Apa Saja Bahan Alami Pengusir Nyamuk? Berikut Penjelasannya

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



bahan-alami-pengusir-nyamuk

Lavender adalah salah satu bahan alami pengusir nyamuk yang sering kali digunakan masyarakat kita. Tapi tahukah Anda kalau bahan alami untuk mengusir nyamuk bukan saja bisa menggunakan lavender?

Ya, ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan di rumah untuk mengusir nyamuk. Mengingat, nyamuk adalah serangga yang sangat menggangu karena bisa membuat kulit bentol-bentol kemerahan, gatal dan bahkan menyebabkan penyakit serius.

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan penyakit serius seperti malaria, demam berdarah dan chikungunya. Nah, ketiga jenis penyakit serius itu disebabkan dan/atau ditularkan dari dari gigitan nyamuk. Jadi, dengan mengusir nyamuk menggunakan bahan alami, itu berarti kamu juga berupaya melindungi tubuh dari gangguan kesehatan yang serius.

Nah, di dalam artikel ini kami akan mengenalkan kepada Anda sejumlah bahan alami pengusir nyamuk yang bisa dicoba di rumah. Tapi sebelumnya, penting bagi Anda terlebih dahulu menyimak manfaat mengetahui bahan alami yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

 

Manfaat Mengetahui Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih pentingnya mengetahui bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Penting sekali lho karena hal ini ada kaitannya dengan kesehatan tubuh.

Seperti yang kami jelaskan di atas, gigitan nyamuk bukan saja memicu kulit menjadi bentol-bentol kemerahan dan gatal-gatal, melainkan juga penyakit tertentu, seperti chikungunya, malaria dan demam berdarah.

Nah, dengan mengetahui bahan alami yang ampuh mengusir nyamuk, Anda bisa mengaplikasikannya di rumah. Sehingga, populasi nyamuk di rumah dapat ditekan dengan baik dan Anda sekeluarga pun terhindar dari gigitan nyamuk. Pada akhirnya, Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit serius yang diakibatkan gigitan nyamuk, termasuk juga bentol-bentol merah pada kulit.

 

Berikut Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Setidaknya ada sembilan bahan alami pengusir nyamuk yang ampuh. Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa bahan alami ini untuk mengusir nyamuk di rumah.

 

1. Minyak Citronella

Bahan alami usir nyamuk yang pertama yakni minyak citronella. Minyak citronella ini berasal dari serai yang sering kali dijadikan bahan utama obat anti nyamuk.

Dalam sebuah riset, minyak citronella memang terbukti ampuh memberikan proteksi ekstra hingga 50 persen dari gigitan nyamuk. Anda bisa mengaplikasikan minyak citronella ini ke kulit tubuh terbuka agar nyamuk tidak berani hinggap, apalagi menggigit.

 

2. Minyak Lemon Eucalyptus

Minyak lemon eucalyptus bisa Anda jadikan sebagai bahan alami mengusir nyamuk di kamar. Perlu Anda tahu nih, minyak lemon eucalyptus telah dikenal sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk sejak tahun 1940 silam. Hingga hari ini pun masyarakat kita banyak yang menggunakan bahan alami ini untuk mencegah gigitan nyamuk.

Dalam sebuah studi, minyak lemon eucalyptus dapat memberikan proteksi lebih dari 95 persen dari gigitan nyamuk selama 3 jam. Minyak lemon eucalyptus bisa diaplikasikan pada kulit tubuh yang berpotensi digigit nyamuk. Sebaiknya aplikasikan bahan alami ini secara rutin setiap malam dan menjelang tidur karena nyamuk sering kali berkeliaran pada waktu itu.

 

3. Daun Mint

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk ialah daun mint. Bukan saja ampuh mengusir nyamuk, daun mint juga dapat mengeluarkan bau yang segar khas mint. Sehingga, ruangan di rumah akan tercium segar yang mana dapat membuat pikiran lebih rileks.

Adapun cara ampuh mengusir nyamuk dengan bahan alami daun mint yakni dengan mencampurkannya bersama secangkir air dalam botol semprot. Kocok hingga rata, kemudian Anda bisa menyemprotkan ke seluruh ruangan rumah agar nyamuk betul-berul terusir.

 

4. Lavender

Sudah bukan lagi menjadi rahasia kalau bunga lavender jadi salah satu bahan alami pengusir nyamuk yang ampuh. Mulanya, bunga lavender dihancurkan hingga menghasilkan minyak yang wangi. 

Nah, minyak lavender ini mengandung sifat analgesic, antiseptic dan antijamur yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, mengaplikasikan minyak lavender juga bisa menyejukkan dan menenangkan kulit.

Oh ya, selain diaplikasikan pada kulit terbuka, minyak lavender juga bisa diteteskan ke sprei dan bantal agar kamar betul-betul terlindung dari nyamuk yang berkeliaran. Cara ini juga dapat menekan populasi nyamuk di rumah. Anda dapat mempelajari secara lengkap mengenai manfaat bunga lavender secara lengkap.

 

5. Aroma Jeruk

Kamu mungkin sudah tahu kalau aroma jeruk, terutama kulitnya, tidak disukai nyamuk. Ternyata, beberapa serangga seperti nyamuk dan lalat memang tidak suka dengan senyawa limonene yang terdapat pada kulit jeruk.

Jadi, Anda bisa nih menjadikan kulit jeruk sebagai bahan alami usir nyamuk yang ampuh. Cara menggunakannya bagaimana?

Ada dua cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk. Pertama, oleskan kulit jeruk secara merata pada area kulit terbuka. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara kedua yang perlu Anda lakukan yakni menempatkan kulit jeruk pada bagian rumah yang sering dihinggapi nyamuk.

 

6. Ampas Kopi

Cara ampuh mengusir nyamuk dengan bahan alami berikutnya yakni menggunakan ampas kopi. Fakta membuktikan bahwa beberapa serangga seperti nyamuk, semut dan kecoa. Jadi, kalau Anda suka minum kopi, jangan buang ampasnya ya!

Untuk diketahui, ampas kopi yang digunakan yakni ampas kopi kering. Kemudian Anda bisa menyalakan ampas kopi dengan arang panas agar keluar asap. Nah, asap yang dihasilkan dari ampas kopi ini dapat mengusir nyamuk di rumah.

 

7. Minyak Neem

Minyak neem bisa Anda jadikan bahan alami mengusir nyamuk di kamar. Sebuah riset membuktikan minyak neem ampuh memberikan perlindungan dari gigitan nyaman lebih dari 70 persen selama 4 jam. Untuk mendapatkan perlindungan dari gigitan nyamuk yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan minyak neem dengan bahan-bahan lainnya yang juga tidak disukai nyamuk.

Perlu Anda tahu, minyak neem tidak dianjurkan diaplikasikan pada kulit tubuh karena dapat membuat iritasi. Jadi, Anda bisa mengoleskan bahan alami ini ke sprei, bantal dan benda lainnya yang sering dihinggapi nyamuk.

 

8. Serai

Efektivitas serai untuk mengusir nyamuk sama dengan minyak lemon eucalyptus. Tidak heran kalau serai sering kali didapuk sebagai bahan utama minyak esensial, termasuk juga produk minyak telon.

Faktanya nyamuk memang tidak suka dengan bau serai yang menyengat. Bau serai ini juga bisa jadi merilekskan pikiran lho.

 

9. Bawang Putih Tumbuk

Di dapur rumah Anda pasti sedia bawang putih, kan? Nah, bawang putih ini juga bisa Anda jadikan sebagai bahan alami mengusir nyamuk di kamar yang ampuh. Bagaimana cara menggunakannya?

Anda terlebih dahulu menumbuk bawang putih agar baunya makin kuat dan menyengat. Kemudian, taruh bawang putih tumbuk di bagian rumah yang sering dihinggapi nyamuk, termasuk ruangan kamar. Taruh juga bawang putih tumbuh di spray dan/atau oleskan secara merata pada permukaan kulit yang terbuka, seperti tangan dan kaki.

Itulah sembilan bahan alami pengusir nyamuk yang ampuh. Anda bisa memanfaatkan salah satu atau beberapa bahan alami di atas untuk mengusir nyamuk di rumah, terutama di kamar.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar