Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Secara Mudah

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



cara-mencegah-gigitan-nyamuk-secara-mudah

Cara mencegah gigitan nyamuk harus diketahui oleh siapa saja karena hal ini berkaitan dengan kesehatan tubuh. Ya, sebagaimana kita ketahui bersama, gigitan nyamuk bukan saja bisa mengakibatkan kulit bentol-bentol merah, melainkan juga bisa menyebarkan virus, kuman dan parasit. Penyebaran virus, kuman dan parasit inilah yang menjadi biang kerok munculnya gangguan kesehatan.

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan penyakit malaria dan demam berdarah (DBD) kan? Nah, kedua jenis penyakit itu disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Oleh karenanya, mencegah gigitan nyamuk adalah suatu keharusan yang perlu dilakukan oleh semua orang. Ditinjau dari Alodokter, Mencegah digigit nyamuk sendiri bisa dilakukan berbagai cara seperti membersihkan rumah sampai menggunakan Bahan Alami Pengusir Nyamuk.

Nah, di bawah ini kami informasikan berbagai cara mencegah gigitan nyamuk yang bisa Anda lakukan. Simak dengan saksama ya!

 

1. Penggunaan Kelambu

Cara mencegah penyakit menular melalui gigitan nyamuk yang pertama yakni dengan menggunakan kelambu. Penggunaan kelambu termasuk cara tradisional namun masih digunakan hingga hari ini karena terbukti ampuh mencegah gigitan nyamuk.

Pasang kelambu di sekeliling area tempat tidur agar Anda tidak digigit nyamuk saat tertidur pulas. Cara ini bukan saja disarankan untuk orang dewasa, melainkan juga anak-anak dan bayi. Dijamin deh, nyamuk tidak akan hinggap di kulit tubuh Anda.

 

2. Menggunakan Produk Anti Nyamuk

Menggunakan produk anti nyamuk bisa jadi cara mencegah gigitan nyamuk yang efektif. Produk anti nyamuk ini bisa diaplikasikan pada area kulit tubuh terbuka, seperti tangan, kaki dan leher. Ya, dengan mengaplikasikan produk anti nyamuk, nyamuk tidak akan berani hingga ke area kulit tersebut.

 

 

 

Ada banyak produk anti nyamuk yang dijual di supermarket maupun apotek. Kalau Anda bingung memilih produk anti nyamuk mana yang paling bagus, pilih saja Safe Care Mosquito Away 100 ml. Safe Care Mosquito Away merupakan salah satu produk Safe Care yang diformulakan khusus untuk mencegah kulit tubuh dari gigitan nyamuk.

Safe Care Mosquito Away ini aman diaplikasikan pada kulit tubuh anak-anak dan bayi. Kandungannya pun bebas dari alkohol dan paraben. Ya, Safe Care Mosquito Away menggunakan bahan-bahan alami 100 persen.

Adapun pengaplikasian Safe Care Mosquito Away sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyemprotkannya ke area tubuh terbuka, seperti tangan, kaki dan leher. Hindari pengaplikasian pada luka terbakar, wajah dan mata ya!

Dijamin deh, dengan mengaplikasikan Safe Care Mosquito Away, nyamuk tidak akan hinggap pada kulit tubuh Anda, apalagi mengigitnya. Sebaiknya aplikasikan produk ini secara rutin saat malam hari ya!

 

3. Memasang AC atau Kipas Angin

Perlu Anda tahu, nyamuk memiliki kemampuan terbang yang tidak begitu baik. Itulah mengapa Anda sangat disarankan menyalakan AC atau kipas angin untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.

Ya, memasang AC atau kipas angin bisa jadi salah satu cara mencegah DBD setelah digigit nyamuk yang cukup efektif. Angin yang dihasilkan oleh AC dan kipas angin akan membuat terbang nyamuk terganggu. Sehingga, nyamuk tidak akan hinggap di kulit tubuh Anda.

Jadi, kalau Anda ingin terhindar dari gigitan nyamuk, duduk/berdiri/tidurlah di dekat kipas angin. Dijamin deh, cara ini efektif mencegah nyamuk menggigit kulit tubuh Anda.

 

4. Sering Membersihkan Lingkungan Rumah

Seperti yang kami sebutkan di atas, membersihkan rumah secara rutin menjadi suatu keharusan yang perlu dilakukan oleh semua orang sebagai satu cara mencegah DBD setelah digigit nyamuk. Anda perlu membersihkan seluruh ruangan dan lingkungan luar rumah setiap hari ya!

Selain itu, perlu juga Anda memangkas rumput dan tanaman yang menjadi sarang nyamuk. Jangan lupa juga untuk membuang sampah ke tempat pembuangannya karena tempat itu sering kali jadi sarang favorit nyamuk.

 

5. Penggunaan Aromaterapi

Cara mencegah penyakit menular melalui gigitan nyamuk yang kelima yakni menggunakan aromaterapi. Ada banyak pilihan aromaterapi yang bisa Anda pilih sesuai selera. Di antaranya: minyak peppermint, lavender, serai, jeruk, eukaliptus, bunga lawang dan lainnya.

Ya, semua bahan alami yang menghasilkan aromaterapi di atas tidak disukai nyamuk. Sehingga, nyamuk tidak akan menggigit kulit tubuh Anda.

Nah, dari banyak pilihan aromaterapi yang ada, kami sangat merekomendasikan penggunaan serai atau minyak aromaterapi yang mengandung bahan serai. Pasalnya, serai bukan saja ampuh mengusir nyamuk, tapi juga dapat merilekskan pikiran.

 

6. Gunakan Pakaian Panjang

Menggunakan pakaian panjang juga bisa jadi cara mencegah gigitan nyamuk yang sangat efektif. Pasalnya, nyamuk lebih sering hinggap dan mengigit kulit tubuh yang terbuka, Nah, kalau Anda menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang, nyamuk tidak akan hinggap pada kulit tubuh Anda.

Cara ini juga sebaiknya diterapkan saat Anda bepergian ke area outdoor dan berkemah. Mengingat, selain ampuh mencegah gigitan nyamuk, menggunakan pakaian panjang juga dapat melindungi tubuh dari udara dingin, terutama saat malam hari.

Lebih lanjut, kami juga menyarankan Anda menggunakan pakaian berwarna terang. Alasannya, nyamuk lebih menyukai warna-warna gelap. Hal ini sesuai dengan waktu aktivitasnya yang lebih sering pada malam hari.

Dengan menggunakan pakaian berwarna terang, nyamuk sangat mungkin tidak mau mengerubungi Anda. Jadi, jangan hanya menggunakan pakaian berwarna terang saat siang hari ya, gunakan juga saat malam hari!

 

7. Kurangi Aktivitas Saat Malam Hari

Cara efektif pencegahan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles berikutnya yakni dengan mengurangi aktivitas pada malam hari. Ya, sebaiknya kurangi aktivitas pada malam hari yang kurang penting, apalagi yang mengharuskan Anda keluar dari rumah.

Seperti diketahui, nyamuk suka berkeliaran pada malam hari. Jadi, Anda harus lebih intens melindungi diri dari gigitan nyamuk saat malam hari. Nah, salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gigitan nyamuk yakni mengurangi aktivitas pada malam hari.

 

8. Pastikan Tidak Menampung Air Sembarangan

Anda mungkin sudah tahu kalau genangan air menjadi tempat favorit nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak. Oleh karenanya, cara mencegah gigitan nyamuk yang perlu Anda lakukan berikutnya yakni tidak menampung air sembarangan.

Lebih lanjut, Anda juga perlu menutup wadah-wadah berisikan air, seperti ember hingga kaleng. Untuk bak mandi mungkin tidak perlu dikasih penutup. Tapi Anda perlu menaburkan larvasida agar nyamuk tidak dapat berkembang biak dengan baik.

Itulah berbagai cara mencegah gigitan nyamuk yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat! Langkah pencegahan ini penting dilakukan untuk menghindarkan diri dari gangguan kesehatan akibat gigitan nyamuk. DBD dan malaria adalah dua jenis penyakit yang sering kali menyerang masyarakat kita akibat gigitan nyamuk. Jadi, lakukan cara mencegah DBD setelah gigitan nyamuk dengan menerapkan kedelapan hal di atas, termasuk mengaplikasikan produk anti nyamuk Safe Care Mosquito Away secara rutin, terutama saat malam hari.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar