Cara Mengatasi Mual dan Muntah Secara Tepat dan Mudah

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-mual-dan-muntah

Mual dan muntah sebagai reaksi yang diamalami tubuh sering datang pada waktu yang tidak terduga. Perasaan tidak nyaman pada bagian perut atau ulu hati merupakan tanda yang serius saat mengalami mual hingga muntah. Lantas adakah cara mengatasi mual muntah yang mudah dan tepat?

Mual sebagai awal terjadinya muntah merupakan rasa tidak nyaman yang timbul pada bagian perut. Rasa itu dapat memicu terjadinya muntah, dimana muntah merupakan proses pengosongan perut melalui mulut. Mual dan muntah yang Anda alami bisa terjadi akibat keracunan makanan, hamil, mabuk darat, luka pada lambung, gastroparesis maupun penyakit lainnya.

Jika Anda masih belum menemukan cara mengatasi mual dan muntah yang tepat dan mudah tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa cara berikut ini.

 

1. Konsumsi Air Putih

Tahukah Anda, saat tubuh mengalami dehidrasi nyatanya juga dapat menimbulkan rasa mual hingga muntah. Sebagai salah satu gejala dehidrasi tentu harus diperhatikan cara mengatasinya dengan tepat.

Meskipun mual sebagai gejala dehidrasi, bukan berarti Anda boleh memgkonsumsi air putih secara berlebihan. Penuhi kebutuhan air dan mineral secara cukup. Jika terlalu banyak mengkonsumsi air maka tidak menutup kemungkinan akan membuat semakin parah rasa mual yang Anda alami karena kondisi perut yang terlalu penuh. 

Nah, cara atasi mual muntah ini dapat Anda lakukan dengan minum secara teratur dan dalam jumlah yang cukup atau sedikit demi sedikit. Selain mengkonsumsi air putih, cara mengatasi mual dan muntah terus menerus adalah dengan mengkonsumsi cairan elektrolit atau air kelapa.

 

2. Hirup Minyak Angin Roll On

Cara mengatasi mual muntah berikutnya yakni dengan menghirup Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On. Ya, produk minyak angin dari Safe Care ini terbukti ampuh meredakan mual dan muntah serta menyegarkan tubuh kembali.

 

 

Selain menghirupnya, Anda juga bisa mengaplikasikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On ini pada perut, dada dan leher. Dijamin deh, setelah mengaplikasikan produk ini, Anda akan merasa lebih lega dan mual muntah akan hilang.

Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On mengandung bahan mentol, minyak esensial dan camphor. Kandungan-kandungan itulah yang membuat produk ini ampuh mengatasi mual, muntah maupun masuk angin.

 

3. Hindari Bau dan Aroma Menyengat

Mual kerap datang ketika berada pada situasi pengap dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Bau maupun aroma menyengat pun bisa jadi sumber yang memicu rasa mual itu muncul. Jika Anda mual disebabkan bau atau aroma sebaiknya Anda mencari udara segar, buka jendela rumah Anda atau sejenak duduk di depan kipas angin hingga rasa mual itu reda.

Bau menyengat biasanya berasalah dari tumpukan sampah, organisme yang sudah membusuk maupun aroma menyengat lain yang tubuh Anda tidak bisa terima. Cara mengatasi mula muntah satu ini memang cukup mudah dan bisa langsung dipraktikkan di tempat. Menghirup udara segar terbukti dapat meredekan rasa mual karena udara segar dapat menggantikan bau tidak sedap dan menurunkan suhu tubuh sebagai pemicu mual.

 

4. Jangan Konsumsi Makanan atau Minuman yang Memicu Mual

Rasa mual biasanya datang sesaat setelah kita minum maupun makan. Memang tidak semua makanan atau minuman dapat memicu rasa mual. Makanan berkarbinasi tinggi merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membuat kembung dan memicu refluks asam hingga rasa mual pun datang.

Minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi juga akan memperparah rasa mual yang Anda alami. Menghindari makanan dan minuman pemicu mual adalah cara mengatasi mual muntah masuk angin yang tepat. Sebaiknya Anda lebih teliti dalam memilih asupan makanan yang akan Anda konsumsi sehingga dapat terhindar dari rasa mual dan  muntah yang membuat Anda tidak nyaman.

Jika Anda mulai merasa mual alangkah lebih baik Anda mengkonsumsi makanan atau minuman anti mual yang mengandung jahe, peppermint, lemon, chamomile dan lain sebagainya.

 

5. Tidak Makan Berat

Makan dalam porsi yang pas atau kecil adalah cara atasi mual muntah yang aman. Makan makanan berat dalam porsi besar akan membuat pencernaan bekerja lebih ekstra. Makan dalam jumlah banyak akan memberikan tekanan pada bagian lambung karena otot lambung meregang dengan cepat. Hal tersebut akan membuat Anda merasa mual saat setelah makan berat.

Jika Anda sering mengalami masalah mual dan muntah sebaiknya Anda mulai memperbaiki pola makan dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Mulailah mengkonsumsi makanan dengan jumlah porsi yang lebih kecil dan ringan.

 

6. Istirahat

Duduklah sejenak saat rasa mual mulai menyerang dan ingat jangan berbaring setelah makan. Rasa mual dan muntah bisa datang kapan saja dengan penyebab yang beragam. Nah, agar rasa mual tidak bertambah hebat saat mulai datang sebaiknya Anda istirahat sejanak dengan duduk di area yang cukup udara segar. 

Cara mengatasi mual muntah masuk angin cukuplah dengan istirahat yang cukup dan memberikan kenyamanan pada tubuh agar lebih rileks. Tubuh yang rileks akan membantu mengelola rasa mual yang datang sehingga tubuh dapat normal kembali. 

 

7. Konsumsi Minuman Jahe

Banyak sekali ramuan alami untuk mengatasi mual dan muntah yang biasa dikonsumsi, salah satunya jahe. Jahe merupakan obat tradisional alami yang terbukti ampuh untuk mengatasi rasa mual. Berdasarkan hasil penelitian tahun 2012, jahe sebagai obat tradisional memiliki efek antiemetic yang kandungannya sama dengan obat pereda mual.

Zat yang terkandung dalam jahe dapat mengurangi mual dan mencegah terjadinya muntah. Cara mengatasi mual muntah dengan jahe adalah dengan merebus jahe selama lima menit bersama air. Setelah itu, Anda dapat mengkosumsi air hasil rebusan jahe tersebut saat masih hangat. Nah, jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda dapat menyeduh jahe instan atau ramuan jahe instan lainnya.

 

8. Tenang dan Tarik Napas

Ketenangan dalam diri adalah cara untuk memfokuskan tubuh sehingga dapat membantu meredakan mual. Rasa tidak nyaman saat mual datang kerap membuat tubuh merespon dengan tidak baik sehingga kita akan panik. Dengan meditasi atau menenangkan diri dan tarik napas dalam-dalam akan membuat kita fokus dan bisa mengendalikan rasa mual.

Cara mengatasi mual muntah dengan menarik napas perlahan melalui hidung dan tahan selama tiga detik dapat Anda lakukan secara langsung dan mandiri. Agar tubuh kembali nyaman Anda bisa mengulangi teknik meditasi ini beberapa kali hingga rasa mual reda.

 

9. Berbaring Santai Jika Mual Saat Kerja

Masih bingung cara mengatasi mual saat kerja? Tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda,bukan. Nah, ketika rasa mual mulai menyerang sebaiknya Anda berhenti sebentar dari aktivitas dan mencari tempat yang tenang untuk beristirahat sejenak.

Cara mengatasi mual dan muntah di tempat kerja ini bisa Anda lakukan saat tidak ada obat atau asupan pereda mual. Cobalah untuk berbarinf dengan tubuuh bagian atas ditinggikan dan kurangi aktivitas gerak Anda. Dengan lebih sedikit gerak akan membuat Anda lebih tenang sehingga rasa mual pun sedikit demi sedikit akan hilang.

Itulah berbagai cara mengatasi mual muntal secara tepat dan mudah. Sebagai tindakan pertama, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menghirup dan mengaplikasikan minyak angin roll on dari Safe Care. Mengingat, cara ini terbukti ampuh mengatasi mual dan muntah dengan cepat.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar