. Posisi tengkurap memberikan beban lebih berat pada bagian leher hingga punggung dan tulang belakang. Oleh sebab itu, posisi ini dapat memicu sakit kepala lebih berat setelah Anda bangun tidur.

Meringkuk seperti janin juga bukan posisi tidur saat sakit kepala yang dianjurkan. Posisi ini lebih memberikan peluang besar Anda mengalami ketegangan hebat pada leher sehingga dapat memperburuk rasa nyeri saat sakit kepala melAnda. Sebaiknya tidurlah pada posisi terlentang ataupun miring ke kanan.

Posisi tubuh saat tidur memberikan pengaruh besar pada kesembuhan sakit kepala. Dengan posisi tidur yang tepat saat dilAnda sakit kepala akan memudahkan Anda mengurangi tegangan dan membuat tubuh Anda rileks kembali. Tentunya dengan durasi waktu tidur yang cukup dan tidak berlebihan. Silahkan tentukan posisi tidur saat sakit kepala ternyaman Anda.

 

7. Gunakan Minyak Angin Roll On untuk Relaksasi

Terakhir, Anda bisa menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On sebelum tidur. Ya, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On ini bisa meredakan sakit kepala dan juga masuk angin.

Aromatherapy yang dimunculkan itulah yang menjadikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On ampuh meringankan sakit kepala. Aromatherapy ini juga bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh ya. Termasuk sensasi panas yang ditimbulkannya juga dapat memberikan relaksasi bagi tubuh.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On untuk meredakan sakit kepala? Mudah sekali kok, Anda hanya perlu mengoleskan minyak angin ini di area kepala bagian atas, seperti kepala bagian kanan dan kiri serta dahi.

Lebih lanjut, apabila Anda ingin meredakan gejala masuk angin, Anda bisa mengoleskan Safe Care Minyak Angin di area perut, dada dan leher. Cara ini juga dapat memberikan rasa nyaman dan menenangkan bagi tubuh lho.

Itulah pembahasan tentang tips posisi tidur saat sakit kepala. Agar sakit kepala hilang dan tidur nyenyak, sebelumnya gunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On ya!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar