Berikut Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena Masuk Angin

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-sakit-kepala-karena-masuk-angin

Sering terganggu dengan rasa tidak nyaman karena sakit kepala akibat masuk angin? Tenang! Kali ini kami akan membagikan cara mengatasi sakit kepala dan mual secara detail.

Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang timbul saat seseorang mengalami masuk angin. Meskipun dalam dunia medis tidak mengenal istilah masuk angin, tapi gejala-gejala seperti sakit kepala, badan pegal-pegal, mual dan rasa tidak nyaman cukup bisa diterima oleh medis. Sehingga gejala masuk angin tersebut dapat diberikan solusi mengatasinya.

Nah, jika Anda sering mengalami rasa sakit pada kepala karena masuk angin, berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit kepala dan mual karena masuk angin yang efektif. Dari pada harus merasa tidak nyaman dengan serangan sakit kepala karena masuk angin, simak informasi lengkap cara mengatasi sakit kepala karena masuk angin di bawah ini.

 

1. Lakukan Relaksasi dan Istirahat

Masuk angin dan sakit kepala yang sering datang bersamaan biasanya disebabkan kerana kondisi tubuh yang kurang istirahat karena aktivitas yang padat. Saat tubuh kurang cukup istirahat maupun tidur maka akan membuat badan menjadi cepat lelah, suplai oksigen pada otak akan menurun hingga badan mudah terserang penyakit salah satunya masuk angin dan sakit kepala.

Cara mengatasi sakit kepala masuk angin ini bisa dengan rutin melakukan relaksasi baik di pagi hari maupun malang menjelang tidur. Dengan relaksasi tubuh akan lebih segar dan tidak mudah lelah. Istirahat yang cukup juga akan membantu tubuh tetap dalam kondisi yang bugar.

 

2. Gunakan Safe Care Minyak Angin Aromaterapi

Safe Care memiliki produk yang diformulasikan khusus untuk meredakan sakit kepala dan masuk angin. Namanya Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On.

 

 

Ya, Anda sangat disarankan mengaplikasikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On  jika mengalami sakit kepala dan atau masuk angin. Selain itu, produk ini juga dapat mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga dan mencegah mabuk perjalanan.

Jadi, pastikan Anda selalu menyimpan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On 10 ml ya. Mengingat, sakit kepala maupun masuk angin bisa terjadi kapan saja dan tidak terduga.

 

3. Minum Air Hangat

Minum air hangat akan membantu Anda memberikan rasa rileks dan nyaman. Selain itu, masuk angin biasanya ditAndai dengan gejala sakit kepala maupun mual. Gejala-gejala tersebut akan berpengaruh pada suplai cairan di dalam tubuh. Nah, pastinya kondisi tersebut juga bisa menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi.

Cara mengatasi sakit kepala dan mual karena masuk angin dan untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi air putih hangat dengan jumlah tertentu secara rutin. Minuman hangat memang lebih dianjurkan untuk mengatasi sakit kepala karena masuk ingin ini daripada air dingin. Kehangatan air yang masuk ke dalam tubuh diharapkan mampu membuat tubuh lebih rileks dan supply oksigen ke otak pun akan semakin banyak.

 

4. Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal seperti teh jahe merupakan ramuan tradisional yang terbukti mampu mengatasi keluhan sakit kepala karena masuk angin. Kandungan gingerol pada jahe dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar dan normal akan membantu meredakan rasa sakit kepala yang membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Cara mengatasi rasa mual dan sakit kepala ini juga terbukti efektif. Ekstrak jahe, selain dapat melancarkan sirkulasi darah juga dapat merangsang kontraksi antral serta meningkatkan kecepatan proses pengosongan pada lambung. Hal tersebut tentu sangat efektif untuk mengatasi mual akibat masuk angin. Pastinya cara satu ini sangat mudah untuk dilakukan sebagai tindakan pertolongan pertama saat sakit kepala dan mual menyerang, bukan?

 

5. Lakukan Pijatan Kepala Secara Perlahan

Kepala sebagai bagian utama sumber datangnya rasa sakit tentu memiliki peran penting dalam proses penyembuhannya itu sendiri. Cara mengatasi sakit kepala masuk angin ini adalah dengan melakukan pijatan pada bagian kepala secara perlahan.

Pijatan ringan pada bagian kepala akan mengurangi tegang pada otot-otot sekitar sebagai sumber sakit kepala. Anda dapat memberikan pijatan ringan pada bagian dahi, leher, hingga tangan. Beberapa hasil penelitian memaparkan bahwa adanya pijatan pada sejumlah titik refleksi pada bagian tangan akan membantu dalam melancarkan siklus peredaran darah, menyembuhkan migrain dan meredakan nyeri otot.

 

6. Kompres Bagian Kepala atau Leher 

Anda dapat menggunakan kompres air hangat untuk mengurangi rasa nyeri sakit kepala karena masuk angin. Kompres air hangat pada area sekitar leher dan kepala merupakan cara mengatasi sakit kepala pusing dan mual dengan mengembalikan otot lebih rileks atau tidak kaku.

Selain menggunakan kompres air hangat tradisional Anda juga dapat menggunakan heat pad yang penggunaannya lebih praktis dengan fungsi yang sama. Selain itu, cara lain untuk mengatasi sakit kepala karena masuk angin yakni dengan berendam air hangat. Aktivitas ini juga dapat menghilangkan capek dan melemaskan otot sebagai sumber sakit kepala.

 

7. Hindari Paparan Angin Dingin

Cara mengatasi sakit kepala dan mual akibat masuk angin salah satunya bisa dengan menghindari paparan angin dingin. Faktanya, saat Anda terpapar angin dingin, pembuluh darah pada tubuh akan cenderung mengalami penyempitan, termasuk pembuluh darah yang terdapat di otak.Nah, penyempitan pembuluh darah tersebut akan berakibat menurunnya aliran darah yang membawa oksigen ke otak hingga terjadi sakit kepala.

Sebaiknya, hindari paparan angin dingin yang berasal dari pendingin ruangan yang langsung mengarah ke wajah atau kepala Anda. Gunakan pakaian atau penutup kepala yang hangat saat hendak keluar di malam hari. Jaga kelembaban udara pada ruangan Anda agar tetap baik meskipun ruangan tidak ber-AC.

 

8. Konsumsi Makanan Hangat

Sakit kepala yang datang bersamaan dengan masuk angin tentu membuat badan terasa lebih cepat capek dan tidak nyaman. Jika sakit kepala yang Anda alami sering datang karena masuk angin sebaiknya Anda mencoba untuk lebih teratur mengkonsumsi makanan bergizi yang disajikan hangat.

Cara mengatasi sakit kepala dan mual bisa melalui asupan makanan yang dikonsumsi. Makanan bergizi seimbang merupakan sumber protein, mineral dan vitamin yang dapat mempercepat pemulihan sakit kepala akibat masuk angin, lho. Anda pun bisa mengkonsumsi makanan seperti sup hangat, soto hangat, bakso ataupun aneka makanan berkuah dengan kaldu yang hangat untuk meredakan rasa sakit kepala. Kuah kaldu yang lezat dan hangat sangat efektif untuk membantu meringankan sakit kepala karena masuk angin.

 

9. Konsumsi Obat Sakit Kepala

Jika Anda membutuhkan penanganan sakit kepala yang cepat, mengkonsumsi obat sakit kepala adalah pilihan yang paling tepat. Saat sakit kepala karena masuk angin mulai menyerang Anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala dengan kandungan parasetamol dan kafein yang efektif meredakan sakit kepala akibat masuk angin.

Pastikan saat mengkonsumsi obat sakit kepala sudah sesuai anjuran atau dosis yang tepat. Dengan begitu sakit kepala pun akan cepat hilang dan Anda bisa beraktivitas kembali. Cara mengatasi sakit kepala dan mual ini sangat praktis dan efektif. Bagi Anda yang membutuhkan pertolongan cepat untuk mengatasi sakit kepala, obat sakit kepala adalah solusinya.

Itulah berbagai cara mengatasi sakit kepala dan mual karena masuk angin. Dari semua cara di atas, kami menyarankan Anda untuk mengaplikasikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On 10 ml sebagai tindakan pertama untuk mengatasi sakit kepala, mual dan/atau masuk angin.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar