Apa Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah? Berikut Penjelasannya

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



penyebab-banyak-nyamuk-di-rumah

Gigitan nyamuk yang membuat gatal maupun suaranya yang membuat bising tentu sangat mengganggu. Ya, nyamuk memang hewan yang terkenal dengan berbagai gangguan yang dibuatnya. Hewan yang satu ini mudah ditemui saat musim hujan, bahkan muncul juga pada musim panas, Nah, kali ini kami akan membahas secara detail penyebab banyak nyamuk di rumah.

Selain karena musim, keberadaan nyamuk tanpa disadari juga disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Penyebab banyak nyamuk di rumah tentulah beragam utamanya masalah kebersihan di dalam rumah. Nah, agar bisa lebih waspada terhadap populasi nyamuk di rumah, berikut pembahasan penyebab banyak nyamuk di rumah yang dapat Anda simak.

 

1. Kamar yang Kurang Bersih

Sebagai tempat utama saat hendak beristirahat, tentu Anda pernah merasakan gangguan nyamuk baik suaranya yang bising maupun gigitannya yang membuat tidur Anda tidak nyenyak, bukan?. Disaat seseorang berhenti beraktifitas inilah memang para nyamuk sering melancarkan aksinya.

Namun, lingkungan kamar yang kurang bersih juga menjadi penyebab banyak nyamuk di kamar. Banyaknya tumpukan barang maupun pakaian kotor yang tidak terurus akan menjadi tempat ternyaman nyamuk berkembang biak. 

Kurang terjaganya kebersihan dan kerapian kamar sehingga menjadi penyebab banyak nyamuk di kamar harus di atasi dengan baik. Satu hari sekali sebaiknya kamar dirapikan dan dibersihkan dengan tidak meninggalkan pakaian kotor maupun sampah yang lain secara sembarangan.

 

2. Banyak Pakaian Kotor Menggantung

Penyebab banyak nyamuk di rumah berikutnya yakni adanya pakaian kotor yang menggantung. Tahukah Anda, nyamuk sangat suka tempat yang kotor seperti pakaian yang menggantung secara sembarangan. 

Pakaian-pakaian kotor tersebut disukai oleh nyamuk hingga dijadikannya sarang. Sarang nyamuk pada pakaian kotor yang menggantung inilah penyebab nyamuk banyak di rumah Anda. Tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja,ya.

Segera bersihkan gantungan baju Anda maksimal dalam waktu 1 hari. Cuci bersih pakaian kotor yang telah digantung lama agar terhindar dari virus maupun bakteri yang dibawa oleh nyamuk. Jangan lupa untuk rajin membersihkan gantungan baju juga, agar baju yang digantung pun ikut terjaga kebersihannya. Lingkungan bersih nyamuk pun enggan singgah.

 

3. Adanya Sampah pada Area yang Tidak Diketahui

Area yang lembab dan kotor adalah tempat yang sangat disukai oleh nyamuk. Seperti adanya sampah pada area yang tidak diketahui, hal tersebut merupakan penyebab banyak nyamuk di rumah Anda. Tumpukan sampah yang tersembunyi tersebut menjadi tempat favorit nyamuk berkembang biak dan mencari makan.

Jadi, saat rumah Anda mulai banyak nyamuk sebaiknya segera bersihkan seluruh ruangan tanpa terkecuali. Hal tersebut akan membantu mengurangi populasi nyamuk yang merugikan tersebut.

 

4. Saluran Air di Rumah Mampet

Tempat yang disenangi nyamuk selanjutnya yakni saluran air yang mampet. Adanya genangan air di sekitar rumah dapat menjadi penyebab banyak nyamuk di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Air yang menggenang tersebut biasa dijadikan sebagai tempat menyimpan telur hingga menjadi jentik-jentik dan nyamuk dewasa.

Cobalah untuk mengecek setiap saluran air yang ada di rumah Anda jika dirasa nyamuk di rumah Anda mulai sering bermunculan. Bersihkan saluran air dengan benar, tutup saluran air rapat atau berikan obat anti jentik-jentik nyamuk sebagai langkah pencegahan perkembangan nyamuk yang semakin besar yang efektif.

 

5. Sirkulasi Udara Tidak Lancar

Penyebab rumah banyak nyamuk selain karena adanya area yang lembab dan kotor yakni sirkulasi udara di dalam rumah yang kurang baik. Rumah yang sehat tentunya memiliki area sirkulasi udara yang baik, sehingga terjadi pertukaran udara yang lancar dan tidak pengap.

Nyamuk merupakan salah satu hewan yang menyukai gas buang hasil pernapasan manusia atau karbondioksida. Bahkan, dari jarak yang cukup jauh pun aroma karbondioksida akan mudah tercium oleh nyamuk. Oleh karena itu, sirkulasi udara yang tidak lancar pada sebuah rumah hingga menghambat asupan oksigen di dalam rumah akan menjadi penyebab rumah banyak nyamuk. Rumah dengan sirkulasi udara yang jelek sangat disukai nyamuk sebagai sasaran tempat para nyamuk bersarang.

 

6. Adanya Genangan Air

Tidak hanya di selokan, genangan air sebagai sarang nyamuk ini juga bisa ditemui pada sisa air pada kolam yang dikeringkan, dilantai , talang air dan lain sebagainya. Genangan air ini memang biasa digunakan oleh nyamuk sebagai tempat menaruh telur-telurnya hingga menetas menjadi jentik-jentik dan nyamuk dewasa. 

Agar rumah Anda terhindar dari banyaknya nyamuk yang mengganggu. Penyebab banyak nyamuk di rumah ini harus Anda selesaikan. Segera bersihkan dan kuras setiap ada air yang menggenang, tutupi wadah-wadah air bersih agar tidak dijadikan tempat nyamuk bertelur.

 

7. Lokasi Rumah Dekat Kebun

Apakah rumah Anda memiliki kebun dengan banyak tanaman di sekitarnya? Coba perhatikan daun tanaman yang ada di kebun Anda saat pagi atau malam hari. Jika Anda beruntung, maka Anda akan menemukan sejumlah nyamuk yang bersarang di sana.

Ya, nyamuk memang suka dengan tanaman berdaun tipis dan panjang. Jika rumah Anda dikelilingi dengan tanaman favorit nyamuk tersebut bisa jadi itulah penyebab banyak nyamuk di rumah Anda. Perhatikan dan rawat dengan baik tanaman yang Anda miliki, meskipun lokasi rumah dekat kebun dengan perawatan dan tingkat kebersihan yang baik pada lingkungan rumah nyamuk pasti enggan singgah.

 

8. Ruangan di Dalam Gelap dan Pengap

Ruangan di rumah maupun di dalam kamar yang gelap dan pengap sering menjadi tempat favorit nyamuk bersarang. Kurangnya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan akan menyebabkan ruangan lembab dan gelap. Kelembapan udara yang tinggi inilah sebagai penyebab nyamuk banyak di rumah.

Selain itu, pemilihan warna yang gelap juga akan membuat nyamuk betah untuk bersarang di ruangan rumah Anda. Warna gelap pada ruangan membuat nyamuk nyaman karena akan cenderung lembab sehingga sensor panas yang sensitif pada tubuh nyamuk tidak akan bereaksi.

 

9. Gunakan Pencegahan Serangan Nyamuk

Memiliki lingkungan rumah yang bersih dan tidak lembab merupakan upaya yang sangat baik untuk mengurangi populasi nyamuk. Namun, serangan nyamuk masih saja bisa terjadi meskipun kecil kemungkinannya. Nah, agar tetap terhindar dari serangan nyamuk yang merugikan Anda bisa menggunakan kelambu maupun semprotan Safe Care Mosquito Away.

 

a. Gunakan Kelambu

Kelambu merupakan alat proteksi nyamuk yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Alat ini memang cukup efektif untuk meminimalisir serangan nyamuk pada tubuh manusia utamanya saat tidur. Dengan menggunakan alat ini kita tidak akan terganggu dengan berbagai gangguan nyamuk seperti gigitan maupun suara bisingnya.

 

b. Semprotkan Safe Care Mosquito Away

 

 

Kami sangat menyarankan Anda mengaplikasikan Safe Care Mosquito Away 100 ML untuk mengusir nyamuk. Caranya mudah, semprotkan Safe Care Mosquito Away ini ke bagian tubuh yang sering kali dihinggapi dan digigit nyamuk, terutama pada malam hari.

Dijamin deh, Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk setelah menyemprotkan Safe Care Mosquito Away. Hal ini dikarenakan Safe Care Mosquito Away mengandung lavender oil yang sangat ditakuti nyamuk.

Itulah pembahasan tentang penyebab banyak nyamuk di rumah. Selalu sedia Safe Care Mosquito Away di rumah agar terhindar dari gigitan nyamuk ya!

Pastikan Anda juga mempelajari mengenai Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Secara Mudah yang dapat diterapkan untuk langkah antisipasi.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar